Brilio.net - Kesehatan merupakan hal penting yang akan mendukung segala aktivitas kamu berjalan dengan lancar. Bayangkan saja jika kamu merasa flu atau pusing, sudah pasti bisa bikin harimu jadi sedikit terganggu, karena nggak bisa fokus atau konsentrasi.

Untuk memiliki tubuh yang sehat juga dipengaruhi oleh gaya hidup yang kamu lakukan. Hal ini kembali ke pribadi masing-masing apakah sudah memiliki kesadaran tentang pola hidup sehat sejak dini. Sehingga bisa mendapatkan keseimbangan antara fisik dan mental dalam jangka panjang.

Mungkin beberapa orang enggan melakukan gaya hidup sehat dikarenakan atau dianggap sulit untuk dijalani dan nggak menyenangkan. Padahal dengan cara pola hidup sehat, seseorang bisa terhindar dari apa yang namanya penyakit dan sekaligus bisa mendapatkan manfaat seperti menghindari berat badan berlebih, meningkatkan energi dan stamina, serta juga bisa mengubah mood suasana hati kamu.

Untuk melakukan cara hidup sehat juga dibutuhkan konsistensi, nggak cuma sehari saja. Misalnya kamu bisa membuat daftar serangkaian aktivitas bahkan makanan yang bisa membuat tubuh kamu menjadi segar. Sehingga nantinya juga bisa meningkatkan kualitas kesehatan dan kualitas hidup. Mengubah kebiasaan memang nggak semudah yang dibayangkan, nggak cuma niat saja tapi kamu juga perlu mencoba satu per satu cara pola hidup sehat ini.

Nah, berikut beberapa cara sederhana yang bisa kamu coba untuk melakukan pola hidup sehat untuk pemula agar tetap fit, seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (18/12).

Loading...

1. Konsumsi buah dan sayur.

10 Cara pola hidup sehat untuk pemula agar tetap fit freepik.com

foto: freepik.com

Saat kamu memutuskan untuk menjaga cara pola hidup sehat, kamu bisa memulai dengan mengurangi serta menghindari makanan yang bisa menganggu kesehatan tubuh. Misalnya, junkfood, karbohidrat, dan daging bisa kamu hindari. Ganti kebiasaan dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan bergizi baik. Salah satu caranya dengan mulai mengonsumsi sayuran dan buah. Sayuran dan buah-buahan memiliki kandungan yang bisa mencegah berbagai jenis penyakit. Pada buah-buahan juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas yang merusak tubuh.

2. Kurangi konsumsi garam.

10 Cara pola hidup sehat untuk pemula agar tetap fit freepik.com

foto: freepik.com

Kamu salah satu yang doyan makanan rasa asin? Hati-hati loh, sebab kebanyakan sodium bisa menaikkan tingkat tekanan darah tinggi, jantung, hingga penyakit strok. Nggak inginkan masih muda tapi rawan terserang penyakit ini? Sebab tanpa disadari penyakit tersebut telah menjadi salah satu penyebab orang-orang meninggal dunia setiap tahunnya.

Cara pola hidup sehat untuk pemula dengan memperhatikan kandungan garam yang kamu konsumsi. Tiap orang bisa mengonsumsi garam setiap harinya kurang dari 2.300 miligram sodium. Bahkan untuk orang tua di atas 51 tahun ke atas memiliki jumlah maksimal yang lebih rendah, yakni 1.500 miligram.

3. Minum air putih setiap hari.

10 Cara pola hidup sehat untuk pemula agar tetap fit freepik.com

foto: freepik.com

Sebagian orang memang ada yang nggak menyukai air putih, mereka memilih minuman lain seperti teh, sirup ataupun kopi. Padahal air putih begitu penting dibutuhkan organ tubuh manusia. Salah satunya dapat membantu fungsi metabolisme tubuh tetap terjaga. Sebab dengan metabolisme tubuh yang baik akan memaksimalkan kinerja semua organ dalam tubuh termasuk menyingkirkan racun dalam tubuh dan juga melancarkan pencernaan.

Biasanya aktivitas padat juga bisa membuat seseorang akan kehilangan banyak cairan tubuh. Oleh sebab itu minumlah air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya. Sebaiknya kurangi minuman bersoda ataupun minuman yang membutuhkan bahan pengawet.

4. Sempatkan untuk berolahraga.

10 Cara pola hidup sehat untuk pemula agar tetap fit freepik.com

foto: freepik.com

Aktivitas yang satu ini tergolong gampang-gampang susah ya dilakukan. Selain membutuhkan waktu untuk menjalankannya juga dibutuhkan cara yang benar serta waktu yang tepat. Nah, umumnya orang kantoran sering melewatkan aktivitas olahraga. Padahal sebagian besar mereka hanya beraktivitas dengan duduk-duduk saja di depan komputer, tanpa banyak melakukan gerakan fisik.

Olahraga bisa membuat tubuh kita menjadi bugar dan fit. Menurut beberapa sumber, pakar olahraga menyarankan untuk olahraga dalam durasi 150 menit tiap minggunya. Jadi kamu bisa memilih atau mengatur jadwal sesuai kegiatanmu tiap harinya. Pastikan juga jangan terlalu diforsir, sesuaikan tubuhmu dapat menanggung aktivitas fisik tersebut.

5. Tidur cukup setiap hari.

10 Cara pola hidup sehat untuk pemula agar tetap fit freepik.com

foto: freepik.com

Pas kamu begadang semalaman dan paginya harus bekerja, pasti bikin kondisimu saat itu nggak berenergi. Pasalnya kurang tidur atau istirahat cukup bisa membuat metabolisme tubuh menurun dan tubuh kita akan mudah terserang penyakit loh. Nah kalau kamu ingin memulai cara pola hidup sehat harus bisa meninggalkan kebiasaan begadang. Pastikan kamu bisa memiliki waktu istirahat setiap harinya antara 6-8 jam.

6. Hindari stres.

10 Cara pola hidup sehat untuk pemula agar tetap fit freepik.com

foto: freepik.com

Stres memang bisa terjadi pada siapa saja. Beban hidup ini membuat seseorang menjadi stres yang akhirnya bisa membuat sakit kepala, sakit perut, susah tidur hingga meningkatkan tekanan darah tinggi. Sebaiknya kurangilah stres dengan cara merilekskan diri. Misalnya dengan melakukan aktivitas atau hobi yang kamu suka, ataupun bermeditasi untuk mensyukuri dengan apa yang kita punya.