Brilio.net - Tidur adalah kebutuhan dasar dari semua makhluk hidup, setuju nggak? Dengan tidur, tubuh kita jadi punya waktu buat istirahat. Apalagi kalau kita bisa tidur selama jam siang. Nggak hanya untuk relaksasi tubuh dari segudang aktivitas yang dikerjakan, tapi manjur menenangkan saraf-saraf yang tegang akibat aktivitas yang di jalani.

Tidur siang juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Banyak penelitian yang telah dilakukan juga mengungkapkan banyak manfaat kesehatan dari tidur siang. Dilansir brilio.net dari Boldsky, Minggu (28/6), ini beberapa manfaat dari tidur siang bagi kesehatan:

1. Meningkatkan daya ingat otak

Sebagian besar penelitian mendukung fakta bahwa tidur siang ternyata mampu meningkatkan daya ingat pada otak, terutama bagi anak-anak dan orangtua. Bagi orangtua (lansia) dengan semakin meningkatnya umur, mereka cenderung melupakan memori di masa lampau dan menurunnya daya ingat. Sedangkan bagi anak-anak, dapat meningkatkan kerja otak dalam mengingat sesuatu.

Para analis riset setuju dengan fakta bahwa tidur siang selama 10 sampai 30 menit mampu meningkatkan kinerja dalam tes kognitif. Apalagi untuk anak-anak yang harus belajar dan mungkin menghafal setiap pelajaran yang mereka dapatkan di sekolah. Hal ini juga menjadi salah satu manfaat tidur siang yang mendorong para ibu untuk membuat anak-anaknya punya waktu untuk tidur siang.

Loading...

2. Meminimalisir tekanan darah

Lebih dari 60% populasi dunia menderita penyakit yang disebabkan karena tekanan darah tinggi. Laporan penelitian dalam Journal of Applied Physiology menunjukkan bahwa tidur siang dapat membantu dalam mengurangi tekanan darah. Lebih dari 37% pasien telah menerima manfaat kesehataan dari tidur siang. Tidur siang juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung yang menjadi salah satu faktor dominan dari tekanan darah tinggi.

3. Menenangkan saraf dan mengurangi stres

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Barkley, mengungkapkan bahwa tidur siang sekitar 90 menit dapat menenangkan saraf yang sering terpengaruh karena aktivitas sehari-hari. Banyaknya aktivitas yang dikerjakan, otak menjadi lebih tegang karena terlalu banyak berpikir secara terus menerus, bisa menjadi beban bagi otak dan membuat stres yang berlebihan. Dengan tidur siang, dapat mengoptimalkan seluruh organ tubuh untuk kembali menjalani aktivitas dengan lancar.

4. Meningkatkan mood

Memang benar bahwa kelelahan yang ekstrem atau stres bisa membuat kamu jadi kehilangan mood untuk melakukan pekerjaan selanjutnya. Ketika tubuh kita lelah dan stres, serotonin yang digunakan juga lebih tinggi dan sementara produksinya berhenti. Akibatnya, kamu bisa menjadi cemas, mudah marah, depresi, kewalahan, dan mudah terganggu. Tidur siang bisa membantu kamu untuk merasa lebih baik ketika segala 'gangguan' datang. Dengan demikian akan membantu meningkatkan mood kamu untuk berkonsentrasi pada tugas-tugas yang dikerjakan.

5. Meningkatkan kewaspadaan

Menurut laporan dari National Sleep Foundation di Amerika Serikat, tidur siang sangat baik dan bermanfaat bagi semua orang. Penelitian ini dilakukan pada tentara dan profesional NASA. Hasilnya, mereka mengalami pertumbuhan positif dalam kewaspadaan mental. Penelitian lain juga menyebutkan bahwa pilot yang diizinkan untuk tidur siang selama 25 menit (digantikan co-pilot) melakukan kesalahan lebih sedikit selama take-off dan pendaratan.

BERITA TERKAIT SOAL TIDUR DAN KESEHATAN KAMU:

5 Alasan kenapa kurang tidur bisa merusak hubungan pacaran kamu!

Pria & wanita memiliki cara tidur yang berbeda, berikut penjelasannya

Ini hubungan olahraga dan tidur yang tidak boleh kamu abaikan

Mengenal jenis-jenis tidur dan risikonya

Hati-hati, susah tidur bisa picu kerusakan otakmu

6 Alasan kamu harus selalu merapikan tempat tidurmu sendiri

Pengen cepet tidur? Kamu harus belajar teknik pernapasan 4-7-8

Nggak perlu lama-lama, tidur siang yang baik itu cukup 30 menit saja