Brilio.net - Membahas soal kunyit, ternyata tak hanya sebagai rempah dan bumbu dapur aja lho. Kunyit memiliki banyak manfaat untuk wajah. Warna oren yang dimiliki kunyit berasal dari bahan aktif kurkumin. Hal itu juga membuat kunyit dianggap sebagai rempah yang memiliki kandungan anti inflamasi yang sangat tinggi.

Dilansir dari Healthline, kunyit memiliki banyak sekali manfaat untuk kulit, mulai dari eksim, jerawat, hingga untuk menyembuhkan luka. Kunyit juga mengandung antioksidan kurkumin yang dapat memudarkan pigmentasi.

Sebenarnya, sudah sejak lama kunyit dijadikan sebagai pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah jerawat, namun seiring perkembangan zaman, banyak orang khususnya kaum wanita ingin memiliki wajah yang cantik dan bersih dalam waktu yang instan. Namun terkadang penggunaan bahan kimia juga dapat membuat kulit wajah menjadi rusak.

Menggunakan kunyit untuk kecantikan bisa jadi pilihan kalau kamu memiliki alergi terhadap bahan kimia. Kali ini brilio.net akan merangkum manfaat kunyit dan cara penggunaannya. Apa saja yah? Berikut ulasannya seperti dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (8/1).

1. Menghilangkan bekas jerawat

Manfaat kunyit untuk wajah ©

foto: Freepik/wayhomestudio

Masalah jerawat sering kali dialami oleh masyarakat. Munculnya jerawat biasanya diakibatkan karena polusi, hormon, dan juga gaya hidup yang tidak sehat. Munculnya jerawat pastinya menimbulkan bekas bercak hitam yang sangat mengganggu. Namun kamu nggak perlu khawatir, kamu bisa menghilangkan bekas jerawat dengan ramuan kunyit.

Kunyit memiliki kandungan anti inflamasi yang dapat membersihkan pori-pori di wajah. Caranya, campurkan sedikit kunyit, yogurt dan air mawar. Aduk hingga rata seperti pasta, kemudian oleskan di wajah. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin.

2. Mengurangi kerutan wajah

Manfaat kunyit untuk wajah ©

foto: Freepik/valuavitaly

Munculnya garis halus di wajah salah satu tanda penuaan dini. Orang yang mengalami ini pastinya sering merasa tidak percaya diri. Namun tak perlu khawatir, kamu bisa mengurangi kerutan di wajah dengan kunyit. Tak hanya itu, bahan aktif dalam kunyit juga dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit lebih kenyal.

Caranya kamu bisa mencampurkan susu, bubuk almond, dan sedikit kunyit sampai menghasilkan pasta. Setelah itu oleskan secara merata pada kulit wajah yang sudah dibersihkan secara merata dan diamkan selama 15-20 menit. Cuci bersih dengan air dingin dan keringkan dengan handuk. Lakukan dua kali dalam seminggu.

3. Mengatasi minyak pada wajah

Manfaat kunyit untuk wajah ©

foto: Freepik/cookie_studio

Wajah berminyak disebabkan karena produksi sebum yang berlebih. Wajah berminyak rentan mengalami masalah jerawat seperti komedo dan jerawat. Namun tak perlu khawatir kamu bisa mengatasi masalah kulit berminyak deng kunyit.

Kunyit dianggap sebagai bahan aktif yang dapat mengatasi masalah minyak di wajah. Kamu bisa menggunakan bubuk cendana, air mawar dan sejumput kunyit. Kemudian campurkan semua bahan hingga memiliki konsistensi seperti pasta. Oleskan pada wajah selama 15 menit dan bilas dengan air dingin.

4. Melembapkan kulit

Manfaat kunyit untuk wajah ©

foto: Freepik/master1305

Kunyit kaya akan bahan aktif dan vitamin yang dapat melembapkan kulit. Sebab di tengah cuaca yang tidak menentu ini permasalahan kulit kering sering dialami oleh banyak orang. Kulit kering akan menimbulkan wajah menjadi lebih kusam dan tidak sehat.

Kunyit dipercaya mampu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh sehingga dapat menjaga elastisitas kulit. Kulit pun akan lebih kenyal dan lembap.

Kamu bisa mencampurkan susu, bubuk almond, dan sedikit bubuk kunyit, kemudian Aduk hingga rata. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Bersihkan dengan kain bersih.

5. Mengatasi kulit sensitif

Manfaat kunyit untuk wajah ©

foto: Freepik/freepik

Beberapa orang memiliki kulit sensitif yang tidak cocok menggunakan produk kecantikan. Hal itu pun membuat mereka merasa dilema, ingin tampil cantik namun terkendala dengan kulit yang sensitif. Sebab orang yang memiliki kulit sensitif saat menggunakan makeup akan mengalami masalah kulit seperti kemerahan, gatal-gatal, hingga iritasi.

Kamu bisa mengatasi masalah itu dengan membuat ramuan kunyit dan lidah buaya. Lidah buaya dipercaya mampu mengatasi masalah kulit sensitif dan mengurangi peradangan. Kandungan antioksidan di dalamnya membantu menghaluskan kulit.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa mencampur yoghurt, gel lidah buaya segar, dan sejumput bubuk kunyit hingga membentuk pasta. Kemudian oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 20 menit. Gunakan dua kali seminggu.

6. Membuat wajah lebih glowing

Manfaat kunyit untuk wajah ©

foto: Freepik/drobotdean

Kandungan antioksidan dan anti inflamasi pada kunyit dapat membantu kulit menjadi lebih sehat. Bahan aktif lainnya pada kunyit juga mampu menyegarkan kulit dan membuat wajah lebih glowing.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa mencampurkan sedikit greek yogurt, madu, dan kunyit. Kemudian oleskan ke seluruh wajah. Diamkan masker selama 15 menit sebelum dibilas.

7. Mengobati luka

Manfaat kunyit untuk wajah ©

foto: Freepik/freepik

Kunyit juga mampu mengobati luka di wajah terutama luka jerawat. Tak karang luka jerawat ini mengakibatkan peradangan. Kandungan anti inflamasi pada kunyit dapat mengatasi masalah peradangan akibat jerawat.

Caranya kamu bisa mencampurkan satu sendok teh kunyit dengan gel lidah buaya. Adul hingga menjadi pasta kemudian oleskan di area wajah yang memiliki luka. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air dingin.

8. Menyamarkan flek hitam

Manfaat kunyit untuk wajah ©

foto: Freepik/diana.grytsku

Manfaat kunyit untuk wajah selanjutnya adalah dapat menyamarkan flek hitam. Munculnya flek hitam di wajah sangat mengganggu. Flek hitam di wajah disebabkan paparan sinar matahari.

Sebuah studi yang dipublikasikan tahun 2018 menemukan bahwa kandungan antioksidan pada kunyit dapat memperbaiki kerusakan kulit. Antioksidan dapat mencegah radikal bebas seperti polusi dan sinar UV mempengaruhi elastisitas kulit. Kulit kamu akan kembali sehat dan kenyal.

Kamu bisa membuat masker kunyit dengan mencampurkan empat sendok makan gel lidah buaya dengan 10 tetes minyak atsiri kunyit dan satu sendok teh minyak argan. Setelah itu, aplikasikan ke wajah sebelum waktu tidur dan bilas di pagi hari. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

9. Mengatasi hirsutisme

Manfaat kunyit untuk wajah ©

foto: Freepik/freepik

Manfaat kunyit untuk wajah juga bisa sebagai hirsutisme. Hirsutisme sendiri merupakan kondisi seseorang kelebihan hormon androgen, dimana tumbuhnya rambut halus secara berlebihan di wajah. Kondisi ini juga tak melulu karena hormon, tapi juga bisa disebabkan oleh genetik.

Kamu bisa menghilangkan hirsutisme dengan menggunakan masker kunyit, caranya campurkan yoghurt dan jus lemon secukupnya ke permukaan wajah. Diamkan selama 10 menit hingga masker terasa kering dan bilas wajah menggunakan air hangat.

10. Menyamarkan lingkar hitam

Manfaat kunyit untuk wajah ©

foto: Freepik/freepik

Munculnya mata panda disebabkan karena kamu sedang kurang tidur, stress, atau dehidrasi. Orang-orang yang memiliki mata panda pastinya menurunkan rasa percaya diri.

Kamu bisa mengatasi masalah mata panda dengan kunyit. Kandungan anti inflamasi pada kunyit bisa mencerahkan kulit.

Campurkan satu sendok makan madu dengan satu sendok teh kunyit. Aduk hingga memiliki konsistensi seperti pasta. Oleskan pada area di bawah mata. Pastikan tidak mengenai bagian mata. Diamkan selama 10-15 menit. Bilas dengan air.

(brl/guf)

(brl/guf)