Brilio.net - Telinga berdenging atau tinnitus adalah kondisi di mana seseorang mendengar suara seperti berdengung, mendesis, atau berdesing tanpa adanya sumber suara. Meskipun sering dianggap gangguan kecil dan diabaikan, telinga berdenging sebenarnya menjadi tanda adanya gangguan serius pada kesehatan.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan telinga berdenging. Mulai dari paparan suara keras, gangguan sirkulasi darah, hingga kondisi medis tertentu, seperti penyakit meniere atau bahkan tumor.

Salah satu penyebab umum telinga berdenging adalah paparan suara keras yang terus-menerus. Faktor tersebut sering dialami oleh pekerja di lingkungan berisik atau penggemar musik yang mendengarkan suara dengan volume tinggi. Gangguan sirkulasi darah, seperti tidak lancar juga dapat menjadi penyebab telinga berdenging. Bahkan aliran darah tak lancar ini pun memengaruhi fungsi telinga secara keseluruhan. Selain itu, kondisi medis seperti penyakit meniere juga berpengaruh pada keseimbangan cairan dalam telinga.

Meskipun tidak ada pengobatan langsung, kamu tetap bisa menekan kondisi tersebut dengan berbagai cara. Misalnya menghindari paparan suara keras, menjaga tekanan darah tetap stabil, dan mengelola stres. Beberapa terapi seperti perilaku kognitif dan suara juga dapat membantu mengalihkan perhatian telinga dari suara berdenging.

Selain beberapa penyebab yang telah disebutkan di atas, ada faktor lain telinga berdenging perlu kamu ketahui. Berikut brilio.net himpun dari rangkuman beberapa sumber, Kamis (23/5).

 


(Magang/Robiul Adil Robani)