Brilio.net - Beberapa tahun terakhir kumis dan jenggot sedang jadi tren di kalangan anak muda. Mereka berlomba-lomba untuk menumbuhi kumis dan jenggot agar terlihat lebih macho dan keren.

Berbagai cara pun dilakukan, bahkan ada beberapa cowok yang menggunakan obat untuk menumbuhkan kumis dan jenggot mereka.

Namun, bagi para pria yang punya jenggot, kamu harus rajin membersihkannya karena ternyata area di bawah mulut tersebut ternyata merupakan bagian paling kotor. Bahkan sebuah penelitian mengungkapkan bahwa janggut pria sama kotornya dengan toilet. Duh!

Dilansir brilio.net dari Thehealthsite, Senin (23/1), seorang pakar mikrobiologis dari Quest Diagnostics, John Golobic melakukan penelitian kepada sejumlah responden pria. Hasil penelitian ini pun cukup mengejutkan.

"Beberapa jenggot ada yang memiliki bakteri dalam jumlah normal, namun ada juga beberapa responden ditemukan bakteri yang ada pada tinja," jelasnya.

Loading...

Golobic pun mengatakan bahwa kondisi ini sangat memprihatinkan. Oleh sebab itu, ia menyarankan kepada pria yang memiliki jenggot untuk rajin membersihkan wajah dan juga mencuci tangan sesering mungkin.

Nggak hanya itu, ia juga mengatakan bahwa jangan memegang wajah dalam kondisi tangan kotor. Karen hal tersebut dapat memicu tumbuhnya bakteri pada wajah.