×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Cara menghilangkan karang gigi dengan buah-buahan, mudah dan ampuh

View Image

0

BRILIO » Kesehatan

5 Cara menghilangkan karang gigi dengan buah-buahan, mudah dan ampuh

foto: pixabay

Karang gigi yang disepelekan akan menyebabkan gigi berlubang yang berujung pada kerusakan gigi.

(brl/guf)

07 / 11 / 2019 07:29

Brilio.net - Kita sering mendengar slogan 'lebih baik sakit hati daripada sakit gigi', hal ini dikarenakan rasa sakit gigi sangatlah luar biasa. Ketika sakit gigi, kita tidak akan bisa tidur nyenyak, makan pun tak terasa enak.

Karang gigi yang juga dikenal dengan kalkulus adalah timbunan plak gigi yang mengeras dan tumbuh sedikit demi sedikit. Banyak dari kita yang menganggap hal ini adalah hal yang sepele.

Pada awalnya, plak gigi terbentuk saat bakteri dalam mulut bercampur dengan protein dan sisa-sisa makanan. Jika tidak dibersihkan dengan benar maka plak tersebut bisa menyebabkan karang gigi.

Biasanya, kalkulus gigi disebakan karena kurang bersihnya saat menyikat gigi. Sikat gigi yang kurang bersih dan tidak menyeluruh akan menyisakan protein dan sisa makanan yang nantinya akan bercampur dengan bakteri sehingga membentuk karang gigi.

Sebenarnya, gigi memiliki kemampuan untuk membersihkan dengan menggunakan air liur, tetapi pada gigi yang telah banyak sekali karang maka kemampuan ini akan menurun. Kemudian, hal selanjutnya yang terjadi adalah bakteri akan lebih mudah menempel pada gigi yang mana akan menyebabkan karies gigi atau gigi berlubang.

Loading...

Dari kurang bersihnya saat menyikat gigi, akan membentuk karang gigi. Dari karang gigi yang disepelekan akan menyebabkan gigi berlubang yang berujung pada kerusakan gigi.

Tidak hanya itu, karang juga bisa menyebabkan gigi mudah tanggal karena penurunan gusi, gigi goyang, gusi bengkak, bau mulut, dan gusi berdarah terutama saat menyikat gigi.

Tidak hanya dari segi kesehatan, untuk penampilan sendiri karang gigi akan membuat kita kurang percaya diri. Maka dari itu, banyak sekali cara untuk mengatasi karang gigi dari yang alami sampai medis.

Cara terbaik untuk menghilangkan karang gigi adalah pergi ke dokter gigi dan melakukan pembersihan dengan alat yang bernama skeler. Namun, kita juga bisa membersihkan karang gigi di rumah dengan bahan-bahan alami salah satunya adalah buah.

Berikut ini adalah beberap acara untuk menghilangkan karang gigi menggunakan buah-buahan, yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (07/11). Bisa kamu lakukan sendiri di rumah, ampuh dan sangat mudah!

Cara merawat gigi

Sebelumnya, ada beberapa hal yang perlu diketahui untuk merawat gigi dengan baik. Pertama, sangat penting untuk kita memakai sikat gigi dengan benar untuk mencegah terbentuknya plak. Dalam dunia kesehatan, dianjurkan untuk menyikat gigi setidaknya tiga kali sehari yakni pagi, siang dan malam.

Selanjutnya, ganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali. Sebaiknya gunakan benang gigi dan pencuci mulut untuk menjaga kesehatan mulut. Hal ini sangat membantu untuk mengatasi karang gigi dan bakteri.

Disarankan juga untuk menghindari makanan yang mengandung pati dan makanan manis. Karena makanan pati dan makanan manis mengandung zat yang akan mengendap bersama bakteri dalam mulut. Tidak hanya itu, saat kita makan makanan yang manis dan tidak berkumur, maka sisa makanan ini akan mengeluarkan asam yang membuat gigi berlubang.

Cara menghilangkan karang gigi dengan buah-buahan

1. Stroberi

buah-buahan © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Stroberi kaya akan kandungan asam alaminya yang mana sangat baik untuk menghilangkan karang gigi. Selain itu, asam dalam stroberi juga mampu merangsang produksi air liur dalam mulut yang akan membantu menghilangkan karang gigi. Dengan begitu, aktivitas bakteri penyebab karang gigi akan ikut mati.

Caranya, cukup dengan mengunyah buah stroberi tanpa perlu dijus ataupun dihaluskan. Disarankan untuk memasukkan menu stroberi dalam menu sehari-hari. Jadikan stroberi sebagai pencuci mulut yang sehat dan bermanfaat.

2. Jeruk

buah-buahan © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Jeruk dikenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Selain sangat baik bagi tubuh, kulit dari buah ini juga mampu mengatasi karang gigi. Kandungan asam yang terkandung dalam kulit jeruk mampu membunuh beberapa jenis bakteri dalam mulut. Bau segar yang keluar dari kulit jeruk juga mampu mengatasi bau mulut.

Jika ingin menggunakan kulit jeruk sebagai penghilang karang gigi, caranya tidaklah sulit. Pertama, ambil kulit jeruk yang telah dikupas dari buahnya. Kemudian, gosok dengan perlahan pada gigi yang terdapat karang gigi dengan bagian dalam kulit jeruk. Bagian yang putih pada kulit jeruk mampu merontokkan karang gigi jika dilakukan secara rutin. Sebaiknya, lakukan cara ini sesudah makan dan sebelum menyikat gigi.

3. Melon

buah-buahan © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Buah melon adalah buah yang terkenal segar dan manis. Buah melon mengandung mineral, air dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Salah satunya sangat ampuh digunakan untuk membasmi karang gigi.

Sama dengan buah stroberi, kandungan dalam buah melon juga mampu memicu produksi air liur lebih banyak. Dengan air liur lebih banyak, maka bakteri akan lebih mudah mati. Maka kesehatan gigi pun akan terjaga dan terhindar dari bau mulut yang tak sedap.

Tidak hanya itu, melon juga mampu mengatasi masalah gusi dan sariawan jika dikonsumsi secara rutin. Jika ingin menggunakan melon untuk menghilangkan karang gigi, cukup kunyah buah melon secara rutin dan disiplan.

4. Apel

buah-buahan © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Menurut beberapa penelitian, mengunyah satu buah apel berpotensi merontokkan karang gigi jika dilakukan secara rutin. Hal ini dikarenakan kandungan apel yang bermanfaat bagi tubuh kita.

Apel mengandung vitamin dan mineral yang mana akan memenuhi kadar gizi seimbang harian. Apel juga kaya akan kandungan asam alami yang mana bermanfaat untuk mengilangkan karang gigi. Hal ini akan memudahkan kita untuk membasmi karang gigi ketika menyikat gigi.

Caranya, cukup konsumsi satu buah apel secara rutin setiap hari. Selain tubuh kita menjadi lebih sehat, gigi juga menjadi lebih bersih dan terhindar dari karang gigi.

5. Tomat

buah-buahan © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Tomat mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Selain itu, tomat juga mengandung asam alami yang tinggi seperti pada buah jeruk, stroberi dan apel. Asam alami yang terdapat pada tomat juga ampuh untuk menghilangkan karang gigi. Cukup kunyah tomat secara rutin, maka karang gigi akan rontok dengan mudah.

mgg/Hameda Rachma





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    33%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    67%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more