Brilio.net - Bengkoang merupakan jenis tanaman umbi-umbian yang tersebar dan dibudidayakan dalam 200 jenis yang berbeda. Umbi yang satu ini memiliki rasa yang manis dengan warna daging buah mulai dari putih, kuning gading, hingga ungu.

Rasanya seperti persilangan antara kentang dan pir. Dilansir dari healthline, bengkoang awalnya ditanam di Meksiko namun akhirnya menyebar ke Filipina dan Asia. Selain jadi menu hidangan, tidak perlu diragukan lagi, banyak sekali manfaat bengkoang untuk kesehatan kulit dan tubuh.

Bengkoang mengandung serat makanan, vitamin C, vitamin E, asam folat, vitamin B6, asam pantotenat, kalium, magnesium, mangan, tembaga, zat besi, dan sejumlah kecil protein nabati. Semua kandungan tersebut tentu sangat diperlukan oleh tubuh.

Nah apa saja manfaat bengkoang untuk kecantikan dan bagaimana cara pakainya? Simak ulasan lengkapnya seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (20/11).

1. Menjaga tubuh ideal.

manfaat bengkoang kecantikan © freepik.com

Loading...

foto: freepik.com

Dilansir dari medicalnewstoday, salah satu manfaat yang kecantikan yang bisa kamu dapat dari bengkoang ialah menjaga postur tubuh tetap ideal. Kandungan serat yang tinggi dari bengkoang, 130 gram bengkoang mengandung 6,4 g serat. Mengonsumsi bengkoang bisa melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

2. Menyehatkan kulit.

manfaat bengkoang kecantikan © freepik.com

foto: freepik.com

Dikutip dari ayurtimes, bengkoang berfungsi untuk melembapkan kulit. Hal itu karena kandungan utamanya yakni vitamin C yang berperan sebagai antioksidan, sehingga bisa mencegah infeksi pada kulit. Kamu bisa memanfaatkan bengkoang dengan cara dijadikan masker.

3. Mencegah penuaan dini.

manfaat bengkoang kecantikan © freepik.com

foto: freepik.com

Dilansir dari ayurtimes, bahan Isoflavon pada bengkoang dapat mengurangi penuaan kulit. Sebab itu pula bengkoang kerap digunakan dalam berbagai kosmetik, yang biasa dipakai untuk mengobati penyakit dan gangguan kulit.

Menurut organicbeautyaward, cara memakainya dengan menjadikan bengkoang jadi masker wajah. Pemakaian secara teratur, kulit memperoleh dua manfaat sekaligus, kulit cerah dan anti penuaan.

4. Menghilangkan jerawat dan bekasnya.

manfaat bengkoang kecantikan © freepik.com

foto: freepik.com

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang paling menakutkan bagi banyak orang, baik pria maupun wanita, karena kehadirannya dapat merusak kecantikan secara keseluruhan. Tapi dikutip dari organicbeautyaward, perawatan masker bengkoang secara teratur bisa menghilangkan jerawat.

Menurut HealthBenefitstimes, vitamin E bengkoang bisa mengurangi peradangan untuk menjaga kesehatan dan keremajaan kulit. Ini juga bermanfaat untuk mengurangi jerawat wajah dan menyembuhkan kulit. Sedangkan komponen air yang tinggi menetralkan bagian kulit yang terkena jerawat dengan cepat. Karena itu, jerawat perlahan menghilang.

5. Menyegarkan kulit.

manfaat bengkoang kecantikan © freepik.com

foto: freepik.com

Dikutip dari organicbeautyaward, bengkoang bisa membantu kulit agar tetap segar. Kandungan air pada bengkoang, bisa mendinginkan kulit sehingga kulit tampak segar. Selain itu, bengkoang menormalkan suhu kulit setelah paparan sinar UV yang intens. Kamu bisa mengaplikasikan bengkoang sebagai masker atau dengan mengkonsumsinya secara langsung dan bisa juga dibuat jus.

6. Menyamarkan flek hitam.

manfaat bengkoang kecantikan © freepik.com

foto: freepik.com

Dilansir dari Liputan6.com, manfaat bengkoang selanjutnya ialah bisa menyamarkan flek hitam. Noda hitam yang berasal dari sisa kotoran, menempel pada pori-pori, menyebabkan wajah jadi terlihat ada noda hitam. Kamu bisa memakai masker dari bengkoang untuk menghilangkan flek hitam tersebut.

7. Mengontrol minyak pada wajah.

manfaat bengkoang kecantikan © freepik.com

foto: freepik.com

Jika bengkoang bisa mencegah jerawat, tentunya sayur ini juga bisa mengurangi kadar minyak yang berlebih pada wajah. Dilansir dari dailycurlz, masker bengkoang mampu mengontrol kadar minyak di wajah karena memiliki kandungan air yang cukup banyak.

8. Pelembap rambut.

manfaat bengkoang kecantikan © freepik.com

foto: freepik.com

Dikutip dari dailycurlz, kandungan air pada bengkoang bisa jadi pelembap rambut yang sangat baik. Caranya adalah dengan rutin mengonsumsi bengkoang setiap hari, maka rambutmu akan terlihat lebih berkilau.

9. Memutihkan wajah.

manfaat bengkoang kecantikan © freepik.com

foto: freepik.com

Seperti disebutkan di atas, sejumlah besar vitamin C ditemukan di bengkoang. Menurut Ayur Times, vitamin C pada bengkoang bekerja untuk menurunkan produksi melanin. Hasilnya, kulit tampak lebih putih seperti sedia kala. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa membuat masker wajah dari bengkoang.

10. Mengecilkan pori-pori.

manfaat bengkoang kecantikan © freepik.com

foto: freepik.com

Dilansir dari Liputan6.com, masker bengkoang yang dipakai secara rutin bisa menghilangkan kotoran pada pori-pori. Dengan kata lain, pori-pori jadi lebih bersih dan semakin kecil.

Cara membuat masker dari bengkoang.

Bengkoang kerap dijadikan bahan dasar produk kecantikan, mulai dari pelembab, sabun, bedak, hingga body lotion. Buat yang takut dengan bahan kimia produk kecantikan, kamu bisa membuat masker alami dari bengkoang.

Cara membuat masker alami dari bengkoang sangat mudah dan nggak butuh waktu lama. Apabila kamu punya kulit sensitif, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, tambahkan bahan alami lain seperti madu, susu murni, serta lainnya.

Berikut cara mudah membuat masker bengkoang seperti brilio.net kutip dari Merdeka.com.

1. Ambil 1 buah bengkoang.

2. Kuliti hingga bersih kemudian cuci hingga bersih pula.

3. Kamu bisa memilih untuk memotongnya kecil-kecil atau tidak.

4. Parut bengkoang hingga habis.

5. Kemudian peras airnya tanpa perlu menambahkan air.

6. Diamkan perasan air bengkoang hingga mengendap.

7. Gunakan endapan dari air perasan bengkoang menjadi masker.

8. Untuk kulit sensitif, jangan lupa tambahkan madu, minyak zaitun, air mawar, yoghurt, susu murni, dan bahan alami lainnya.