Brilio.net - Bagi ibu yang sedang mengandung dan menyusui, tentu sudah tidak asing lagi mendengar tumbuhan katuk. Sebab, tanaman ini memiliki khasiat untuk kesehatan, baik untuk ibu hamil maupun menyusui. Salah satu bagian tanaman katuk yang dimanfaatkan untuk ibu hamil yaitu daunnya.

Tumbuhan katuk sendiri banyak ditemui di Indonesia. Biasanya daun katuk diolah menjadi berbagai menu, seperti sup hingga aneka tumisan. Selain memiliki cita rasa yang nikmat, daun katuk mengandung banyak protein yang cukup baik untuk pertumbuhan jaringan, plasenta, dan juga otak bayi dalam kandungan. Selain itu, daun katuk juga memiliki kandungan zat besi dan vitamin E yang cukup baik untuk kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan.

Bagi ibu yang sedang mengandung, mengonsumsi daun katuk juga sangat dianjurkan untuk persiapan setelah proses persalinan. Sebab, daun tumbuhan berwarna hijau yang memiliki nama latin sauropus adrogynus ini dipercaya efektif untuk memperlancar ASI.

Berbagai macam kandungan yang ditawarkan daun katuk, membuatnya bermanfaat bagi kesehatan khususnya untuk ibu hamil dan menyusui. Lantas, apa saja manfaat daun katuk untuk ibu hamil dan menyusui? Simak ulasannya yang telah brilio.net lansir dari laman Healthbenefit dan berbagai sumber, Senin (14/6) berikut ini:

1. Melancarkan air susu ibu (ASI).

Manfaat daun katuk untuk ibu hamil © Healthbennefit

foto: freepik.com

Manfaat utama daun katuk untuk ibu hamil dan menyusui, yaitu dapat memperlancar dan memproduksi ASI. Hal tersebut dikarenakan daun katuk mengandung senyawa kimia sterol inhalasi yang mampu memberikan efek hormonal yang memicu produksi susu.

Selain itu, kandungan lainnya seperti asam amino, vitamin B, vitamin C, zat besi dan fosfor memiliki peran untuk melembutkan tekstur ASI. Biasanya daun katuk ini dikonsumsi sebagai olahan sup bening.

2. Mencegah penyakit hipertensi.

Manfaat daun katuk untuk ibu hamil © Healthbennefit

foto: freepik.com

Manfaat selanjutnya adalah mampu mencegah darah tinggi atau hipertensi. Daun katuk mengandung kalsium yang diyakini mampu mengurangi tekanan darah tinggi. Beberapa kandungan lainnya pun memiliki fungsi menurunkan kadar kolesterol.

3. Mengatasi anemia.

Manfaat daun katuk untuk ibu hamil © Healthbennefit

foto: freepik.com

Salah satu cara alternative untuk mengatasi anemia, yaitu dengan mengonsumsi daun katuk. Anemia merupakan penyakit yang disebabkan karena jumlah sel darah merah lebih rendah dari jumlah normal.

Dilansir dari laman Organic Motion, ekstrak daun katuk memiliki peran penting untuk meningkatkan efisiensi absorpsi atau penyerapan saluran pencernaan dan menghambat penyakit kronis pembuluh darah. Oleh karena itu, rutin mengonsumsi daun katuk dapat mengatasi masalah anemia.

4. Menjaga kesehatan mata.

Manfaat daun katuk untuk ibu hamil © Healthbennefit

foto: freepik.com

Manfaat daun katuk berikutnya, yaitu mampu menjaga kesehatan mata ibu hamil dan menyusui. Hal itu disebabkan daun katuk mengandung vitamin A dan betakaroten. Sehingga, mengonsumsi daun katuk sangat cocok untuk membantu menjaga kesehatan mata selama masa kehamilan maupun setelah proses persalinan.

5. Menurunkan risiko penyakit osteoporosis.

Manfaat daun katuk untuk ibu hamil © Healthbennefit

foto: freepik.com

Osteoporosis biasanya rentan dialami oleh para orang tua. Di mana, pada keadaan tersebut kepadatan tulang mulai berkurang. Sehingga, menyebabkan tulang menjadi keropos. Dilansir dari laman Organic Motion, kandungan kalsium dan zat besi pada daun katuk berperan penting dalam mencegah osteoporosis dan mampu menjaga kesehatan tulang.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, daun katuk sebaiknya dimasak dan dikonsumsi secara rutin.

6. Mencegah penyakit influenza.

Manfaat daun katuk untuk ibu hamil © Healthbennefit

foto: freepik.com

Saat masa kehamilan atau setelah masa persalinan hal penting yang harus dilakukan oleh seorang ibu adalah menjaga kesehatan tubuh. Biasanya dalam masa-masa tersebut, ibu sangat menghindari beberapa penyakit agar kandungan atau bayi yang dilahirkan tidak tertular.

Salah satu penyakit yang dihindari dan mengganggu ibu hamil dan menyusui adalah flu. Untuk itu, mengonsumsi daun katuk menjadi solusi untuk terhindar dari penyakit tersebut. Daun katuk mengandung efedrin yang dipercaya mampu menjauhkan ibu dari virus influenza.

7. Membuang racun dalam tubuh.

Manfaat daun katuk untuk ibu hamil © Healthbennefit

foto: freepik.com

Manfaat berikutnya, daun katuk diyakini mampu membuang racun dalam tubuh. Daun katuk sendiri memiliki fungsi efektif sebagai detoksifikasi. Kandungan klorofil daun katuk yang cukup tinggi dapat membantu membuat jaringan tubuh yang bersih dari racun. Sehingga, diyakini cukup baik dikonsumsi untuk ibu yang sedang hamil maupun ibu yang sedang dalam proses menyusui.