Brilio.net - Kanker hidung atau dikenal juga dengan kanker nasofaring (KNF) merupakan satu dari jenis penyakit yang cukup ditakuti. Pasalnya jenis kanker ini sulit dirasakan atau dilihat, bahkan dokter saja sangat sulit mendeteksinya sejak stadium awal.

Penyakit yang dihindari banyak orang ini jusrtu menyerang atlet bulu tangkis asal Malaysia Lee Chong Wei. Bahkan ia mengejutkan publik dengan pernyataannya ingin mengundurkan diri pada tahun ini. Sebelumnya, pada tahun lalu, Lee Chong Wei telah mengumumkan bahwa dia mengidap kanker hidung.

Awalnya ia sempat dinyatakan sehat dan kembali berlatih pada Januari lalu. Namun kali ini tampaknya dokter meminta dirinya untuk benar-benar fokus pada kesembuhan dan meminta Wei berhenti olahraga.

Kanker hidung memang perlu dikhawatirkan, pasalnya selama ini jenis kanker ini tak begitu diperhatikan orang. Ini karena kanker yang menyerang rongga hidung dan sinus paranasal ini tidak menyebabkan gejala spesifik sehingga bisa ditemukan lebih awal.

Kanker ini juga bisa dikatakan sebagai salah satu penyakit yang cukup langka. Dilansir dari merdeka.com, Jumat (14/6), data dari Cedars Sinai mengungkapkan bahwa di Amerika Serikat, hanya dua ribu orang yang terdiagnosis setiap tahunnya. Di sini, pria lebih rentan terkena kanker jenis ini daripada perempuan.

Loading...

Untuk mengantisipasi hal itu, maka kamu perlu mengetahui beberapa jenis gejalanya. Apa saja? Berikut lansiran brilio.net dari merdeka.com, Jumat (14/6).

1. Hidung tersumbat yang tidak membaik bahkan memburuk

2. Nyeri di atas atau di bawah mata.

3. Tersumbatnya satu sisi hidung.

4. Lendir mengalir di belakang hidung dan tenggorokan.

5. Mimisan.

6. Nanah mengalir dari hidung.

7. Menurunnya atau bahkan indera penciuman menghilang.

8. Mati rasa atau sakit di bagian wajah.

9. Mati rasa di gigi.

10. Pertumbuhan massa wajah, hidung, atau bagian atas mulut.

11. Mata berair secara terus menerus.

12. Satu mata menggembung.

13. Kehilangan atau perubahan dalam penglihatan.

14. Nyeri atau tekanan di salah satu telinga.

15. Gangguan pendengaran.

16. Sakit kepala.

17. Kesulitan membuka mulut.

18. Pembesaran kelenjar getah bening di leher.

Jika kamu mengalami beberapa ciri-ciri di atas, ada baiknya untuk konsultasi ke dokter.