Brilio.net - Mata adalah organ vital buat setiap orang. Kesehatan mata sangat penting dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Nah, apa jadinya kalau mata bermasalah, salah satunya bintitan?

Bintitan atau dalam istilah medis disebut hordeolum adalah pembengkakan yang terjadi di kelopak mata akibat infeksi. Selain bengkak, bintitan bikin kelopak mata memerah dan terasa pedih. Malah bisa muncul kotoran mata di sekitar kelopak mata.

Nah, mau tahu fakta dan mitos seputar bintitan? Dirangkum brilio.net dari berbagi sumber, Jumat (15/4), berikut penjelasannya buat kamu:

1. Suka ngintip bikin bintitan.

mitos-fakta bintitan © 2016 brilio.net

foto: giphy.com

Mitos
Jangan pernah percaya bahwa bintitan disebabkan kamu suka ngintip orang lagi mandi atau yang lainnya, ya. Penyebab terjadinya bintitan bisa karena banyak faktor, salah satunya disebabkan bakteri Staphylococcus aureus. Staphylococcus aureus sebenarnya nggak berbahaya, tapi kalau dia terperangkap di kelenjar kelopak mata, bisa menimbulkan infeksi.

2. Bintitan sembuhnya lama.

mitos-fakta bintitan © 2016 brilio.net

foto: medilinks.blogspot.com

Mitos
Bintitan biasanya berlangsung selama 1-2 minggu. Terbilang lama nggak, sebentar juga nggak. Tapi kalau upayamu menyembuhkannya rutin setiap hari dan tepat, bisa mempercepat proses penyembuhan.

3. Bintitan menular.

mitos-fakta bintitan © 2016 brilio.net

foto: healthtap.com

Mitos
Kamu pasti familiar dengan pernyataan kalau sakit mata, jangan pandangin si orang tersebut karena bisa menular? Bintitan itu nggak menular semudah mata ke mata, lho.

Kalaupun dikatakan menular, itu karena tanganmu bersentuhan dengan orang yang matanya bintitan. Jadi, dia menyentuh matanya yang bintitan terus belum cuci tangan dan langsung salaman sama kamu. Pasalnya, bintitan ini terjadi akibat infeksi. Bakteri Staphylococcus aureus bisa ikutan terbawa di tangannya kalau nggak cuci tangan dulu.

4. Menyembuhkan bintitan pakai air hangat.

mitos-fakta bintitan © 2016 brilio.net

foto: ehow.com

Fakta
Salah satu cara untuk menyembuhkan mata bintitan adalah pengompresan menggunakan air hangat 3 kali dalam sehari selama 10 menit. Tunggu sampai nanah yang ada di bagian kelopak mata bengkak itu keluar. Tapi jangan kamu paksakan memencet benjolan bintit itu ya, guys! Biarkan pecah dengan sendirinya melalui pengompresan itu.

5. Dilarang pakai lensa kontak selama bintitan.

mitos-fakta bintitan © 2016 brilio.net

foto: eyecareboston.com

Fakta
Selama mengalami bintitan, jangan mengutak-atik mata dengan apa pun, termasuk lensa kontak. Takutnya tambah memperparah infeksi karena lensa kontak juga melibatkan tangan. Sebisa mungkin jangan menyentuh mata sembarang kalau tanganmu kotor.

Perlu kamu tahu, bakteri Staphylococcus aureus yang sebenarnya nggak berbahaya, hidupnya di kulit, saluran pernafasan, dan saluran pencernaan makanan pada manusia. Nah, kalau terjadi infeksi bakteri ini, hanya dengan sentuhan tangan saja bisa menularkan penyakit, salah satunya bintitan.

6. Bintitan disebabkan nggak mencuci tangan.

mitos-fakta bintitan © 2016 brilio.net

foto: blog.restaurantscanada.org

Fakta
Seperti kamu ketahui, mata itu sensitif. Kena benda asing sekecil apa pun, bisa berpengaruh. Nah, kalau mata gatel rasanya tangan ikutan gatel pengen mengucek. Di sinilah potensi terkena bintitan terbuka lebar kalau tanganmu kotor dan terdapat bakteri Staphylococcus aureus.

Layaknya kamu kudu mencuci tangan saat hendak mau makan, cuci tangan sebelum menyentuh atau bahkan mengucek mata juga harus kamu praktikkan. Ingat lho, mata sehat mata yang bisa bikin kamu lancar dalam beraktivitas.
 
7. Obat tetes mata dapat mencegah bintitan.

Insto Insto

foto: insto.co.id

Fakta
Disebutkan sebelumnya bawah mengompres mata bisa mengatasi mata bintitan. Nah, bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati? Maka dari itu, coba deh, kamu melakukan pencegahan terkena sakit mata, terkhusus bintitan dalam hal ini. Caranya?

Cara mencegah mata bintitan adalah selalu menjaga kebersihan, terutama tangan yang sering banget menjalin kontak dengan benda-benda sekeliling dan anggota tubuh kamu, khususnya mata. Seperti disinggung di atas, mencuci tangan sebelum mengucek mata itu penting banget. Biar kamu terhindar dari kotoran dan debu mengandung segala macam kuman atau bakteri yang bisa menginfeksi mata.

Nah, selain itu kamu juga bisa menggunakan obat tetes mata Insto. Obat mata Insto mengandung bahan aktif yang dapat membunuh bakteri sekaligus berfungsi menjaga kelembapan dan kesehatan matamu.

Well, sekarang giliran kamu seru-seruan bareng brilio.net dan Insto di #MomenSeruInsto. Kamu pengen dapet hadiah keren? Yuk, abadikan Momen Seru kamu bersama Insto dan dapatkan iPhone 6, Apple Watch, GoPro 4, dan hadiah seru lainnya! Info lebih lanjut #MomenSeruInsto lihat di bit.ly/BrilioInstoSeru16