Brilio.net - Pandemi virus corona belum juga berakhir. Sementara itu, jumlah orang yang terinfeksi di Indonesia terus saja mengalami kenaikan. Data per Minggu (12/4) menunjukkan bahwa jumlah kasus infeksi Covid-19 di Indonesia kembali bertambah menjadi 4.241 kasus.

Menyikapi hal tersebut, merujuk pada Badan Kesehatan Dunia (WHO), pemerintah kemudian menganjurkan masyarakat untuk mengenakan masker ketika akan beraktivitas di luar rumah. Tak hanya terbatas bagi mereka yang merasa tidak enak badan, anjuran tersebut juga berlaku pada orang sehat.

Tak hanya sampai di situ, bahkan ketika virus corona ini telah dapat dikendalikan nantinya, pemakaian masker pun akan tetap dianjurkan hingga beberapa waktu ke depan. Sejumlah pakar bahkan menekankan agar setiap individu tetap memakai masker hingga satu tahun ke depan.

Loading...
2 dari 2 halaman


"Menurut saya, kita semua tetap perlu pakai masker selama pandemi Covid-19 masih menjadi ancaman, dan bakal tetap mengancam sampai vaksinnya ditemukan," terang pakar imunologi dari Universitas Yale Shan Soe-Lin, seperti dilansir brilio.net dari Today, Senin (13/4).

Menurutnya, hal tersebut penting untuk dilakukan guna mencegah penularan corona selama vaksinnya belum ditemukan. Sementara itu, WHO sendiri menyatakan bahwa vaksin virus corona bisa siap dalam 18 bulan lagi. Namun setelah vaksin ditemukan, masih perlu waktu lagi untuk pendistribusian secara merata.

Hal itu membuat imbauan memakai masker penting untuk terus dilakukan karena social distancing maupun sistem kerja dari rumah kemungkinan tak bisa diterapkan dalam jangka panjang.

"Masker dan penutup wajah bisa berguna, terutama di situasi pandemi seperti sekarang. Di musim flu biasa masker mungkin tidak terlalu berguna, tapi ini bukan musim flu yang normal," tutur Shan Soe-Lin.

Nah, agar pemakaian masker tersebut benar-benar efektif, Soe-Lin pun menganjurkan agar masker kain tidak dipakai sepanjang hari jika sedang sehat. Dengan kata lain, orang yang sehat hanya perlu memakai masker saat keluar rumah dan tidak menyentuh atau melepasnya selama masih dipakai.

Selanjutnya, setelah selesai dipakai, segera cuci masker kain dengan deterjen dan jemur sampai kering. Usahakan menggunakan masker dengan 2-3 lapis agar lebih aman.