Brilio.net - Mengonsumsi buah dan sayur memang suatu keharusan. Karena berbagai kandungan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh terdapat dalam sayur dan buah. Bahkan, kita pun diharuskan mengonsumsi buah dan sayur setiap hari.

Namun, dalam proses pertumbuhannya, buah dan sayur memang tak bisa lepas dari pestisida. Pestisida sendiri merupakan zat kimia yang memiliki kandungan yang sangat kuat untuk membunuh hama yang akan merusak pertumbuhan buah dan sayur.

Namun kamu juga harus berhati-hati, karena pestisida memiliki efek yang sangat berbahaya. Terlebih lagi bagi para wanita, karena pestisida dapat menyebabkan kemandulan.

Sebuah penelitian yang terdapat dalam jurnal JAMA Internal Medicine menemukan bahwa konsumsi buah dan sayur tinggi residu pestisida dihubungkan dengan turunnya kesuburan tubuh dan tingginya risiko tak bisa hamil.

"Ada kekhawatiran dalam kurun waktu tertentu bahwa paparan dosis rendah konsumsi makanan berpestisida memberi efek merugikan terhadap kesehatan, terutama pada populasi yang rentan seperti anak-anak, wanita hamil dan janin mereka," ungkap Dr. Yu-Han Chiu, salah seorang peneliti.

Loading...

Sementara itu, Dokter spesialis gizi klinik dr. Diana F. Suganda, MKes, SpGK mengatakan saat ingin mengonsumi buah dan sayur, kamu harus tepat membersihkannya.

"Pertama dicuci dengan sabun khusus untuk buah dan sayur, kedua di cuci dengan dengan air mengalir, ketiga dibilas dengan air yang matang, kemudian dipotong-potong dan buah bisa dikonsumsi," pungkasnya.