- Manfaat minyak zaitun untuk tubuh.

minyak zaitun untuk wajah, rambut & tubuh © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

25. Bantu turunkan berat badan.

Berat badan berlebih membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Nggak heran jika banyak orang berlomba-lomba mencari cara agar berat badannya bisa turun.

Kamu bisa mencampurkan minyak zaitun ke dalam makanan sehat untuk diet, ataupun meminumnya secara langsung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet Mediterania yang kaya minyak zaitun, memiliki efek dapat membantu menurunkan berat badan.

26. Membersihkan kotoran telinga.

Kebersihan dapat menambah nilai kecantikan seseorang. Untuk itu, kamu perlu menjaga kebersihan bagian-bagian tubuhmu yang cepat kotor. Salah satunya yakni telinga.

Kalau kamu memiliki banyak kotoran telinga yang menumpuk, maka gunakan minyak zaitun untuk membersihkannya. Minyak zaitun akan mengangkat kotoran telinga yang mengerak sehingga mudah keluar. Selama 3-4 malam berturut-turut, teteskan sedikit minyak zaitun di telinga sebelum tidur.

27. Menghilangkan stretch mark.

Minyak zaitun juga bermanfaat untuk menghilangkan stretch mark pasca melahirkan ataupun alami kenaikan berat tubuh. Kamu bisa mengatasi stretch mark dengan pijatan yang memakai minyak zaitun. Gabungan pijatan lembut serta minyak zaitun bisa tingkatkan aliran darah hingga menolong pergantian sel baru.

28. Mengobati gatal-gatal.

Seperti yang telah diketahui, minyak zaitun bersifat anti inflamasi yang berperan aktif untuk mengobati gatal-gatal pada kulit. Selain itu, minyak zaitun dipercaya mampu menyembuhkan luka. Caranya cukup dengan mengoleskan minyak zaitun secara rutin pada area kulit yang bermasalah.

29. Melembutkan kuku.

Kuku adalah satu bagian tubuh yang dapat menunjang penampilan. Nggak heran jika banyak wanita gemar mewarnai kukunya supaya terlihat menarik. Minyak zaitun dapat digunakan untuk merawat kuku, supaya kuku tetap lembut. Caranya, campurkan minyak zaitun dengan madu, kemudian oleskan pada kuku dan kutikula-nya.

Biarkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air dingin, lalu keringkan dengan handuk. Lakukan ini 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

30. Mengatasi kuku kering.

Kuku yang kering akan cepat patah. Hal tersebut tentu akan mengurangi kecantikan kuku. Karena kuku tidak memiliki kandungan minyak dan kelenjar keringat yang banyak, maka kamu perlu tetap menjaga kelembapannya. Sebab, ketika mengalami kekeringan, kuku cenderung akan menjadi rapuh.

Nah, minyak zaitun bisa membantu menjaga kelembapannya. Caranya, pijat kuku dengan minyak zaitun setiap malam hari, lakukan 3 kali seminggu untuk mengobati kuku yang rapuh.

31. Merangsang pertumbuhan kuku.

Minyak zaitun dapat digunakan untuk merangsang pertumbuhan kuku. Caranya, campur minyak zaitu dengan jus tomat. Biotin dalam tomat dapat membantu memaksimalkan pertumbuhan kuku secara alami.

Oleskan campuran ini pada kuku dan kutikula, atau kamu juga bisa merendam kuku dalam campuran ini selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air dingin dan keringkan. Lakukan perawatan ini 2 kali seminggu untuk meningkatkan pertumbuhan kuku.

32. Melunakkan kutikula.

Untuk melunakkan kutikula, oleskan minyak zaitun pada kutikula dan kuku setelah mandi dan sebelum tidur. Lakukan ini setiap hari untuk merawat kuku. Dengan rutin melakukannya, kutikula kuku jadi terlihat lebih cantik.

33. Mencegah pertumbuhan sel kanker.

Pola makan sehat dengan rutin menggunakan minyak zaitun saat mengolah atau sebagai campuran makanan, dapat meningkatkan kadar antioksidan di dalam tubuh.

Antioksidan merupakan zat yang dapat mencegah dan memperbaiki kerusakan sel akibat paparan radikal bebas. Antioksidan juga diketahui dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

34. Mengurangi risiko depresi.

Minyak zaitun dapat melindungi sistem saraf dan dapat berguna untuk mengobati depresi dan kecemasan. Orang yang kerap mengonsumsi lemak trans, yakni merupakan lemak tidak sehat, dapat meningkatkan depresi. Sementara mereka yang mengonsumsi lemak tak jenuh, seperti minyak zaitun, akan menjadi lebih sehat.

35. Mengatasi sembelit.

Sembelit membuat seseorang jadi susah buang air besar. Penumpukan kotoran dalam perut biasanya akan membuat perut terlihat buncit. Untuk mengatasi sembelit, kamu bisa minum 1 sdt minyak zaitun setiap hari selama empat minggu untuk membuat tinja melunak.

Minyak zaitun ini memiliki khasiat sama dengan minyak mineral pelunak tinja pada umumnya. Maka dari itu minyak zaitun bisa mengatasi sembelit secara alami.

36. Mencegah penyakit stroke.

Minyak zaitun bisa mencegah penyakit stroke, dengan cara menambahkan minyak zaitun ke dalam makanan sehari-hari. Minyak zaitun dapat mengurangi risiko stroke dengan melindungi kondisi seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi. Stroke disebabkan oleh gangguan darah ke otak, baik karena gumpalan darah atau pendarahan.

Menurut studi Lipids in Health and Disease tahun 2014, risiko terkena penyakit stroke bisa dikurangi dengan rutin mengonsumsi minyak zaitun. Pada studi awal, menjaring 841 ribu orang sebagai responden dan hasilnya didapati bahwa minyak zaitun yang mengandung sumber lemak tak jenuh tunggal dikaitkan dengan penurunan risiko stroke.

37. Menyehatkan jantung.

Salah satu senyawa yang berperan dalam mendukung kesehatan jantung adalah asam oleat, sejenis lemak tak jenuh tunggak yang ditemukan dalam jumlah tinggi minyak zaitun. Minum satu sendok setiap hari berisiko lebih rendah terkena penyakit jantung. Minyak zaitun menurunkan peradangan, mencegah kolesterol, memperbaiki lapisan pembuluh darah dan membantu mencegah pembekuan darah.

Dalam studi Clinical Nutrition yang dipublikasi pada tahun 2004 silam, mengatakan bahwa manfaat minyak zaitun adalah untuk menurunkan tekanan darah. Adapun menurunkan tekanan darah menjadi salah satu faktor yang berisiko menyebabkan penyakit jantung dan kematian dini.

38. Membantu menstabilkan gula darah.

Minyak zaitun mampu menstabilkan gula darah dan sensitivitas insulin. Efek tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan menurunkan kadar glukosa darah. Untuk membantu menstabilkan kadar glukosa di dalam darah, dengan cara memperlambat proses pencernaan di dalam perut. Hal tersebut membantu supaya glukosa terdistribusi dengan lebih merata di dalam darah.

Cara menggunakan minyak zaitun untuk menstabilkan gula darah bisa dengan berbagai teknik memasak yang digunakan sebagai pengganti dari minyak goreng.

39. Melindungi dari radang usus.

Radang usus atau kolitis ulserativa merupakan radang usus yang memicu tukak atau luka pada usus besar dan rektum. Salah satu pemicunya adalah ketidakseimbangan bakteri atau mikrobiota di usus. Kandungan Hidroksitirosol dan oleuropein pada minyak zaitun membantu mengendalikan jumlah mikrobiota itu sekaligus mengurangi peradangan pada usus.

Beberapa peneliti dari School of Medicine, University of East Anglia, di Inggris, mengikuti perkembangan lebih dari 25.000 orang, yang berusia 40-65 tahun, antara 1993 dan 1997. Tak seorang peserta pun menderita radang usus besar pada awal studi tersebut. Hingga 2002, 22 peserta terserang penyakit radang itu. Setelah penelitian tersebut selesai, para peneliti mengambil kesimpulan bahwa orang yang makanan mereka kaya akan "oleic acid" (asam oleat yang biasanya banyak ditemukan dalam minyak zaitun) memiliki kemungkinan jauh lebih kecil untuk terserang radang usus besar.

"`Oleic acid` tampaknya membantu mencegah perkembangan radang usus besar dengan memblok bahan kimia di usus besar yang menambah parah radang yang terdapat pada penyakit tersebut," kata pemimpin studi itu Dr. Andrew Hart di University of East Anglia.

40. Menurunkan risiko osteoporosis.

Minyak zaitun dapat membantu penyerapan kalsium dan memainkan peran penting dalam membantu penderita dan mencegah timbulnya osteoporosis. Dalam mengonsumsi minyak zaitun yang tinggi akan memberikan mineral dan menghindari pengapuran tulang.

Hasil penelitian yang telah dilakukan ini menunjukkan bahwa kejadian osteoporosis di Mediterania lebih rendah dibandingkan di Eropa. Hal ini bisa dimungkinkan, karena banyaknya konsumsi buah dan sayuran serta minyak zaitun sebagai faktor pendukung. Traditional Mediterranean Diet ini juga telah tercatat dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism reports.

“Asupan minyak zaitun berhubungan dengan pencegahan osteoporosis pada percobaan di laboratorium,” ungkap Jose Manuel Fernandez-Real, seorang pemimpin penelitian dari Hospital Dr. Josep Trueta in Girona, Spanyol.

Sebanyak 127 responden pria yang terlibat usianya sekitar 55 tahun - 80 tahun. Mereka dipilih secara acak dan dipantau konsumsi dietnya selama dua tahun. Pengontrolan ini juga bertujuan untuk menilai efek dari diet Mediterania pada pencegahan penyakit kardiovaskular.

"Studi acak yang pertama ini telah menunjukkan bahwa minyak zaitun dapat melindungi tulang,” tambah Fernandez-Real.