Brilio.net - Stres karena banyak pikiran memang wajar-wajar saja. Tapi kalau terlalu berlarut-larut stres tentu nggak baik bagi kesehatanmu. Kamu butuh sesuatu hal yang bisa merefleksikan pikiranmu sehingga bisa menghilangkan stres. Salah satu caranya dengan latihan relaksasi otot progresif. Kamu sudah pernah dengar?

Banyak yang menyebut kalau latihan relaksasi otot progresif itu sulit, padahal sebenarnya mudah kok. Latihan ini berguna untuk membantu otot menjadi tegang dan rileks. Latihan tersebut membuat kamu semakin tahu perubahan kondisi otot yang menegang dan juga otot rileks. Dengan begitu, perlahan kamu bisa melepaskan ketegangan yang muncul.

Latihan ini sudah banyak dipraktikkan dan terbukti meredakan stres, depresi, dan kecemasan. Tak hanya itu, latihan tersebut juga menghilangkan pegal dan mencegah kesemutan. Cara melakukannya cukup mudah, ada 6 gerakan yang perlu dilakukan seperti dilansir brilio.net dari dummies.com, Selasa (6/9).

relaksasi otot progresif © 2016 brilio.net

1. Duduklah di kursi dengan tenang.

2. Kerutkan mukamu sehingga tegang. Tahan ketegangan itu selama 5 sampai 10 detik, kemudian kendurkan otot itu selama 30 detik.

3. Lakukan hal yang sama untuk lenganmu. Tegangkan, tahan 5 - 10 detik, lalu kendurkan selama 30 detik.

4. Lakukan hal yang sama untuk bahu dan dada.

5. Tahapan selanjutnya masuk ke kaki. Tegangkan otot jari kaki. Tahan ketegangan itu selama 5 sampai 10 detik, kemudian kendurkan otot itu selama 30 detik.

Sekarang bergeser pada bagian kaki yang lain. Tegangkan betis, paha, dan otot pinggul utama. Tahan ketegangan itu selama 5 sampai 10 detik, kemudian kendurkan otot itu selama 30 detik.

6. Tarik nafas, tahan, lalu keluarkan.

Latihan ini ternyata bisa meningkatkan aliran darah ke otak sehingga membawa oksigen dan energi ke otak. Masuknya oksigen ke otak bisa merefleksikan dirimu sehingga bisa berpikir lebih tenang.

Gimana, tertarik mencobanya?