Brilio.net - Ketika membayangkan semangka, rasanya isi kepala sudah dipenuhi dengan kesegaran dari buah merah ini. Dagingnya yang empuh, penuh air, dan memiliki rasa manis, selalu berhasil membuat badan menjadi lebih segar. Apalagi kalau kamu mengonsumsi semangka di siang hari, cocok banget untuk mengembalikan kembali semua energi.

Manfaat semangka nggak terlepas dari kandungan yang tersimpan di dalamnya. Vitamin A, B, dan C bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi semangka. Selain itu, dilansir brilio.net dari Healthline pada Senin (19/7), diketahui dalam secangkir semangka, atau sekitar 154 gram, mengandung 46 kalori.

Nutrisi yang tersimpan di dalam semangka, mampu memberikan efek menyehatkan untuk tubuh. Mulai dari menjaga pencernaan sampai dengan kecantikan. Nah untuk para wanita, kenali juga nih manfaat tersembunyi dari semangka yang baik untuk kesehatanmu. Yuk simak penjelasan selengkapnya dalam ulasan brilio.net dari healthline, stylecraze dan berbagai sumber pada Senin (19/7) berikut ini.

Manfaat semangka untuk wanita.

1. Melembapkan kulit.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Manfaat semangka untuk wanita dan cara menggunakannya © pexels.com

foto: pexels.com

Untuk mendapatkan kulit yang sehat, dibutuhkan perawatan yang tepat juga. Selain mengonsumsi sayuran, kamu juga perlu menambah asupan buah semangka dalam menu harianmu. Sebab, buah yang mengandung banyak air ini dapat menjadi penolong kulit keringmu. Kandungan air pada semangka dapat membuat tubuh dan kulit menjadi terhidrasi. Rajin mengonsumsi semangka akan membuat kulit kamu lebih lembap dan kenyal.

2. Membuat kulit lebih rileks.

Paparan polusi setiap hari, aktivitas yang padat, hingga penggunaan make up, dapat memberikan pengaruh pada kondisi kulitmu. Selain melembapkan kulit, semangka juga bisa memberikan kenyamanan untuk membuat kulit menjadi lebih rileks. Caranya memanfaatkannya gampang banget, lumuri semangka ke wajah, dan diamkan selama 10-15 menit. Wajah akan kembali lebih segar dan bercahaya.

3. Mengurangi minyak berlebih pada wajah.

Kulit berminyak menjadi salah satu kondisi kulit yang dimiliki banyak orang. Banyak produk kecantikan yang menawarkan solusi untuk mengatasi hal ini. Namun kamu juga bisa menggunakan cara alami dengan memanfaatkan semangka. Sebab, semangka kaya akan kandungan vitamin A. Kandungan itu bisa meminimalisir minyak berlebih pada wajah. Vitamin ini dapat mengurangi ukuran pori-pori kulit dan meminimalkan sekresi minyak berlebih dari kelenjar sebaceous.

4. Membuat kulit lebih bercahaya.

Manfaat semangka untuk wanita dan cara menggunakannya © pexels.com

foto: pexels.com

Manfaat semangka selanjutnya adalah membuat kulit menjadi lebih bercahaya. Bukan tanpa sebab, banyaknya kandungan nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan likopen dapat membuat kulit tampak lebih segar dan sehat. Jika dikonsumsi secara rutin, kulit akan pun akan bersih bercahaya.

5. Mencegah penuaan dini.

Paparan radikal bebas nggak hanya dapat membuat wajah menjadi kusam, namun juga mampu menimbulkan garis-garis halus, keriput dan bintik-bintik hitam pada kulit. Sebagai solusinya, kamu bisa menggunakan semangka untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini tersebut.

Sebagai sumber makanan yang kaya akan likopen, vitamin C dan A, buah semangka bisa menjadi tameng yang ampuh. Manfaatkan kebaikan ini dengan mengonsumsi semangka secara langsung ataupun memanfaatkannya sebagai masker.

6. Mengatasi jerawat.

Jerawat adalah salah satu masalah pada kulit yang dirasakan banyak orang. Nggak hanya di wajah lho, jerawat pun bisa timbul pada permukaan kulit lain, seperti punggung. Dan dari kandungan yang tersimpan di dalam semangka, rupanya juga dapat menjadi solusi untuk mengatasi jerawat.

7. Mengatasi wajah sembab.

Selain air mineral, buah dan sayuran yang kaya kandungan air seperti semangka juga bisa membantu mengatasi wajah sembab dari dalam. Dilansir dari merdeka.com, Lauren Carelli dari Blushing Brides menyarankan buah yang satu ini untuk memulihkan wajah sembab dalam waktu singkat.

8. Meredakan mual pada ibu hamil.

Manfaat semangka untuk wanita dan cara menggunakannya © pexels.com

foto: pexels.com

Untuk para ibu hamil tentu nggak asing dengan perubahan-perubahan yang terjadi. Nggak ketinggalan dengan kondisi mual dan muntah yang biasanya dirasakan pada masa awal kehamilan. Untuk mengatasi kondisi tersebut, semangka bisa menjadi salah satu solusinya. Selain itu, mineral dalam buah dapat membantu mencegah kram otot pada trimester ketiga.

9. Mencegah kecacatan pada bayi.

Sebagai buah yang mengandung asam folat tinggi, membuat semangka baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Pasalnya, kandungan buah berbentuk bulat ini dapat mencegah kecacatan fisik dan syaraf pada bayi, selain itu juga menyuburkan kandungan. Dapatkan manfaat ini dengan mengolah semangka menjadi jus.

10. Meningkatkan pertumbuhan rambut.

Adanya kandungan asam amino dalam semangka dapat membantu sirkulasi darah di kulit kepala. Semangka juga menyimpan kandungan citrulline yang meningkatkan tingkat arginin. Dampak yang bisa dirasakan, dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

11. Mencegah rambut rontok.

Manfaat semangka untuk wanita dan cara menggunakannya © pexels.com

foto: pexels.com

Semangka dapat meningkatkan pertumbuhan kolagen. Dan perlu kamu ketahui bahwa kolagen juga dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Dengan mengonsumsi buah semangka, kamu pun sekaligus akan membuat rambut sehat dan terhindar dari kerontokan rambut.

12. Melembapkan rambut.

Alasan lain mengapa penting untuk mengonsumsi semangka adalah karena dapat memberikan kelembapan pada rambut. Sehingga hal ini dapat memberikan keuntungan baik untuk rambut maupun wajahmu.

13. Bertindak sebagai toner alami.

Salah satu cara untuk menyegarkan kulitmu adalah dengan menggunakan toner alami. Semangka adalah salah satu bahan makanan sehat yang bertindak sebagai toner alami. Dengan mengonsumsinya kamu dapat memanfaatkan semangka sebagai perawatan alami dari dalam rumah.

Cara membuat masker semangka.

Seperti yang sudah disebutkan, salah satu cara untuk memanfaatkan semangka dengan menjadikannya masker. Namun nggak perlu khawatir harus kerepotan dalam mengolahnya. Ada beberapa cara praktis untuk membuat masker semangka di rumah. Bahkan kamu bisa menambahkan beberapa bahan lain untuk menunjang manfaatnya lho. Yuk simak caranya berikut ini.

1. Semangka dan lemon.

Manfaat semangka untuk wanita dan cara menggunakannya © pexels.com

foto: pexels.com

Perpaduan semangka dan lemon akan membuat kulit menjadi lebih sehat. Lemon akan mengangkat sel kulit mati yang kering, sedangkan madu dan jus semangka akan melembabkan kulit kasar.

Untuk mendapatkan manfaatnya cukup ambil dua sendok makan jus semangka, tambahkan satu sendok makan jus lemon, dan satu sendok teh madu di dalamnya. Campur hingga rata dan aplikasikan pada wajah, tunggu hingga agak kering. Lalu bilas dengan air dingin.

2. Semangka dan madu.

Bukan rahasia lagi kalau madu memberikan banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Madu berguna untuk mengatasi masalah penuaan dini, kulit terbakar dan menyamarkan noda hitam. Sehingga kamu bisa mencampurkan dengan semangka sebagai bahan pembuatan masker. Caranya, cukup siapkan dua sendok jus semangka dan satu sendok madu. Aduk merata kedua bahan tersebut, setelah tercampur aplikasikan ke kulit dan biarkan selama sekitar 20 menit.

3. Semangka dan susu.

Manfaat semangka untuk wanita dan cara menggunakannya © pexels.com

foto: pexels.com

Cara membuat masker semangka selanjutnya adalah dengan menambahkan susu. Caranya mudah, blender semangka dengan dua sendok makan susu, kamu bisa menambahkan bubuk vitamin E untuk tambahan nutrisi ke masker tersebut. Setelah masker jadi, gunakan dan oleskan ke wajah dan tunggu 20-25 menit. Setelah dirasa cukup, bilas dengan air dingin lalu tepuk-tepuk wajah agar nutrisi menyerap sempurna ke wajah.

4. Semangka dan yoghurt.

Yoghurt dikenal bermanfaat bagi kulit dan rambut. Perpaduan jus semangka dan yoghurt mampu membuat kulit menjadi kenyal dan glowing alias bercahaya. Penggunaan masker wajah ini secara teratur akan membuat kulit terlihat lebih muda dan sehat.

Caranya pun mudah, ambil mangkuk kecil dan tambahkan setengah cangkir jus semangka di dalamnya. Tambahkan satu sendok makan yoghurt, dan aduk kedua bahan dengan baik. Oleskan masker wajah pada wajah dan leher kamu, dan diamkan selama 20 menit. Kemudian cuci bersih dengan air dingin.

5. Semangka dan mentimun.

Manfaat semangka untuk wanita dan cara menggunakannya © pexels.com

foto: pexels.com

Mentimun memiliki sifat yang sifat yang mendinginkan dan membantu menghilangkan bercak cokelat di kulit wajah. Sedangkan, semangka memiliki sejumlah manfaat kecantikan yang dapat melembapkan kulit dan meredakan iritasi serta gatal.

Cara membuatnya yaitu, siapkan satu sendok jus mentimun dengan dan dua sendok jus semangka. Aduk rata lalu aplikasikan pada wajah secara merata. Diamkan 15-20 menit dan bilas dengan air bersih.