Di Indonesia banyak ditemukan dedaunan yang bisa dijadikan obat herbal, salah satunya yakni daun Afrika. Sesuai namanya, daun ini merupakan tanaman tropis yang tumbuh di beberapa bagian Afrika.

Tanaman dengan nama latin Vernonia Amygdalina ini juga dikenal dengan nama onugbu, oriwo, etidot, ewuro, mululuza, dan ndoleh. Daun Afrika terkenal dengan rasanya yang pahit dan sering disebut sebagai daun pahit. Meski begitu, banyak manfaat yang bisa didapatkan dari daun Afrika.

Dilansir dari healthylifepantry.com, daun dan batang tanaman Afrika ini telah digunakan berabad-abad dalam pengobatan beberapa kondisi medis dan pengobatan tradisional Afrika. Tak hanya sebagai obat, daun Afrika juga dikonsumsi sebagai sayuran dan sering dijadikan sup yang dikenal dengan nama ofe onugbo, dan beberapa jenis makanan lainnya di Afrika.

Tanaman Afrika memiliki khasiat hampir secara keseluruhan, mulai dari batang hingga daunnya ini memiliki khasiat yang luar biasa. Vernonia amygdalina (VA) ini mengandung lebih dari 30 senyawa bioaktif termasuk saponin, terpen, lignan, flavonoid, asam fenolik, steroid, kumarin, antrakuinon, dan xanton.

Meski disebut sebagai daun Afrika, bukan berarti kamu tidak bisa menjumpainya di Indonesia. Masyarakat Indonesia sendiri mulai merasakan beberapa khasiat dari tanaman herbal ini.

Selain untuk kesehatan, rupanya daun Afrika juga bermanfaat untuk kecantikan lho! Nah, penasaran apa saja manfaat dari daun Afrika?

Yuk, simak 17 manfaat daun Afrika untuk kesehatan dan kecantikan, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (29/7).

*

Manfaat daun Afrika untuk kesehatan.

daun Afrika untuk kesehatan dan kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

 


1. Mengatasi malaria.
Daun Afrika dapat menyembuhkan penyakit malaria, yang menyebabkan seseorang mengalami demam tinggi. Hal ini dikarenakan daun Afrika mengandung kina yang bisa mengatasi demam malaria. Namun tetap disarankan ke dokter jika kondisi tak kunjung membaik.


2. Mengatasi cacingan.
Daun Afrika dikenal dapat membunuh parasit jenis lain, yaitu cacing. Beberapa studi membuktikan bahwa ekstrak daun Afrika terlihat dapat membasmi telur dan larva cacing yang dapat menyerang saluran cerna, misalnya cacing gelang dan cacing tambang.


3. Menghambat pertumbuhan sel kanker.
Kanker terjadi ketika ada pertumbuhan abnormal dari beberapa sel dalam tubuh. Sel kanker tumbuh dengan cepat dan berpotensi menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Ekstrak daun Afrika dapat menghambat pertumbuhan sel abnormal dan dapat mencegah atau menunda timbulnya kanker.


4. Mengontrol tekanan darah.
Daun Afrika mengandung antioksidan serta mineral kalium yang cukup tinggi. Kandungan pada dua zat tersebut berperan penting dalam menurunkan tekanan darah dan menjaganya agar tetap stabil.


5. Menurunkan gula darah.
Daun Afrika juga dipercaya dalam menurunkan gula darah dan menjaganya tetap stabil. Tak hanya itu saja, tanaman herbal ini juga dapat memelihara fungsi pankreas dalam menghasilkan insulin dan menjaga efektivitas kinerja hormon.


6. Menjaga kesehatan hati.
Manfaat selanjutnya, daun Afrika dapat menjaga kesehatan hati. Hal ini dikarenakan kandungan zat antioksidan dan antiradang yang dapat menjaga hati dari berbagai penyakit.


7. Sebagai obat diabetes.
Daun Afrika membantu menurunkan gula darah dengan merangsang penggunaan glukosa dalam tubuh, serta dapat mencegah produksi glukosa melalui proses yang disebut glukoneogenesis.

Daun Afrika bahkan dapat memperbaiki kerusakan ginjal, dan dapat mengembalikan fungsi ginjal pada penderita diabetes.


8. Mengobati peradangan.
Daun Afrika dapat digunakan untuk mengobati penyakit radang seperti demam karena malaria, hepatitis, dan infeksi parasit kulit seperti kudis.


9. Menurunkan kolesterol.
Menurut Journal of Vascular Health and Risk Management, daun Afrika dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dalam darah, penurunan terjadi hingga 50 persen dan mampu meningkatkan kadar kolesterol baik.

Perlu diketahui bahwa peningkatan kolesterol HDL dapat berisiko besar terhadap serangan jantung, stroke, dan penyakit Alzheimer.


10. Melawan pneumonia.
Pneumonia merupakan penyakit radang paru-paru, yang mengakibatkan kesulitan bernapas, demam, menggigil, batuk berdahak, dan lainnya. Infeksi ini sering disebabkan oleh bakteri, virus, dan jamur. Kandungan daun Afrika bisa melawan pneumonia secara ampuh.

*

Manfaat daun Afrika untuk kecantikan.

daun Afrika untuk kesehatan dan kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

 


11. Mengatasi jerawat.
Timbulnya jerawat bisa mengurangi penampilan seseorang. Jerawat bisa muncul di mana saja, nggak hanya di area wajah tapi juga bisa di daerah punggung.

Daun Afrika dapat digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi jerawat. Daun Afrika memiliki khasiat mencegah munculnya jerawat dengan cara mengurangi produksi minyak berlebih dan mengecilkan pori-pori.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa menumbuk daun Afrika, kemudian ditempelkan pada wajah selama 10 menit, atau bisa dengan cara lain, yaitu dengan meminum air rebusan daun Afrika setiap hari hingga jerawat membaik.


12. Mencerahkan kulit.
Memiliki kulit cerah menjadi impian setiap wanita. Kamu bisa menggunakan daun Afrika untuk mencerahkan kulit. Daun Afrika diketahui memiliki kandungan vitamin E.

Vitamin E tersebut bisa menjadi alternatif untuk pemenuhan kebutuhan konsumsi harian. Daun Afrika ini juga bisa menjadi solusi untuk keluhan seperti wajah kusam maupun kering dan kasar. Daun Afrika mampu meremajakan kulit dengan menghaluskan, melembapkan, serta memutihkan kulit.


13. Menyuburkan rambut.
Daun Afrika memiliki kandungan protein yang baik untuk menjaga kesehatan rambut. Daun Afrika sangat bagus untuk menyuburkan rambut. Hanya dengan dijadikan masker rambut secara rutin, rambut bisa tumbuh lebih lebat dan lebih subur.

Caranya, oleskan daun Afrika yang sudah dihaluskan pada setiap helai rambut, sekitar 30 menit sebelum mandi. Kemudian bilas dan lanjutkan keramas seperti biasa. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.


14. Menjaga kesehatan gigi.
Gigi yang sehat, putih dan kuat menjadikan senyum seseorang semakin memesona. Daun Afrika mengandung vitamin C yang memainkan peran penting dalam tubuh, termasuk gigi.

Daun Afrika juga mengandung jejak vitamin K yang membantu tubuh menjaga kesehatan gigi sekaligus tulang.


15. Cegah tanda penuaan dini.
Daun Afrika kaya akan kandungan berbagai macam vitamin. Kandungan tersebut merupakan nutrisi yang baik untuk kulit, salah satunya yakni untuk melembapkan kulit. Kulit yang lembap dan tidak kering, dapat mencegah munculnya kerutan halus pada kulit.


16. Meremajakan kulit wajah.
Manfaat daun Afrika yang kedua yaitu efeknya yang mampu meremajakan kulit. Selain bermanfaat untuk mengatasi masalah jerawat, daun Afrika juga berguna untuk kesehatan kulit lainnya.

Daun Afrika ini bisa menjadi solusi untuk keluhan seperti wajah kusam, kering dan kasar, yang kamu miliki. Daun Afrika juga terkenal mampu meremajakan kulit dengan menghaluskan, melembapkan, serta memutihkan kulit.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa menumbuk daunnya, kemudian dijadikan masker selama satu malam. Kemudian kamu bisa membilasnya saat mandi pagi pada keesokan harinya.


17. Mengobati luka.
Bekas luka pada kulit dapat mengurangi kepercayaan diri pada seseorang. Menurut penelitian yang dipublikasikan di Advanced Pharmaceutical Bulletin, daun Afrika dipercaya dapat mempercepat proses pengeringan luka serta memberikan efek menenangkan pada pikiran. Caranya, haluskan daun Afrika kemudian oleskan pada luka, biarkan hingga kering.

*

Cara mengolah daun Afrika.

daun Afrika untuk kesehatan dan kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

 

Biasanya daun Afrika yang akan diolah adalah yang sudah tua. Nah, kamu perlu mencuci bersih sebelum menghaluskannya.

Setelah itu ambil ekstrak daunnya dengan menyaringnya. Lalu air dari perasan tersebut bisa kamu konsumsi secara rutin. Menurut healthylifepantry.com, memanaskan daun Afrika dapat mengurangi nilai gizi ekstraknya, jadi lebih baik dikonsumsi dalam keadaan dingin saja.