Brilio.net - Di Indonesia banyak tumbuhan yang bisa diolah menjadi minyak. Salah satunya yakni minyak jarak. Minyak jarak adalah minyak nabati serbaguna yang sudah digunakan sejak lama. Minyak ini dibuat dengan mengekstraksi minyak dari biji tanaman Ricinus communis. Biji ini juga dikenal sebagai biji jarak.

Minyak jarak juga bisa disebut castor oil. Minyak jarak biasanya digunakan sebagai bahan campuran sabun mandi, minyak pelumas, dan ramuan tradisional untuk menginduksi persalinan pada ibu hamil.

Di Indonesia, minyak jarak telah digunakan ribuan tahun lamanya sebagai pengobatan herbal dan perawatan kulit. Beberapa penelitian juga sudah membuktikan bahwa minyak jarak mengandung senyawa aktif yang berperan penting dalam produksi kolagen, sehingga mampu melembapkan kulit.

Minyak jarak adalah minyak yang multifungsi karena banyak memiliki manfaat, mulai menjaga kesehatan hingga merawat kecantikan. Berikut 10 manfaat minyak jarak untuk kesehatan dan kecantikan, dirangkum brilio.net dari timesofindia.indiatimes.com dan sumber lainnya pada Rabu (16/6).

1. Meningkatkan kekebalan.

minyak jarak untuk kesehatan & kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Bagi mereka yang mengikuti naturopati, minyak jarak memperkuat sistem kekebalan dengan meningkatkan sel darah putih sehingga dapat melawan infeksi.

Minyak jarak juga terbukti meningkatkan jumlah sel T-11 (sejenis sel darah putih) dan produksi limfosit dalam darah dalam beberapa jam setelah aplikasi. Hal ini membuat tubuh memproduksi lebih banyak antibodi serta membunuh virus, jamur, bakteri, dan sel kanker.

Selain itu, minyak jarak juga meningkatkan aliran darah, kesehatan kelenjar timus dan drainase limfatik.

2. Meningkatkan sirkulasi.

minyak jarak untuk kesehatan & kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Minyak jarak telah terbukti membantu meningkatkan sirkulasi aliran darah. Sistem peredaran darah sangat penting untuk membuat manusia tetap hidup dengan membawa oksigen ke sel-sel tubuh. Karena dapat meningkatkan sirkulasi darah, minyak jarak sering digunakan untuk menginduksi persalinan.

Banyak wanita hamil diberikan minyak jarak secara oral, untuk menginduksi persalinan dengan mendorong kontraksi rahim. Asam risinoleat dalam minyak jarak dapat mengaktifkan reseptor prostanoid EP3 di rahim, sehingga membantu persalinan. Namun, tidak dianjurkan dalam banyak kasus, karena membuat wanita merasa mual.

3. Mencegah sembelit.

minyak jarak untuk kesehatan & kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Minyak jarak juga bermanfaat sebagai pencahar. Ketika diminum, asam risinoleat dilepaskan di usus dan kemudian mulai berfungsi sebagai pencahar.

Panas yang dihasilkan oleh minyak jarak memulai tindakan dengan membantu proses pencernaan dan membersihkan sistem dengan membantu pergerakan usus yang tepat.

4. Menurunkan gejala radang sendi.

minyak jarak untuk kesehatan & kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Dari zaman kuno, minyak jarak digunakan sebagai pengobatan alami untuk nyeri arthritis, peradangan, dan nyeri sendi. Minyak jarak memiliki sifat anti-inflamasi alami yang dapat digunakan untuk minyak pijat, yang dapat dioleskan pada otot dan persendian yang sakit.

Kamu dapat mencoba memijat daerah yang terkena radang sendi dengan minyak jarak diikuti kompres air panas. Jika mengikuti latihan ini selama seminggu, kamu akan merasakan rasa sakit yang berkurang dalam beberapa waktu.

5. Mengatasi ujung rambut yang kering dan bercabang.

minyak jarak untuk kesehatan & kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Castor oil mengandung pelembap alami dan memiliki konsistensi yang cukup pekat, sehingga cocok digunakan sebagai 'obat' untuk rambut bercabang dan kering.

Kamu cukup mengoleskan sedikit minyak jarak pada ujung rambut yang kering dan bercabang. Lakukan setiap hari hingga ujung rambut kembali sehat.

6. Membuat rambut lebih kuat dan tebal.

minyak jarak untuk kesehatan & kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Minyak jarak sangat baik untuk merawat kesehatan dan kecantikan rambut. Menggunakan minyak jarak dua kali seminggu dapat membantu rambut tumbuh lebih cepat, lebih kuat, lebih berkilau, dan lebih tebal.

Untuk mendapat manfaat tersebut, kamu bisa mencampurkan 1 sdm minyak jarak dengan 1 sdm minyak zaitun serta 1/2 air lemon. Kemudian oleskan masker pada akar rambut dan diamkan 30 menit, lalu bilas dengan shampo.

7. Mengurangi ketombe.

minyak jarak untuk kesehatan & kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Minyak jarak memiliki asam lemak omega-6 yang masuk ke akar rambut dan meningkatkan sirkulasi. Sifat antijamur dan antibakteri dari minyak jarak juga dapat membantu menghilangkan ketombe dan menyembuhkan infeksi kulit kepala.

Cara mengatasi ketombe dengan minyak jarak yakni dengan cara mencampurkan 1 sdm minyak jarak dengan 1 sdm minyak zaitun serta 1/2 air lemon. Kemudian oleskan masker pada akar rambut dan diamkan 30 menit, lalu bilas dengan air dan lanjutkan dengan shampo.

8. Mengatasi rambut rontok.

minyak jarak untuk kesehatan & kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Salah satu masalah rambut yang kerap dialami oleh banyak orang yakni kerontokan. Minyak jarak sangat baik untuk mengontrol rambut rontok. Caranya, campur minyak jarak dan minyak zaitun dalam takaran 4:6. Kemudian oleskan dua kali dalam seminggu. Kamu akan melihat perubahannya dalam kurun waktu 2 bulan.

9. Mengatasi bibir kering.

minyak jarak untuk kesehatan & kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Memiliki bibir hitam dan kering tentu sangat mengganggu penampilan dan membuat tidak percaya diri. Tak heran, jika lipstik menjadi salah satu produk makeup yang tak pernah ketinggalan digunakan para wanita.

Ada beberapa kebiasaan yang sering membuat bibir terlihat hitam dan kering. Seperti mengutip dari Healthline, penyebab bibir hitam yang sering terjadi karena sering mengonsumsi kafein, merokok, dan paparan sinar matahari. Selain itu, obat-obatan anti biotik juga bisa meningkatkan risiko bibir menjadi hitam dan kering.

Namun jangan khawatir, ada banyak cara menghilangkan bibir hitam dengan bahan alami, salah satunya dengan minyak jarak. Minyak jarak mengandung emolien yang sangat baik untuk kulit kering. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan minyak jarak pada bibir yang hitam atau kering.

10. Melembapkan kulit.

minyak jarak untuk kesehatan & kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Manfaat minyak jarak untuk wajah selanjutnya, yaitu dapat melembapkan kulit. Minyak jarak memiliki kandungan emolien yang berperan penting untuk mencegah kulit kering atau kulit mengelupas.

Tak hanya itu, jenis minyak ini juga mempunyai sifat humektan yang dapat menarik uap air dari udara ke dalam kulit dan menjaga kelembapan kulit.

Cara mendapatkan manfaat minyak jarak untuk melembapkan kulit cukup mudah, oleskan minyak jarak pada area kulit kering. Dengan menggunakan jenis minyak ini secara rutin dan teratur, maka kesehatan kulit akan terjaga.