Brilio.net - Sebagai perempuan yang sudah memiliki pasangan hidup, memiliki seorang anak merupakan keinginan. Namun di luar dari itu banyak sekali wanita yang sudah memiliki anak meskipun usianya belum cukup matang.

Lantas, usia berasa sih yang pas seorang wanita memiliki anak ? Menurut dr Ardiansjah Dara Syahruddin, Sp.OG usia ideal untuk hamil bagi wanita adalah 20 hingga 35 tahun. Di mana usia secara reproduksi dianggap sudah siap.

"Usia ideal secara reproduktif adalah 20-35 tahun. Walaupun bisa saja lebih muda daripada itu, seperti 18 tahun. Dari segi organ reproduksi memang bagus tapi secara mental belum siap," ujar dokter Dara, belum lama ini.

Meski rata-rata wanita di atas usia 35 tahun telah memiliki kondisi kejiwaan dan finansial yang mapan, kondisi fisik mereka umumnya kurang memungkinkan untuk mengandung. Risiko kesehatan bagi ibu dan bayi akan lebih tinggi pada kelompok umur ini.

"Risiko yang dialami banyak sekali. Mulai dari penyakit metabolik, seperti diabetes dan hipertensi, keguguran, berat badan bayi lahir rendah, dan cacat pada bayi (autisme, sindrom Down, dan kelainan bawaan lainnya)," tuturnya.

Oleh karena itu, bagi wanita yang hamil pada usia tersebut, dr Dara menyarankan agar melakukan tes NIPT untuk mengetahui risiko cacat pada bayi saat usia kehamilan.