12. Menurunkan tekanan darah.

Manfaat serai untuk kecantikan dan kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Serai juga mampu menurunkan tekanan darah, hal ini karena sifat diuretik pada serai mampu membantu membuang kelebihan garam dan air dalam tubuh melalui urin. Sebagai informasi, kelebihan kadar garam dalam tubuh menjadi salah satu penyebab hipertensi. Sehingga jika kamu rajin mengonsumsi serai secara rutin, maka tekanan darah pun akan menurun seiring dengan menurunnya jika kadar garam dalam tubuh.

13. Mengatasi gigi berlubang.

Manfaat serai untuk kecantikan dan kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat serai berikutnya yakni mengatasi gigi berlubang. Mengonsumsi teh serai bisa membantu mengatasi infeksi mulut dan gigi berlubang. Zat antimikroba pada serai diyakini efektif melawan bakteri berbahaya penyebab kerusakan gigi, seperti steptococucc muntans. Kamu juga dapat berkumur dengan air rebusan serai.

14. Mengurangi risiko kanker.

Manfaat serai untuk kecantikan dan kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Dilansir dari healthline.com, citral dalam serai juga dianggap memiliki kemampuan antikanker yang kuat terhadap beberapa lini sel kanker. Beberapa komponen serai membantu melawan kanker. Ini terjadi baik dengan menyebabkan kematian sel secara langsung atau meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh lebih kuat untuk melawan kanker.

15. Menyehatkan pencernaan.

Manfaat serai untuk kecantikan dan kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Secangkir teh serai merupakan obat alternatif untuk sakit perut, kram perut, dan masalah pencernaan lainnya. Dilansir dari healthline.com, sebuah studi 2012 pada hewan pengerat yang diterbitkan oleh National Institutes of Health menunjukkan bahwa serai juga efektif melawan tukak lambung.

Studi tersebut menemukan bahwa minyak esensial dari daun serai dapat membantu melindungi lapisan perut dari kerusakan akibat aspirin dan etanol. Penggunaan aspirin secara teratur adalah penyebab umum tukak lambung.

16. Menghilangkan rasa nyeri saat menstruasi.

Manfaat serai untuk kecantikan dan kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Teh serai digunakan sebagai obat alami untuk kram menstruasi, kembung, dan hot flashes. Tidak ada penelitian khusus tentang serai dan PMS, tetapi, secara teori, khasiatnya yang menenangkan perut dan anti-inflamasi dapat membantu. Selain itu, menurut artikel yang diterbitkan dalam Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research, minyak serai bermanfaat untuk membantu mendinginkan tubuh.

17. Mengobati anemia.

manfat serai © 2022 brilio.net

foto: pixabay.com

Serai juga disebut sebagai bahan alami dan ampuh mengatasi anemia karena terkandung banyak zat besi. Oleh karena itu dengan mengkonsumsi teh serai secara rutin dapat mengatasi anemia dibandingkan mengkonsumsi obat kimia.

18. Mengatasi diabetes.

manfat serai © 2022 brilio.net

foto: pixabay.com

Meminum teh serai secara teratur dapat menormalkan kembali fungsi pankreas dalam memproduksi insulin. Karena itu, mengkonsumsinya dapat menurunkan kadar gula darah.

19. Mengatasi masuk angin

manfat serai © 2022 brilio.net

foto: pixabay.com

Teh serai yang dicampur dengan gula merah memiliki sifat untuk menghangatkan tubuh. Oleh karena itu, dengan meminumnya dapat mengobati masuk angin serta gejala yang menyertainya.

Cara membuat teh serai

Dilansir dari healthline.com, sebenarnya tidak ada penelitian khusus mengenai teh serai. Namun perlu diketahui bahwa manfaat serai begitu luar biasa, sehingga mengkonsumsinya sangat baik untuk tubuh. Untuk membatasi risiko efek samping, mulailah dengan satu cangkir setiap hari. Jika tubuh tidak memberikan dampak negatif, kamu bisa meminumnya lebih. Namun jangan diteruskan jika kamu mengalami efek samping.

Untuk membuat teh serai:

- Tuangkan 1 cangkir air mendidih di atas 1 hingga 3 sendok teh serai segar atau kering

- aduk merata dan diamkan selama 5 menit.

- Saring tehnya

- Nikmati panas atau tambahkan es batu agar terasa lebih segar.