Brilio.net - Memiliki kulit wajah yang halus dan bersih memang menjadi impian setiap orang. Namun perlu diketahui hal itu tidak bisa dapatkan begitu saja. Setiap orang lahir dengan tipe kulit berbeda, ada yang sensitif, putih, dan lainnya. Permasalahan yang muncul pada setiap orang pun berbeda-berbeda.

Bagi kamu yang memiliki kulit kusam dan tidak sehat, bukan berarti tidak bisa memperbaikinya menjadi lebih sehat dan bersih. Pasalnya, ada banyak cara untuk membuat kulit menjadi lebih cantik, sehat dan berseri. Salah satunya menggunakan bahan-bahan alami. Salah satunya dengan menggunakan campuran tomat dan kopi.

Tomat mengandung senyawa yang disebut likopen, yaitu senyawa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas, sehingga menjadikan wajah menjadi lebih berseri dan sehat. Tak hanya itu saja, tomat juga menjadi tabir surya alami bagi wajah untuk mengurangi kerusakan karena paparan sinar UV dari matahari yang kamu temui selama satu hari beraktivitas.

Cara membuat masker kopi dan tomat freepik.com

foto: freepik.com

Loading...

Sementara kopi tak hanya menjadi minuman yang bikin melek. Namun juga bisa membuat wajah menjadi lebih sehat. Biji kopi yang berwarna cokelat ini dikenal sebagai obat melawan kantuk karena kandungan kafein yang tinggi. Namun beberapa tahun belakangan kopi dimanfaatkan untuk produk kecantikan atau kosmetik.

Cara membuat masker kopi dan tomat freepik.com

foto: freepik.com

Kopi dimanfaatkan untuk merawat kecantikan kulit dan hadir dalam berbagai bentuk produk kecantikan seperti krim, masker hingga lotion. Kopi menyimpan nutrisi lainnya seperti karbohidrat, glikosida, mineral, asam amino, protein, kafein, asam karboksilat, trigoneline dan asam klorogenat.

Nah, buat kamu yang ingin membuat masker wajah dengan paduan kedua bahan alami di atas, caranya sangat mudah. Berikut cara membuat masker kopi dan tomat, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (28/12).

1. Haluskan tomat segar

2. Tambahkan dua sendok makan bubuk kopi

3. Aduk secara merata campuran tomat dan kopi tersebut, hingga membentuk pasta

4. Gosokkan sebagai scrub pada wajah yang sebelumnya sudah kamu bersihkan, lakukan gerakan menggosok dengan perlahan, selama kurang lebih satu menit agar sel kulit mati di wajah kamu terangkat sepenuhnya. Bilas hingga bersih

5. Lakukan setidaknya tiga kali setiap minggunya untuk hasil maksimal

-

Manfaat tomat untuk kecantikan dan cara memakainya

1. Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut.

Antioksidan dan likopen pada tomat mampu menjaga dan melawan kerusakan sel akibat peradangan kulit. Tomat bisa bekerja dengan sangat baik sebagai zat dan memperbaiki tekstur kulit.

Tomat mampu menghilangkan minyak berlebih kulit, membuat wajah dan rambut segar lebih lama. Yang perlu kamu lakukan adalah mencampur jus tomat segar dan mentimun. Celupkan bola kapas, lalu oleskan jus ke wajah dan rambutmu secara teratur.

2. Mengecilkan pori-pori.

Pori-pori terbuka menjadi pintu masuk untuk polusi dan kotoran, yang akhirnya menyumbat dan menyebabkan masalah kulit. Tetapi kamu tidak perlu khawatir lagi selama dapur penuh dengan tomat. Buah tomat berfungsi sebagai zat yang sangat baik untuk membantu mengecilkan pori-pori.

Cara memanfaatkan tomat untuk mengecilkan pori-pori sebagai berikut, ambil 1 gelas jus tomat segar, tambahkan jus jeruk nipis segar ke dalamnya. Celupkan kapas, oleskan campuran ini pada wajah sembari pijat kulit dengan gerakan melingkar. Cuci bersih setelah sekitar 15 menit dengan air dingin.

3. Membantu memutihkan kulit.

Kehangatan matahari bisa terasa seperti berkah tetapi terik panas matahari juga mengandung sinar UV. Paparan sinar UV ini bisa merusak kulit hingga membuat kulit gelap.

Untuk membantu memutihkan kulit secara alami, gunakan 1 sdt oatmeal, 1 sdt yogurt dan 2 sdt bubur tomat. Campur bersama dan oleskan ke wajah dan leher. Biarkan selama 20 menit.

Oatmeal akan mengelupas kulit dengan lembut, sedangkan yogurt dan tomat akan membantu membersihkan noda. Vitamin c dalam tomat membantu mencerahkan kulit. Lakukan cara ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang efektif.

4. Mengurangi jerawat.

Polusi udara membuat jerawat mudah muncul. Untuk mengatasi jerawat yang membandel, kamu bisa memanfaatkan tomat. Tomat kaya akan Vitamin A, B, C, dan K, semua vitamin berkualitas untuk memerangi jerawat.

Caranya, potong tomat jadi setengah, lalu oleskan pada wajah. Biarkan selama sekitar satu jam, bilas hingga bersih. Lakukan cara ini secara teratur untuk mencegah jerawat.

5. Mengurangi lingkaran hitam.

Tidur larut malam, jadwal sibuk atau kebiasaan makan yang buruk, membuat lingkaran hitam muncul di bawah mata. Lingkaran hitam atau mata panda dapat menurunkan rasa kepercayaan diri.

Kamu bisa mengurangi besarnya mata panda dengan tomat. Caranya hancurkan tomat menjadi pasta kental dan oleskan ke lingkaran hitam.

Bilas setelah beberapa menit. Kamu juga bisa meletakkan irisan tomat dingin di lingkaran hitam dan pijat selama 2-3 menit. Ulangi setiap hari selama 2 hingga 3 minggu.

6. Membuat rambut indah berkilau.

Paparan polusi yang tak terhindarkan membuat rambut kusam dan kulit kepala berdebu. Ambil tomat dan giling. Gosokkan ke kulit kepala dan rambut secara lembut. Atau, Kamu bisa langsung menggunakan jus tomat ke rambut juga. Biarkan selama 15 hingga 30 menit lalu bersihkan.

7. Mencegah rambut rontok.

Ada banyak faktor yang membuat rambut jadi rontok. Buat kamu yang punya masalah rambut rontok, salah satu solusinya adalah dengan tomat.

Caranya hancurkan tomat, kemudian oleskan pada rambut sembari dipijat perlahan. Biarkan selama satu jam, lalu bilas kepala hingga bersih. Lakukan cara ini seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang efektif.

8. Membuat kulit kencang.

Nggak hanya bisa menjaga kesehatan kulit, tomat juga membantu menjaga kulit lebih bersih dan kencang. Caranya oleskan tomat mentah ke seluruh kulit dan biarkan selama lima menit. Setelah itu cuci bersih tomat.

9. Mencerahkan kulit.

Tomat ampuh untuk mencerahkan kulit secara alami dan terbebas dari kusam. Caranya campur tomat yang sudah dihancurkan dengan dua sendok makan tanah liat. Tambahkan satu sendok pasta mint segar.

Oleskan pada kulit, tunggu sampai kering. Kulitmu tidak hanya akan terasa lebih ringan tetapi juga akan terasa segar dan kencang.

10. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Vitamin C dan A pada tomat sangat bagus untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Menjadikan kulit lebih cantik dan terhindar dari efek terbakar sinar matahari. Selain itu juga, buat kamu yang punya kulit ruam seperti terbakar, tomat mampu memberikan ketenangan pada kulit.

Caranya hancurkan tomat dan campur dengan sedikit buttermilk. Oleskan ke kulit agar meresap. Biarkan ini selama minimal 15 menit sebelum dicuci dengan air dingin.

11. Bagus untuk dijadikan toner.

Dalam hal perawatan kulit, toner tak hanya membuat kulit kenyal dan lembut, tetapi juga melembapkan secara alami dan menjadikannya berkilau alami. Nggak perlu beli toner mahal, kamu bisa menjadikan tomat sebagai toner alami.

Caranya, masukkan 1 mentimun dan 1 tomat, jus secara bersamaan. Lalu saring dengan baik, memasukkan sarinya ke botol semprotan kedap udara. Semprotkan toner tomat ini pada kulit kapan pun kamu mau. Biarkan kulit menyerap likopen tomat secara alami.

Dengan perpaduan mentimun dan tomat, kulitmu akan terlihat awet muda dalam hitungan menit. Toner ini juga dapat disimpan di lemari es hingga empat hari.