Brilio.net - Memiliki kecantikan yang terpancar adalah impian setiap wanita. Nggak heran jika kaum hawa biasanya memperhatikan penampilannya dari ujung rambut hingga ujung kaki agar selalu terlihat menarik.

Di era modern ini, banyak klinik-klinik kecantikan yang menawarkan berbagai perawatan. Namun, untuk merasakan perawatan di klinik kecantikan, tak jarang seorang wanita harus merogoh kocek lebih dalam. Jika kamu adalah salah satu orang yang merasa perawatan tersebut tak ramah untuk kantong, jangan bersedih. Kamu bisa melakukan perawatan sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami.

Salah satu bahan yang dapat digunakan untuk merawat kecantikan yakni kunyit. Selain digunakan sebagai bumbu dapur, kunyit dapat dijadikan bahan utama sebagai perawatan kecantikan. Kunyit memiliki jumlah antioksidan yang sangat kaya, sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antijamur, membuatnya bekerja lebih baik dari kebanyakan obat yang dijual bebas.

Kunyit memiliki komponen bioaktif yang disebut kurkumin. Kurkumin memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang baik untuk kulit. Karena itulah, kunyit sangat sering dijadikan masker. Lalu, apa saja manfaatnya? Berikut 10 manfaat kunyit untuk kecantikan dan cara pemakaiannya, dirangkum brilio.net dari

1. Menyamarkan bekas jerawat.

Manfaat kunyit untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Salah satu masalah wajah adalah jerawat dan juga bekasnya. Kamu nggak perlu khawatir, karena kunyit bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi masalah jerawat kamu. Tak hanya itu saja, kualitas anti-inflamasi kunyit dapat membersihkan pori-pori dan menenangkan kulit.

Kamu bisa mengombinasikan kunyit dan yogurt untuk menghilangkan bekas jerawat, luka dan sebagainya. Cara pemakaiannya, campur yogurt, air mawar dan sejumput kunyit. Aduk rata hingga membentuk pasta yang lembut. Oleskan ke seluruh wajah. Biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin. Gunakan seminggu sekali

2. Mengurangi kerutan wajah.

Manfaat kunyit untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Garis-garis halus di area wajah mulai terlihat? Tidak perlu khawatir, karena kandungan aktif yang terdapat pada kunyit diyakini bisa memperbaiki tekstur kulit secara menyeluruh, termasuk mengurangi munculnya kerutan.

Tak hanya itu, kunyit juga dipercaya efektif meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh yang dapat menjaga elastisitas kulit sehingga kulit akan tetap kencang.

Kamu bisa mencampurkan susu dan bubuk almond dengan kunyit untuk mendapatkan manfaat masker kunyit untuk wajah dalam mengatasi kulit kering dan kerutan.

Susu dapat membantu untuk menghidupkan kembali kulit kering dan meningkatkan pertumbuhan jaringan, yang mengurangi kemungkinan penuaan dini. Sementara almond menambah kelembapan pada kulit dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, campurkan susu, bubuk almond, dan sedikit kunyit sampai menghasilkan pasta. Jika terlalu tebal, kamu dapat menambahkan susu lagi. Oleskan secara merata pada kulit bersih di seluruh wajah dan biarkan selama 15-20 menit. Bersihkan dengan kain bersih dan hangat. Akhiri dengan percikan air dingin. Lembapkan dengan krim pelembap setelahnya. Ulangi seminggu sekali secara rutin.

3. Mengatasi minyak pada wajah.

Manfaat kunyit untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Kulit berminyak bisa menjadi munculnya masalah kulit lainnya, seperti komedo dan jerawat. Kunyit dikenal untuk mengatur produksi sebum yang berlebihan. Kamu bisa menjadi kunyit sebagai masker wajah.

Kamu bisa memadukan kunyit dengan bubuk cendana, karena untuk kulit berminyak dua paduan ini bekerja dengan sangat baik. Untuk mengatasi kulit berminyak, kamu bisa memakai masker dari kunyit. Caranya, tambahkan bubuk cendana dan sejumput bubuk kunyit dalam mangkuk. Campurkan semuanya dan buat pasta dengan menambahkan air mawar. Oleskan dan simpan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Gunakan ini beberapa kali seminggu.

4. Mengatasi ketombe.

Manfaat kunyit untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang kerap menyerang seseorang. Nggak perlu khawatir, kunyit dipercaya bisa mengatasi masalah ini dengan baik. Beberapa studi mengungkapkan bahwa kandungan nutrisi pada kunyit mampu membunuh kuman penyebab ketombe dengan baik.

Cara menggunakan kunyit sebagai obat ketombe sendiri sangat mudah. Campur bubuk kunyit bersama minyak zaitun lalu terapkan di kulit kepala. Diamkan selama 15 menit lalu keramaslah seperti biasa. Dengan melakukan cara ini secara teratur, maka kamu bisa dapatkan rambut sehat dan bebas dari masalah ketombe.

5. Mencegah rambut rontok.

Manfaat kunyit untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Kunyit mengandung banyak nutrisi luar biasa yang sangat baik dalam melindungi rambut dari masalah kerontokan, kerapuhan dan masalah rambut bercabang.

Cara menggunakan kunyit untuk mencegah rambut rontok sendiri sangatlah mudah. Campurkan kunyit bubuk atau kunyit yang telah dihaluskan dengan minyak kelapa atau minyak zaitun. Gunakan sebagai masker rambut menyeluruh ke kulit kepala dan rambut.

Dimakan kira-kira selama 20 menit lalu keramas dengan shampo seperti biasa. Setelah keramas, gunakan minyak kelapa sebagai minyak rambut dan biarkan rambut kering. Lakukan cara ini secara teratur dan kamu bisa mendapatkan rambut sehat bebas dari masalah rontok.

6. Mewarnai rambut secara alami.

Manfaat kunyit untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Warna kuning pada kunyit dipercaya sebagai warna alami yang akan membuat rambut menjadi lebih indah. Warna alami pada kunyit akan membuat rambut menjadi berwarna cokelat terang yang cantik dan mengesankan.

Cara mewarnai rambut dengan kunyit sendiri sangat mudah. Campur kunyit bubuk dengan sedikit air hingga membentuk pasta lalu gunakan sebagai masker pada rambut. Diamkan selama kurang lebih 1 jam lalu bilas rambut dengan air. Lakukan cara ini secara teratur untuk membuat rambut terlihat berwarna merah kecokelatan.

7. Membantu mencukur bulu.

Manfaat kunyit untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Jika kamu ingin mencukur bulu yang ada di tubuh atau menyingkirkan rambut mengganggu di wajah, kunyit juga dapat membantu. Untuk menghilangkan rambut yang tak diinginkan pada tubuh, campurkan kunyit dengan tepung dan air, aplikasikan dengan gerakan melingkar untuk membantu menghilangkan bulu atau rambut yang mengganggu.

8. Menyembuhkan luka bakar.

Manfaat kunyit untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Tampilan luka bakar seperti terkena knalpot pada kaki sering kali membuat seseorang tidak percaya diri. Jika kamu mengalami luka bakar ringan, kunyit juga dapat mengatasi masalah ini. Kurkumin atau senyawa yang ditemukan di dalam kunyit dapat diaplikasikan pada luka.

Campurkan bubuk kunyi dengan gel lidah buaya yang tidak mengandung alkohol, oleskan ke luka bakar, diamkan, kemudian bilas dengan lembut. Ulangi cara ini sesuai kebutuhan.

9. Mengatasi kulit kering.

Manfaat kunyit untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Kandungan aktif yang terdapat pada kunyit dinilai mampu memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan, seperti mengatasi kulit kering. Ketika kulit dalam kondisi kering dan kurang lembap, maka akan memicu munculnya garis-garis halus pada kulit.

Kunyit dipercaya efektif dalam meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh sehingga dapat menjaga elastisitas kulit sehingga kulit akan tetap kencang.

Kamu bisa mencampurkan susu dan bubuk almond dengan kunyit untuk mengatasi kulit kering dan kerutan. Susu akan membantu menghidupkan kembali kulit kering dan meningkatkan pertumbuhan jaringan, sehingga dapat mengurangi kemungkinan penuaan dini. Sementara almond, dapat menambah kelembapan pada kulit dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

Oleskan pasta kunyit dan susu secara merata pada kulit bersih di seluruh wajah dan biarkan selama 15-20 menit. Bersihkan dengan kain bersih dan hangat. Akhiri dengan percikan air dingin. Lembapkan dengan krim pelembap setelahnya. Ulangi seminggu sekali secara rutin.

10. Baik untuk kulit sensitif.

Manfaat kunyit untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Beberapa orang yang memiliki kulit sensitif tentu akan merasa bingung menjadi produk kecantikan yang aman untuk kulitnya. Kulit sensitif sangat sulit untuk dirawat karena mudah alergi terhadap sebagian besar produk kosmetik. Kemerahan, peradangan, dan gatal-gatal adalah beberapa tanda kulit sensitif yang umum.

Kunyit yang dicampur dengan lidah buaya akan sangat bermanfaat untuk kulit sensitif karena dapat menenangkan dan mengurangi peradangan. Lidah buaya mengandung sifat antioksidan yang membantu menghaluskan kulit. Ini sangat membantu untuk ruam, luka bakar, dan kulit yang teriritasi.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, campur yoghurt, gel lidah buaya segar, dan sejumput bubuk kunyit hingga membentuk pasta. kemudian oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 20 menit. Gunakan beberapa kali seminggu, atau setiap kali terjadi iritasi.