×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Teknik olahraga mata agar tak capek mengemudi saat mudik

View Image

0

BRILIO » Kesehatan

5 Teknik olahraga mata agar tak capek mengemudi saat mudik

foto: shutterstock.com

Demi kesehatan dan keselamatan selama berkendara.

28 / 05 / 2019 10:02

Brilio.net - Lebaran identik dengan mudik. Aksi pulang kampung ini sudah begitu mendarah daging di semua kalangan. Setelah sebulan penuh menahan lapar dan haus, berkumpul bersama keluarga besar jadi momen yang membahagiakan. Tak hanya Muslim, ajang mudik sudah jadi kegiatan turun temurun bagi semua kalangan.

Dari sekian banyak moda transportasi saat mudik, kendaraan pribadi jadi favorit banyak orang. Kendaraan pribadi juga membawa kenyamanan tersendiri. Jika pengemudi mengantuk, dia bisa istirahat di mana saja tanpa perlu repot. Sesampainya di kampung halaman juga mudah bepergian ke mana-mana dengan kendaraan pribadi.

Sayangnya, banyak orang yang tetap memaksakan diri walaupun kecapaian di jalan. Kebiasaan ini sering jadi penyebab utama kecelakaan ketika mudik. Mata yang sudah lelah jangan dipaksakan untuk mengemudi lagi.

Oleh karena itu, ada teknik olahraga mata yang bisa kamu terapkan ketika mengemudi jauh seperti saat mudik. Penasaran seperti apa? Dirangkum Brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (28/5) yuk kita simak.

1. Memejamkan mata secara cepat.

Loading...

5 Teknik olahraga mata © 2019 brilio.net

foto: shutterstock.com

Memejamkan mata sering diremehkan. Tapi teknik ini sangat manjur untuk menjaga mata tetap segar. Caranya juga mudah. Cukup memejamkan mata setiap interval 3-4 detik selama dua menit. Dengan ini, mata akan lebih segar karena terlumasi air mata. Lakukan teknik ini sambil relaksasi maka mata akan terasa lebih nyaman dan tidak cepat lelah.

2. Teknik telapak tangan.

5 Teknik olahraga mata © 2019 brilio.net

foto: stevenaitchison.co.uk

Usap kedua telapak tangan hingga hangat. Kemudian usap mata dengan telapak tangan. Dengan ini, kehangatan telapak tangan mampu merelaksasikan mata. Usahakan rileks ketika melakukan teknik ini agar capek cepat hilang.

3. Teknik angka delapan.

5 Teknik olahraga mata © 2019 brilio.net

foto: stevenaitchison.co.uk

Untuk melakukan teknik ini, kamu harus menggerakkan mata dengan pola angka delapan. Gerakan ini bisa menyegarkan otot mata yang lelah. Gerakan angka delapan ini bisa juga digunakan untuk kamu yang seharian di depan komputer. Cocok banget bagi kamu yang matanya cepat lelah dan susah digerakkan.

4. Memfokuskan mata.

5 Teknik olahraga mata © 2019 brilio.net

foto: stevenaitchison.co.uk

Teknik ini sedikit rumit untuk dipraktikkan. Pertama, usahakan badan tegak dan nyaman. Setelah itu arahkan telunjuk ke depan wajah. Kemudian fokuskan pandangan ke telunjuk. Setelah beberapa lama, fokuskan mata ke latar belakang telunjuk. Ulang gerakan ini selama 5 menit. Gerakan ini akan menguatkan otot mata dan meningkatkan daya pandang dari mata.

5. Zooming.

5 Teknik olahraga mata © 2019 brilio.net

foto: stevenaitchison.co.uk

Berbeda dengan teknik memfokuskan mata, kali ini telunjuk jarimu yang bergerak. Pertama, duduk di posisi yang nyaman. Kedua, arahkan telunjuk sekitar 50 cm di depan mata. Ketiga, arahkan telunjuk mendekati wajah sampai sekitar 10 cm. Ulang terus gerakan ini hingga mata semakin segar. Gerakan ini cocok bagi kamu yang gampang mengalami kelelahan mata.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more