Brilio.net - Belakangan masyarakat Indonesia memang tengah dirundung kecemasan akibat penyebaran virus Corona yang semakin luas. Berbagai upaya dan kebijakan dikeluarkan untuk memperlambat penyebaran virus. Sebagai contoh, para pelajar tidak diperkenankan masuk sekolah agar bisa belajar dari rumah masing-masing.

Selain pelajar, para karyawan juga mendapat kebebasan dari perusahaan agar bisa bekerja melalui sistem Work From Home (WFH). Selain itu, masyarakat Indonesia juga gencar menyebarkan pesan akan pentingnya social distancing untuk menghambat proses penyebaran virus.

Di tengah situasi seperti ini, menggunakan kendaraan umum memang sangatlah dihindari. Namun bagi kamu yang terpaksa harus bepergian ke luar rumah dan harus menggunakan transportasi umum, tetaplah berhati-hati dan waspada. Beberapa hal perlu dipersiapkan agar terhindar dari penularan virus Corona.

Berikut lima tips aman naik kendaraan umum agar terhindar dari virus Corona, seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (25/3).

1. Pakai masker untuk menutup hidung dan mulut.

foto: freepik.com

Saat menaiki transportasi umum, usahakan selalu mengenakan masker untuk melindungi hidung serta mulut. Hal ini dilakukan untuk mencegah terkena paparan virus Corona melalui udara.

2. Membatasi tangan dengan handrail. Jangan lupa gunakan tisu untuk melapisinya.

foto: freepik.com

Saat naik kereta, MRT atau bus, jika kamu harus terpaksa berdiri, lapisi tangan dengan tisu ketika berpegangan dengan handrail. Hal ini bertujuan agar tanganmu tidak terpapar kuman ataupun virus yang menempel pada pegangan tersebut.

2 dari 2 halaman


3. Selalu bawa hand sanitizer.

foto: freepik.com

Hand sanitizer harus selalu siap di tas. Ketika kamu bepergian menggunakan transportasi umum. Bersihkan tangan sebelum dan sesudah keluar dari transportasi umum yang kamu naiki.

4. Tutup mulut dengan tisu saat bersin.

foto: freepik.com

Apabila kamu merasa ingin bersin, segara tutup mulut dan hidung dengan tisu. Fungsi tisu tidak hanya melapisi tangan saat menyentuh handrail, namun juga untuk mengantisipasi kejadian seperti ini.

5. Segera cuci tangan.

foto: freepik.com

Apabila sudah sampai tempat tujuan, segeralah mencuci tangan dengan sabun. Meski sudah memakai hand sanitizer, mencuci tangan dengan sabun adalah opsi terbaik yang harus kamu lakukan untuk mencegah terkena paparan virus Corona.