Brilio.net - Garam merupakan salah satu bumbu dapur yang harus dimiliki oleh seseorang, terutama ibu rumah tangga yang setiap hari harus menyajikan masakan untuk keluarga.

Masakan akan terasa hambar jika tidak diberi garam sebagai penyeimbang rasa. Tak hanya itu, garam yang dicampurkan ke dalam masakan juga akan melengkapi asupan nutrisi pada tubuh.

Terdapat beberapa jenis garam yang tersebar di seluruh dunia, salah satunya adalah garam laut. Garam laut berasal dari air asin laut yang mengalami penguapan. Hasil penguapan tersebut kemudian menjadi kristal-kristal garam. Setelah itu, kristal garam akan mengalami pemurnian untuk menyingkirkan mineral-mineral lainnya selain natrium klorida yang merupakan zat utama dalam garam.

Garam laut mengandung mineral seperti kalium, zat besi, dan zink. Semakin gelap warna garam laut, maka semakin banyak pula kandungan gizi yang ada di dalamnya. Hal ini dikarenakan garam laut dengan warna gelap hanya melewati sedikit proses. Karena banyak kandungan mineral di dalamnya, membuat garam laut memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh.

Brilio.net lansir dari healthline dan What Great Grandma Ate pada pada Sabtu (22/8), ini manfaat garam laut untuk kesehatan.

Loading...

1. Menghidrasi tubuh dan menjaga tekanan darah.

Manfaat garam laut © 2020 brilio.net

foto: freepik

Secara umum, garam dapat membantu menjaga hidrasi dan tekanan darah yang cukup pada tubuh. Memiliki keseimbangan cairan yang tepat dalam tubuh juga penting untuk menjaga tingkat tekanan darah yang sehat.

Oleh karena itu, mengonsumsi terlalu sedikit atau terlalu banyak natrium dapat menyebabkan perubahan tekanan darah pada mereka yang sensitif terhadap garam makanan. Mengonsumsi garam laut dapat membantu tubuh untuk memenuhi kebutuhan natrium, tetapi kamu juga bisa mendapatkan natrium dari berbagai makanan lain.

2. Menjaga sistem pencernaan.

Manfaat garam laut © 2020 brilio.net

foto: freepik

Klorida diperlukan untuk menghasilkan asam lambung, dan natrium klorida (garam) memfasilitasi penyerapan dan transportasi nutrisi di usus setelah dipecah selama proses pencernaan. Oleh karena itu, mengonsumsi garam yang cukup meningkatkan kesehatan pencernaan yang optimal.

Meskipun meminum garam laut yang dicampur dengan air dapat membantu pencernaan dalam beberapa kasus, minum terlalu banyak air garam dapat membuatmu mengonsumsi terlalu banyak garam untuk tubuh. Mendapatkan natrium yang cukup dari sumber lain, mungkin cukup untuk mendukung pencernaan normal.

3. Menjaga kesehatan kulit dan mencegah peradangan.

Manfaat garam laut © 2020 brilio.net

foto: freepik

National Eczema Foundation merekomendasikan untuk menambahkan secangkir garam ke air mandi. Hal tersebut untuk membantu meredakan iritasi dari eksim, suatu kondisi yang ditandai dengan kulit merah dan gatal.

Suatu studi pada orang dengan kulit kering, ditemukan bahwa mandi dengan larutan garam yang diperoleh dari Laut Mati membantu meningkatkan hidrasi kulit dan mengurangi kekasaran, dibandingkan dengan mandi di air keran.

Garam laut yang memiliki kandungan magnesium tinggi mungkin merupakan jenis terbaik untuk ditambahkan ke bak mandi bagi mereka yang memiliki masalah kulit.

4. Mengurangi retensi cairan.

Manfaat garam laut © 2020 brilio.net

foto: freepik

Garam laut dapat mengurangi retensi cairan karena rasio mineral yang seimbang dalam garam laut, terutama kalium dan natrium. Kandungan kalium dan natrium inilah yang membantu melepaskan air yang tertahan dalam tubuh. Mencampurkan garam laut dalam makanan dapat membantu menghilangkan retensi kembung dan kelebihan air.

5. Penyeimbang elektrolit dalam tubuh.

Manfaat garam laut © 2020 brilio.net

foto: freepik

Elektrolit dalam tubuh sangat penting untuk kesehatan otot, otak dan jantung. Maka untuk menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh dapat dengan menambahkan garam laut ke dalam suatu minuman. Kandungan mineralnya yang luar biasa, membuat garam laut menjadi sumber elektrolit yang bagus seperti magnesium, kalsium, kalium, dan natrium.

6. Mencegah kram otot.

Manfaat garam laut © 2020 brilio.net

foto: freepik

Magnesium dalam garam memainkan peran besar dalam melonggarkan dan menenangkan otot dan seluruh tubuh. Ketika kekurangan elektrolit, tubuh akan mengalami nyeri otot, kram dan lain sebagainya.

7. Menyehatkan kelenjar adrenal.

Manfaat garam laut © 2020 brilio.net

foto: freepik

Kelelahan adrenal dalam berbagai tingkat sangat umum saat ini, akibat stres dan pola makan yang buruk. Di antara banyak fungsinya, kelenjar adrenal bisa melepaskan hormon yang mengatur natrium dan kalium dalam tubuh.

Untuk mempermudah kinerja kelenjar, adrenal membutuhkan keseimbangan mineral melalui garam laut berkualitas tinggi terutama ketika tubuh sudah mengalami kelelahan dan stres.

8. Memenuhi kebutuhan mineral dalam tubuh.

Manfaat garam laut © 2020 brilio.net

foto: freepik

Manfaat garam yang terakhir adalah dapat mencukupi kebutuhan mineral dalam tubuh. Garam laut berkualitas tinggi memiliki 84 trace mineral yang menyehatkan dan memperkuat tubuh.