Brilio.net - Yang namanya lelah, adalah suatu pertanda di mana kamu butuh istirahat. Biasanya yang sering merasakan lelah adalah badan dan pikiran. Nah saat itu terjadi, hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah menghentikan aktivitas atau kegiatan yang tengah kamu lakukan, lantas beristirahat.

Tapi, bukan cuma badan atau pikiran saja lho yang bisa merasa lelah. Mata kamu juga bisa lelah walau hanya memandang layar handphone terus menerus. Apalagi jika kamu pengguna contact lens, hal ini pasti sangat mengganggu aktivitas kamu. Nah jangan anggap sepele, karena hal ini ternyata bisa menyebabkan rasa ketidaknyamanan di mata kamu.

Lantas, bagaimana sih gejala yang membuktikan kalau mata lelah? Intip yuk daftarnya berikut ini yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (2/10).

1. Mata merah.

Kalau kamu ngalami 5 gejala ini, matamu lelah guys berbagai sumber

foto: thehealthsite.com

Mata merah memang sangat mengganggu kegiatan kamu. Kalau mata kamu merah dengan tiba-tiba tanpa ada penyebabnya, bisa jadi karena kelelahan. Nggak usah khawatir, karena mata merah ini bisa dicegah kok, guys. Kalau mata kamu sudah merah, segera istirahatkan dan tetap menjaga kebersihan serta menghindari sejumlah partikel penyebab iritasi atau infeksi mata.

2. Mata berair.

Kalau kamu ngalami 5 gejala ini, matamu lelah guys berbagai sumber

foto: pinterest.com

Saat kamu mengedipkan mata, kelenjar pada kelopak mata akan memproduksi sedikit air mata guna melembapkan indera penglihatan kamu dan menyingkirkan benda-benda asing darinya. Produksi air mata menjadi lebih banyak ketika kamu menguap, tertawa terbahak-bahak atau menangis. Tapi, ada beberapa orang yang mungkin mengalami mata berair secara terus-menerus yang biasanya juga disebabkan karena mata lelah.

3. Mata terasa perih.

Kalau kamu ngalami 5 gejala ini, matamu lelah guys berbagai sumber

foto: pinterest.com

Salah satu kondisi yang sering memicu mata perih adalah kekeringan pada mata. Sindrom ini merupakan kejadian ketika mata tidak mendapat cukup air mata. Bisa juga karena air mata menguap terlalu cepat atau karena mata kelelahan. Selain perih, hal ini juga biasanya menyebabkan mata menjadi merah dan bengkak.

4. Mata terasa kering.

Kalau kamu ngalami 5 gejala ini, matamu lelah guys berbagai sumber

foto: webmd.com

Penyakit mata kering adalah kondisi mata yang mengalami kekurangan cairan akibat air mata yang mudah menguap atau produksi air mata yang terlalu sedikit. Biasanya hal ini disebabkan karena mata lelah akibat terlalu lama di depan gadget.

5. Pusing atau sakit kepala.

Kalau kamu ngalami 5 gejala ini, matamu lelah guys berbagai sumber

foto: medicinenet.com

Sakit kepala juga menjadi salah satu tanda mata lelah. Mata lelah atau disebut astenopia dapat disebabkan karena mata berakomodasi terus menerus. Bekerja terus-menerus di depan komputer atau laptop dalam jangka waktu yang terlalu lama memang dapat menyebabkan mata lelah.

Bagi kamu yang memakai lensa kontak, maka risiko mengalami mata lelah juga menjadi lebih besar. Sebab, jika produk contact lens atau lensa kontak yang kamu gunakan tidak tepat, otomatis akan mengganggu kenyamanan mata kamu. Lensa kontak yang kualitasnya rendah juga bisa memperburuk kondisi kesehatan mata kamu.

Kalau kamu ngalami 5 gejala ini, matamu lelah guys berbagai sumber


Karenanya, kamu harus jeli dalam memilih lensa kontak. Kamu bisa coba menggunakan lensa kontak dari ACUVUE® OASYS® with Hydraluxe™. Pasalnya, varian terbaru dari ACUVUE® ini memiliki teknologi Hydraluxe™ yang mampu menjaga lapisan air mata tetap stabil, sehingga mata tetap terasa nyaman dan terhindar dari mata lelah walaupun dipakai seharian.

Nggak hanya itu, ACUVUE® OASYS® juga dilengkapi dengan proteksi sinar UV-A dan UV-B yang selalu membuat lapisan matamu terlindungi. ACUVUE® OASYS® adalah solusi tepat untuk kamu yang ingin tetap sehat dan menjalani aktivitas dengan maksimal.

Yang menarik, kamu berkesempatan untuk mencoba lebih dulu produknya secara gratis. Caranya pun sangat mudah, kamu tinggal ikuti tiga langkah simpel yang bisa kamu lihat lebih lengkap di sini. Tunggu apa lagi?