Brilio.net - Kalau menyebut nama minyak zaitun rasanya begitu banyak manfaat yang bisa didapatkan. Mulai dari dalam tubuh hingga luar, banyak kebaikan yang bisa diperoleh dari minyak serba bisa ini. Bukan rahasia lagi kalau minyak zaitun mampu menjadi obat untuk banyak permasalahan. Bahkan banyak yang memanfaatkan khasiat minyak zaitun untuk perawatan tubuh. Anak-anak hingga dewasa bisa merasakan kebaikan dari minyak zaitun.

Menariknya, minyak zaitun juga bisa memberikan banyak kebaikan untuk bayi lho. Mulai dari perawatan kulit hingga menjaga pencernaan bayi bisa dilakukan dengan memberikan minyak zaitun. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, dianjurkan untuk minyak zaitun yang masih asli.

Adapun kriteria minyak zaitun yang asli adalah minyak yang diperoleh pada perasan pertama saat proses ekstraksi atau yang lebih dikenal dengan extra virgin olive oil. Nah mau tau apa saja manfaat minyak zaitun untuk bayi? Simak yuk dalam ulasan brilio.net pada Senin (3/8) dari berbagai sumber berikut ini.

-1. Merawat kesehatan rambut.

Manfaat minyak zaitun untuk bayi © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Loading...

Rambut disebut sebagai mahkota bagi seseorang. Tentu akan ada banyak usaha yang dilakukan untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut. Tentu sebagai orangtua juga menginginkan anak memiliki rambut yang sehat dan indah.

Salah satu cara yang bisa dilakukan orangtua untuk merawat rambut bayi adalah dengan cara memberikan minyak zaitun. Yaps, minyak ini nggak hanya dapat digunakan untuk merawat rambut orang dewasa. Minyak zaitun dapat memberikan manfaat agar rambut bayi tampak lebih bercahaya, lebih kuat, lebat, dan lembut.

Minyak zaitun memiliki kandungan asam lemak, beta karoten, vitamin E, dan antioksidan. Komponen ini berfungsi untuk melembapkan, sehingga baik untuk salah satu perawatan rambut bayi. Kamu bisa memperoleh manfaat minyak berkhasiat ini dari produk-produk sampo berbasis minyak zaitun untuk bayi.

Kamu juga bisa mengoleskan minyak zaitun ke rambut bayi dengan memberikan pijatan ringan di kepala. Selain itu, ada pula yang memberikan minyak zaitun secara rutin dengan cara dikonsumsi secara langsung. Tapi jangan lupa untuk melakukan konsultasi kepada dokter terlebih dahulu ya.

-2. Solusi kulit kepala kering pada bayi.

Manfaat minyak zaitun untuk bayi © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Nggak cuma memperindah rambut, minyak zaitun juga bisa menjadi solusi untuk permasalahan rambut bayi. Yaps, nggak cuma orang dewasa yang memiliki permasalahan rambut lho. Meski masih kecil, bayi juga berpeluang untuk mengalami berbagai masalah rambut, salah satunya adalah kondisi kulit kepala yang kering.

Bagian kepala bayi sering ditemukan cradle cap atau peradangan kulit yang mengakibatkan kulit kepala mengering dan mengelupas. Cradle cap ini merupakan jenis ketombe lain yang sering dialami oleh bayi.

Jangan panik, kamu bisa mengatasi kondisi ini dengan memanfaatkan minyak zaitun. Caranya mudah banget, cukup oleskan minyak zaitun ke kepala bayi, lalu pijat perlahan menggunakan sikat lembut atau handuk tangan. Lalu biarkan selama sekitar 20 menit. Jika lapisan kulit kepala bayi tebal, biarkan semalaman. Kemudian, cuci kulit kepala bayi menggunakan air hangat dan sampo ringan. Dengan bantuan sisir, lepaskan kerak tersebut dari kepala bayi.

-3. Mengatasi ruam pada pantat.

Manfaat minyak zaitun untuk bayi © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Bukan hal yang langka ruam pantat yang terjadi pada kulit bayi. Hal ini kerap terjadi akibat penggunaan popok sekali pakai. Selain itu juga bisa karena kurangnya perawatan pada area pantat bayi. Karena ruam popok juga sering terjadi karena pengaruh keringat atau kondisi popok yang basah. Kondisi ini dapat membuat bayi merasa tidak nyaman.

Ruam pada pantat ini bisa mengganggu kualitas tidur bayi dan waktu bermainnya. Maka orangtua juga perlu memberikan perhatian untuk kebersihan area pantat si kecil. Salah satunya adalah dengan mengoleskan minyak zaitun pada pantat bayi setelah mengganti popoknya. Manfaat minyak zaitun satu ini memiliki risiko efek samping yang minim.

-4. Sumber nutrisi baik.

Manfaat minyak zaitun untuk bayi © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Bukan rahasia lagi kalau minyak zaitun menjadi salah satu bahan yang memberikan manfaat untuk tubuh. Minyak ini juga menjadi salah satu penambah nutrisi yang baik untuk bayi. Minyak ini dikemas dengan asam lemak tak jenuh tunggal memiliki manfaat yang baik dalam menjaga pankreas dan kerja jantung.

Orangtua dapat menggunakan minyak zaitun dalam makanan bayi, tetapi hanya setelah bayi berusia enam bulan. Untuk takaran yang tepat, orang tua bisa melakukan konsultasi kepada dokter untuk disesuaikan dengan kondisi bayi.

-5. Menjadi obat batuk.

Manfaat minyak zaitun untuk bayi © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Nggak cuma sampai di situ saja nih manfaat minyak zaitun. Batuk juga kerap diobati dengan minyak ini. Seperti yang kamu tau, penyakit batuk, flu, demam kerap menghampiri bayi. Meskipun terdengar sepele, tapi nggak jarang orangtua panik karena kondisi itu.

Biasanya ASI dipilih sebagai solusi tepat untuk sakit yang menyerang si kecil. Yaps memang nggak salah, karena ASI adalah sumber asupan alami terbaik untuk si kecil. Namun selain ASI, kamu juga bisa menggunakan minyak zaitun untuk meredakan batuk.

Cara menggunakan minyak zaitun untuk meredakan batuk mudah kok. Kamu bisa mencampurkan minyak zaitun sebanyak 3-4 sendok tetes dengan 2-3 tetes kayu putih, minyak peppermint, dan rosemary. Lalu gosokkan dan pijat dengan perlahan campuran tersebut ke dada dan punggung bayi sebelum waktu tidur. Cara ini dapat membantu meredakan batuk dan membuat tidurnya lebih nyenyak.

-6. Mengatasi sembelit.

Manfaat minyak zaitun untuk bayi © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Sembelit juga jadi salah satu permasalahan kesehatan yang kerap menyerang siapa saja. Nggak terkecuali para bayi lho. Situasi ini terutama terjadi saat bayi sudah mulai makan makanan pendamping ASI atau MPASI. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengandalkan minyak zaitun.

Caranya gosokkan minyak zaitun hangat ke perut bayi dengan gerakan searah jarum jam. Hal ini akan membuat bayi merasa lebih nyaman dan dapat tidur dengan nyenyak. Mudah, kan?

-7. Menjaga kesehatan bayi prematur.

Manfaat minyak zaitun untuk bayi © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Minyak zaitun juga bisa menjadi nutrisi tambahan bagi bayi prematur. Sebuah penelitian pernah menemukan bahwa manfaat minyak zaitun baik untuk bayi prematur jika dikombinasikan dengan minyak kedelai memiliki kandungan yang hampir mirip dengan ASI.

Minyak zaitun sebagai campuran makanan bayi juga dilakukan beberapa orang untuk kesehatan pencernaan bayi dan membantu menaikkan berat badan bayi. Untuk lebih jelasnya kamu bisa melakukan konsultasi dengan dokter mengenai takaran yang tepat.

-8. Bahan pijatan bayi.

Manfaat minyak zaitun untuk bayi © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Tentu kamu juga kerap mendengar bahwa minyak zaitun juga dimanfaatkan untuk memijat bayi. Ya, nggak cuma orang dewasa yang juga dipijat, begitu juga dengan para bayi. Pijatan mampu memberikan ketenangan dan membantu pertumbuhan si kecil. Dengan memijat si kecil, juga bisa membangun hubungan yang baik antara orangtua dan anak.

Pijat secara perlahan dan lembut pada bayi. Sebelumnya, kamu bisa mencampurkan air dan minyak dalam jumlah yang sama. Lalu pijat bayi sekitar 15 hingga 20 menit. Setelah itu, jangan lupa bersihkan dengan air hangat dengan seksama agar menghindari ruam pada kulit bayi.