Brilio.net - Kutu air salah satu penyakit kulit yang sangat menganggu. Karena penyakit ini dapat menyebabkan ruam, gatal-gatal, kulit pecah-pecah, mengelupas atau nyeri terutama pada sela-sela jari kaki. Penyakit kutu air biasanya terjadi pada sela jari-jari kaki, kuku tangan serta kuku jari.

Dokter Kartika Mayasar mengatakan bahwa kutu air bukan disebabkan oleh alergi, melainkan dari jamur. Ditambah lagi dengan kondisi hujan seperti sekarang ini tentu membuat kulit menjadi lembab terutama di bagian kaki.

"Biasanya di bagian yang tertutup seperti kaki. Kaki kalau keadaannya lembab dan tertutup dan ada bakterinya bisa menyebabkan kutu air dan jamur. Jamur itu lebih mudah untuk berkembang di area yang lembab," katanya kepada media usai acara peluncuran pembersih lantai di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa (3/10).

Nah, untuk menghindari kulit dari kutu air, menjaga kebersihan tubuh dan juga pakaian yang kita gunakan sangat penting loh.

"Kalau pakai kaus kaki harus yang menyerap keringat. Kalau jamurnya ada di punggung berarti harus pakai pakaian yang menyerap keringat juga," tutupnya.

Loading...