Brilio.net - Selama pandemi corona masyarakat terus dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan diri. Mulai dari sesering mungkin mencuci tangan, mencuci pakaian secara rutin ketika digunakan di luar rumah, membersihkan rumah, menggunakan masker dan lain sebagainya.

Selain menjaga kebersihan diri, pemerintah juga mengimbau masyarakat untuk selalu melakukan berbagai aktivitas di rumah, mulai dari belajar hingga bekerja.

Seseorang diperbolehkan keluar untuk pergi ke rumah sakit jika dalam kondisi sakit yang sudah tidak bisa ditangani secara mandiri, membeli kebutuhan sehari-hari, atau bahkan pergi ke anjungan tunai mandiri (ATM) atau bank untuk keperluan tertentu.

Ilustrasi ATM © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Loading...

Berbicara mengenai ATM, kamu perlu berhati-hati dalam situasi pandemi corona seperti sekarang ini. Ada imbauan untuk meminimalisir penggunaan uang kertas dan beralih ke transaksi online, karena uang baik logam maupun kertas juga bisa medium penularan virus.

Beberapa penelitian membuktikan bahwa droplet yang jatuh pada beberapa permukaan kemungkinan masih bisa hidup hingga beberapa jam. Di atas permukaan kardus, misalnya, virus corona yang ada dalam droplet bisa hidup hingga 24 jam.

Penggunaan mesin ATM juga terbilang cukup mengkhawatirkan. Pasalnya tak hanya satu orang yang datang dan menggunakan mesin ATM tersebut. Lalu apa yang harus kamu lakukan ketika harus kerap menggunakan ATM ketika masa-masa rentan Covid-19 seperti saat ini?

Berikut tips dan cara saat mengambil uang di ATM ketika wabah corona, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (15/4).

1. Pastikan membawa pembersih tangan dari rumah, baik berupa sapu tangan atau hand sanitizer.

2. Sebelum menyentuh mesin ATM, gunakan hand sanitizer terlebih dahulu, agar kuman tak menempel.

3. Segera bersihkan tangan kembali usai menyentuh mesin ATM atau usai mengambil uang.

4. Ketika harus mengantre, pastikan jarak antara satu orang dengan orang lain sekitar 1 meter.

5. Jika antrean di dalam sedang ramai dan terasa tak kondusif, lebih baik menunggu di luar agar lebih aman dari penularan virus corona.

6. Hindari menyentuh wajah, mulut, dan hidung saat bosan menunggu antrean.

7. Kurangi menyentuh benda apa pun di bank atau ruang ATM.

8. Gunakan masker ketika kamu berada di ruang publik.

9. Jika batuk atau bersih tutup mulut dengan tisus atau sapu tangan. Jika menggunakan tisu, pastikan langsung membuangnya ke tempat sampah.

10. Ada baiknya untuk tidak sering ke ATM, pastikan uang yang kamu miliki mencukupi untuk beberapa minggu ke depan.

11. Lebih disarankan untuk menggunakan pembayaran online, untuk mengurangi risiko penyebaran virus corona.