Brilio.net - Kayu manis umumnya digunakan sebagai salah satu bumbu masak, penambah aroma pada kopi, hingga penambah aroma pada kue. Tapi jangan salah, rempah yang memiliki aroma khas ini rupanya memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan. Bahkan tak jarang batang atau bubuk kayu manis dibuat menjadi minuman herbal yang dapat menghangatkan tubuh.

Kayu manis yang biasanya digunakan untuk memasak ini berasal dari ekstrak pohon kayu manis. Rempah ini digunakan selama ribuan tahun, tidak hanya karena aromanya, tetapi juga karena kandungan apotek hidup yang terkandung di dalamnya. Kayu manis banyak mengandung kalsium, serat, vitamin B6, magnesium, zat besi, vitamin A, karbohidrat dan vitamin C.

Dalam makanan, penggunaan kayu manis sebagai rempah tidaklah banyak. Sehingga asupan nutrisi yang terkandung pun hanya sedikit. Selain wangi, kayu manis juga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai keluhan-keluhan tubuh. Kamu bisa merebus kayu manis dengan air kemudian tambahkan sedikit madu sebelum mengonsumsinya, sebab kayu manis memiliki rasa agak manis dan pedas.

Lalu apa saja manfaat kayu manis untuk kesehatan? Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, 11 manfaat kayu manis untuk kesehatan, Selasa (1/9).

1. Meringankan berbagai gejala menstruasi.

Kayu manis untuk kesehatan freepik.com

Loading...

foto: freepik.com

Biasanya kaum wanita saat menjelang periode menstruasi selalu timbul berbagai gejala yang menjadi tanda akan terjadi peluruhan dinding rahim. Penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat membantu memperbaiki siklus menstruasi agar lebih teratur, sehingga berpotensi untuk dijadikan sebagai minuman untuk meringankan gejala menstruasi.

Untuk menjadikan kayu manis sebagai pelancar menstruasi cukup mudah, yakni dengan menyeduhnya menggunakan air hangat. Bisa juga mencampurkan kayu manis pada teh hangat. Manfaatnya pun beragam, seperti memperlancar siklus haid, mengurangi nyeri haid, nyeri pinggang dan mual.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh.

Kayu manis untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Kayu manis mengandung cinnamaldehyde yang diyakini mampu melawan bakteri infeksi dan jamur. Khasiat kayu manis bisa dirasakan oleh tubuh karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Antioksidan yang dimaksud adalah polifenol. Zat yang melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas.

Kayu manis juga dikenal kaya akan antioksidan, dan antiinflamasi sehingga rempah ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Jenis rempah ini biasa dikonsumsi dalam bentuk serbuk sebagai campuran minuman atau makanan. Kayu manis utuh pun bisa sebagai campuran pada rebusan jamu.

3. Melawan bakteri jamur.

Kayu manis untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Kandungan antibakteri dan antijamur pada kayu manis mempunyai berbagai manfaat untuk tubuh. Hal yang paling utama, kandungan antibakteri dan antijamur dapat mencegah berbagai infeksi penyakit yang disebabkan oleh bakteri maupun jamur. Seperti bakteri E.coli, Salmonella, atau Staphylococcus.

Nggak hanya itu kayu manis ini juga dapat digunakan untuk mengurangi bau mulut, mencegah kerusakan gigi hingga mempercepat proses penyembuhan luka.

4. Menurunkan gula darah.

Kayu manis untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Kayu manis dapat memberikan efek antidiabetik yang kuat dengan menurunkan kadar gula darah. Kayu manis bertindak dengan cara yang mirip dengan insulin, hormon yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan gula dari aliran darah.

Kayu manis juga membantu memperlambat penguraian karbohidrat di usus dan mencegah kadar gula darah meningkat setelah makan.

Dilansir dari Medical News Today, penelitian yang diterbitkan pada tahun 2003 oleh Diabetes Care menemukan bahwa kayu manis dapat membantu menstabilkan kadar glukosa dan lipid pada pasien dengan diabetes tipe 2.

5. Baik untuk kesehatan jantung.

Kayu manis untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat kayu manis selanjutnya yakni baik untuk kesehatan jantung. Sebab, senyawa yang terdapat dalam kamu manis mampu mengurangi tekanan darah, serta kadar trigliserida dan kolesterol buruk.

Dalam waktu yang bersamaan, kandungan rebusan kayu manis dapat meningkatkan kadar kolesterol baik yang berfungsi untuk mengoptimalkan kesehatan jantung. Selain itu, kayu manis juga mengandung kumarin yang dapat mencegah penyempitan pembuluh darah dan penggumpalan darah.

6. Baik untuk kesehatan otak.

Kayu manis untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Menariknya kayu manis juga memiliki manfaat menjaga fungsi otak. Sebuah penelitian menyatakan bahwa kandungan zat antioksidan di dalam kayu manis akan mengaktifkan protein pelindung saraf yang melindungi sel-sel otak dari mutasi dan kerusakan stres oksidatif.

Kayu manis membantu melindungi neuron, tingkat neurotransmitter yang dinormalisasi dan meningkatkan fungsi motorik. Efek ini mencegah penyakit degeneratif yang ditandai oleh hilangnya struktur atau fungsi sel-sel otak secara progresif. Penyakit Alzheimer dan Parkinson adalah dua jenis yang paling umum.

7. Mendukung penurunan berat badan.

Kayu manis untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat kayu manis untuk kesehatan selanjutnya yaitu sebagai minuman diet. Konsumsi kayu manis diyakini bisa membantu penurunan lemak atau pengurangan lingkar pinggang. Kayu manis juga bisa membantu mengurangi respons negatif tubuh terhadap makan makanan berlemak tinggi yang mengakibatkan penambahan berat badan.

Penelitian dari University of Michigan Life Sciences Institute menemukan bahwa kayu manis mengandung zat yang disebut dengan Cinnamaldehyde. Zat ini berguna untuk membantu pembakaran lemak yang menumpuk di dalam tubuh.

8. Mencegah penuaan dini.

Kayu manis untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Kayu manis juga diklaim dapat meningkatkan pembentukan kolagen dan meningkatkan elastisitas dan hidrasi kulit. Efek ini pun dapat mencegah kerutan, penggelapan dan tampilan penuaan pada kulit. Jadi, minum air rebusan kayu manis juga bisa melawan penuaan kulit. Efek antibakteri pada kayu manis bahkan dapat menjaga kulit dari bakteri penyebab jerawat.

9. Melancarkan sistem pernapasan.

Kayu manis untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Kayu manis juga salah satu rempah yang dapat memperlancar dahak dengan cara menghasilkan banyak air liur. Nah, jika tubuh tengah merasakan pilek dan juga batuk, ada baiknya mengonsumsi kamu manis secara rutin. Dengan begitu sistem pernapasanmu akan terjaga dengan lebih baik.

10. Antikanker.

Kayu manis untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.om

Sifat antioksidan yang terdapat dalam kayu manis memberikan manfaat lain yang tidak kalah menakjubkan. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kayu manis dapat membantu tubuh membunuh jenis sel kanker tertentu, termasuk sel kanker kulit.

Khasiat ini bisa kamu dapatkan melalui konsumsi rebusan kayu manis secara rutin. Manfaat rebusan kayu manis yang satu ini bisa menjadi rekomendasi bagi kamu untuk hidup sehat bebas dari risiko penyakit kanker.

11. Meningkatkan kesuburan.

Kayu manis untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat kayu manis yang terakhir yakni sangat penting terutama bagi perempuan agar lebih mudah mendapatkan keturunan. Dengan mengonsumsi kayu manis secara rutin, dapat membuat kesuburan lebih terjaga dan peluang segera memiliki keturunan semakin besar. Agar hasilnya lebih bagus, sebaiknya pasangan suami istri mengonsumsinya secara rutin.