×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Begini cara merawat kulit di iklim tropis

View Image

0

BRILIO » Kesehatan

Begini cara merawat kulit di iklim tropis

Permasalahan kulit sering dialami masyarakat di negara beriklim tropis.

25 / 04 / 2018

Brilio.net - Tinggal di negara yang memiliki iklim tropis tentu memiliki dampak positif dan juga negatifnya. Salah satunya adalah dalam hal kondisi kulit. Karena kondisi kulit orang-orang yang berada di iklim tropis berbeda dengan negara lain.

Biasanya, permasalahan yang sering dialami oleh masyarakat yang tinggal di negara yang beriklim tropis memiliki kondisi kulit yang mudah kering, sensistif, gampang berkeringat dan juga terlihat lebih kusam. Selain itu juga, kecenderungan kulit mengalami flek hitam dan penuaan dini lebih mudah mengintai, apalagi usia muda.

"Akibat tingginya intensitas matahari di wilayah tropis, membuat bintik-bintik hitam atau flek hitam rentan mengintai kulit di iklim tropis. Masalah lainnya pada kulit di iklim tropis, yaitu cenderung cepat kendur atau keriput," ujar dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Anesia Tania SpKK, dalam acara media Ristra Cosmetodermatology di kawasan Kuningan, Jakarta, Selasa (24/4).

Merawat kulit © 2018 brilio.net

Anesia mengatakan tinggal di negara yang beriklim tropis, masyarakatnya harus rajin melakukan pembersihan pada wajah atau eksfoliasi. Menurutnya, proteksi kulit terhadap sinar matahari yang cukup ganas juga disarankan sebagai langkah menjaga kesehatan kulit. "Proteksi kulit dari sinar matahari bisa berupa pemakaian baju yang tertutup dan topi yang menghalangi sinar jahatnya," lanjutnya.

Loading...

Untuk penggunaan cream berbahan kimia, masyarakat bisa menggunakan sunscreen untuk menghalau seluruh gelombang matahari dan sunblock yang hanya memproteksi kulit dari UVB. Semakin tinggi SPF dalam sunblock dan sunscreen maka semakin baik dan lama dalam memproteksi kulit dari sinar matahari.

Meski begitu, Anesia tetap menyarankan pemakaian bahan untuk proteksi kulit dari sinar matahari itu dipakai secara berulang. "Sebaiknya di re-apply setiap 2-5 jam agar proteksinya semakin baik," katanya.

Perlu dipahami pemakaian sunblock atau sunscreen harus 30 menit sebelum kulit terpapar sinar matahari agar meresap dahulu. Kalau baru dipakai dan langsung keluar rumah, menurutnya, tabir surya tidak bekerja dengan baik.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    67%

  • Ngakak!

    33%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more