Brilio.net - Garam merupakan salah satu bumbu dapur yang sangat penting. Masakan akan terasa hambar jika tidak diberi garam sebagai penyeimbang rasa. Tak hanya itu, garam yang dicampurkan ke dalam masakan juga akan melengkapi asupan nutrisi pada tubuh.

Namun, taukah kamu jika tidak semua jenis garam dapat dijadikan sebagai bumbu dapur? Salah satu garam yang tidak dapat dijadikan sebagai bumbu dapur adalah garam Inggris atau sering disebut dengan garam Epsom. Garam ini berasal dari Epsom, Surrey, Inggris. Garam Inggris biasanya digunakan sebagai campuran air untuk berendam.

Banyak orang menggunakan garam Inggris untuk meredakan nyeri otot, meredakan ketegangan, dan mengobati kondisi kulit seperti jerawat. Garam Inggris mengandung magnesium dan sulfur, dengan rasa yang pahit. Ketika dilarutkan dalam air, garam akan melepaskan ion magnesium dan sulfat yang kemudian akan diserap oleh kulit. Karena biasanya digunakan untuk berendam, garam Inggris memiliki manfaat untuk menjaga dan merawat kecantikan tubuh.

Kamu bisa melarutkan garam Epsom ke dalam air mandi, dan menggunakannya untuk berendam. Gunakan dua cangkir saja, dan kamu bisa berendam selama minimal 15 menit untuk mendapatkan manfaatnya. Ada pun beberapa manfaat lainnya dari garam Inggris untuk merawat kecantikan tubuh seperti yang dilansir brilio.net dari healthline dan sumber lainnya pada Senin (24/8).

1. Mengobati jerawat di wajah.

Garam inggris untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik

Jerawat adalah kondisi kulit yang ditandai dengan jerawat, komedo, dan komedo putih. Ini terjadi ketika minyak, kotoran, dan sel kulit mati menyumbat folikel rambut. Beberapa orang menggunakan garam Inggris untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan pada jerawat.
Menggunakan garam Inggris untuk jerawat dapat membantu meringankan peradangan dan mengurangi pembengkakan. Ini juga dapat membantu mengelupas kulit mati dan melonggarkan komedo.

2. Menghilangkan jerawat pada tubuh.

Garam inggris untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik

Garam Inggris untuk jerawat tubuh adalah dengan cara mandi garam garam Inggris. Coba tuangkan satu cangkir garam Inggris ke dalam bak mandi air hangat dan rendam selama 20 menit. Bilas dengan sabun lembut dan air hangat.

3. Dapat mengeksfoliasi kulit.

Garam inggris untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik

Tekstur garam Inggris yang kasar dapat membantu pengelupasan kulit dengan cara mengangkat sel kulit mati. Caranya dengan mencampurkan garam Inggris dengan minyak zaitun atau minyak almond sampai membentuk pasta. Kemudian oleskan pasta garam tersebut pada kulit dengan gerakan memutar selama beberapa menit. Setelah itu bilas kulit dengan air hangat.

4. Mengurangi selulit.

Garam inggris untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik

Garam Inggris dapat mendetoksifikasi aliran darah dan mencerahkan warna kulit. Tak hanya itu, garam Inggris juga dapat mengurangi selulit.

Hal ini dikarenakan garam Inggris dapat mengurangi retensi air dan memecah sel lemak lama yang menyebabkan selulit. Caranya dengan mencampurkan 1 cangkir garam Inggris, 1/2 cangkir minyak kelapa, dan beberapa tetes minyak esensial, kemudian oleskan pada bagian kulit yang berselulit.

5. Merawat tumit yang kering.

Garam inggris untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik

Tumit sering kali mengalami pecah-pecah karena kondisi kulit yang kering. Garam Inggris dapat digunakan untuk merawat tumit yang kering dan pecah-pecah. Caranya sangat mudah, cukup renda, kaki dalam ember yang sudah diberi larutan air garam Inggris. Gunakan air hangat untuk melarutkan garam tersebut, kemudian gosok-gosok tumit sampai beberapa menit.

6. Mencegah penuaan dini.

Garam inggris untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik

Garam Inggris kaya akan antioksidan yang mencegah penuaan dini. Membuat lotion atau pelembab sendiri akan membantu mengurangi garis-garis halus dan kerutan pada kulit. Caranya yaitu dengan memberi sedikit garam Inggris ke dalam lotionmu kemudian aplikasikan secara rutin pada kulit.

7. Menebalkan rambut.

Garam inggris untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik

Manfaat garam Inggris selanjutnya adalah dapat menebalkan rambut. Hal ini tentu sangat memudahkan kamu yang memiliki masalah rambut rontok sehingga rambut nampak tipis dan tidak bervolume. Keramas dan mencuci rambut dengan garam Inggris ini dapat membantu menambah volume rambut agar terlihat lebih tebal.

Cara menggunakannya mudah saja, campurkan garam Inggris dengan kondisioner, usapkan di kepala, dan biarkan selama 20 menit untuk mendapatkan rambut yang lebih bervolume. Tak hanya itu, garam Epsom juga dipercaya dapat melembapkan rambut dan kulit kepala.

8. Merevitalisasi rambut yang rusak.

Garam inggris untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik

Sangat mudah mengembalikan keindahan dan kesehatan rambut. Beberapa masalah rambut sering kita rasakan seperti kusut, kusam, kering ataupun berminyak.

Bagi mereka yang memiliki rambut berminyak, campurkan garam Inggrid dan shampo dengan proporsi yang sama sebelum dicuci. Jika kamu rentan terhadap rambut kering, tambahkan garam Inggris ke dalam kondisioner. Oleskan campuran dari kulit kepala ke ujung, biarkan selama dua menit, dan bilas hingga bersih.

9. Menyamarkan lingkaran hitam pada sekitar mata.

Garam inggris untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik

Menggunakan garam Inggris adalah obat yang baik dan efektif untuk menyingkirkan kulit kering dan garis-garis halus di sekitar bawah mata yang biasanya akan membuat mata seperti panda karena memiliki lingkaran hitam disekitarnya. Tambahkan sedikit garam Inggris pada krim mata sebelum menerapkannya pada daerah bawah mata kamu setiap hari.

10. Cegah bau mulut.

Garam inggris untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik

Untuk menghilangkan bau mulut dan menjaga kesehatan mulut, garam Inggris dapat digunakan sebagai obat kumur. Larutkan dua sendok makan garam Inggris ke dalam secangkir air hangat. Berkumur dan berkumur seperti yang biasa kamu lakukan dengan obat kumur biasa.