Brilio.net - Kamu pernah diledekin teman gara-gara matamu merah? Atau malah teman-teman kamu pergi menjauh? Ya, dua-duanya wajar terjadi jika mata kamu merah. Tapi, dua sikap itu ternyata tergantung dari penyebab matamu merah.

Untuk alasan pertama, teman-teman kamu meledek jika matamu merah karena kamu seharian menangis gara-gara pacarmu nggak ngapelin kamu di malam minggu. Biasanya kamu mengelak kalau habis nangis dan bilang kalau matamu iritasi. Sebaliknya, temanmu akan menghindari kontak mata denganmu -bahkan menjauh- jika matamu merah karena penyakit mata.

Lantas, sebenarnya bagaimana sih membedakan mata merah karena menangis dengan yang disebabkan penyakit atau iritasi? Nih, simak ulasan brilio.net berikut, Senin (21/3). Nah, lho kini kamu nggak bisa bohong lagi kalau ketahuan habis nangis.

1. Rasa sakit/perih

INSTO_nangis-iritasi © 2016 brilio.net
foto: humannhealth.com

Ketika mata kamu merah habis menangis, kamu tidak akan merasakan sakit atau perih pada matamu. Hal ini berbeda jika matamu merah karena penyakit ataupun iritasi. Kamu bisa malas untuk melek karena nggak kuasa nahan sakit atau perih.

2. Gatal

INSTO_nangis-iritasi © 2016 brilio.net
foto: sharecare.com

Selain merasa sakit atau perih, mata merah yang disebabkan iritasi juga terasa gatal. Tapi kalau merahnya karena nangis seharian gara-gara mergokin cowok kamu selingkuh, sepertinya tanganmu deh yang berasa gatal karena pengen nampar cowok kamu.

3. Sembab atau bengkak

INSTO_nangis-iritasi © 2016 brilio.net
foto: vemale.com

Saat kamu menangis, terjadi peningkatan aliran darah ke area wajah. Inilah yang menyebabkan kantung mata kamu membengkak setelah kamu menangis, apalagi jika kamu menangis semalaman. Sedangkan saat mata kamu mengalami iritasi, area kantung mata yang membengkak ini tidak selalu terjadi.

4. Lama pemulihan

INSTO_nangis-iritasi © 2016 brilio.net
foto: giphy.com

Kamu tidak butuh waktu lama mengembalikan matamu yang merah akibat menangis menjadi normal karena memang ini bukan penyakit. Selama kamu berhenti menangis, maka lambat laun mata kembali normal. Tapi jika matamu merah karena iritasi atau virus, siap-siap saja kamu menderita berhari-hari selama menjalani pengobatan, tergantung tingkat keparahan dan pengobatan.

5. Pengobatan/penanganan

INSTO_nangis-iritasi © 2016 brilio.net
foto: youtube.com

Mengalami sakit mata merupakan saat-saat yang sungguh menyiksa, sebagaimana sakit yang lain. Kamu harus melakukan pengobatan secara rutin biar cepat pulih. Lain halnya jika matamu merah cuma karena menangis, kamu bisa diamkan untuk pulih sendiri. Jika pengen lebih cepat pulih, kamu bisa mengompresnya.

6. Air mata

INSTO_nangis-iritasi © 2016 brilio.net
foto: giphy.com

Kamu nggak akan bisa bohong menutupi tangisanmu karena linangan air mata dan mata yang memerah setelahnya. Sedangkan bila mata mengalami iritasi, air matanya tak akan sebanyak saat kamu nangis.

7. Belekan

INSTO_nangis-iritasi © 2016 brilio.net
foto: kudajontor.blogspot.com

Ini yang sangat umum dialami penderita iritasi mata. Bahkan, gara-gara belekan ini bisa bikin mata susah dibuka saat bangun tidur. Tapi jika matamu merah karena menangis, yang ada kamunya yang malas bangun.

8. Penyebab

INSTO_nangis-iritasi © 2016 brilio.net
foto: returnofkings.com

Ada beberapa penyebab sakit mata yang di antaranya ditandai dengan mata memerah bisa karena iritasi benda asing, virus, maupun bakteri. Tapi kalau matamu merah sehabis nangis, penyebabnya beda, yakni karena saat menangis terjadi peningkatan aliran darah ke area wajah.

9. Badan demam

INSTO_nangis-iritasi © 2016 brilio.net
foto: webmd.com

Mata merah karena sakit terkadang tidak dipicu oleh benda asing, virus, maupun bakteri yang secara langsung mengenai mata. Tapi, ketika kamu lagi sakit demam, batuk, maupun flu, mata kamu bisa memerah. Ini beda dengan mata merah setelah kamu nangis semalaman, ya. Penanganannya pun beda.

10. Tidak tahan cahaya

INSTO_nangis-iritasi © 2016 brilio.net
foto: returnofkings.com

Umumnya ketika mata kita mengalami iritasi atau sakit, kita jadi lebih peka terhadap cahaya. Terkena sedikit paparan cahaya akan langsung terasa sangat mengganggu mata, bahkan bikin tambah sakit. Tapi kalau matamu merah akibat nangis, yang bikin kamu nggak tahan adalah karena malu.

Well, sekarang giliran kamu seru-seruan bareng brilio.net dan Insto di #MomenSeruInsto. Kamu pengen dapet hadiah keren? Yuk, abadikan Momen Seru kamu bersama Insto dan dapatkan iPhone 6, Apple Watch, GoPro 4, dan hadiah seru lainnya! Info lebih lanjut #MomenSeruInsto lihat di bit.ly/BrilioInstoSeru16