Brilio.net - Olahraga di rumah bisa jadi alternatif murah dan lebih efektif untuk turunkan berat badan. Kunci untuk menurunkan berat badan, membakar lemak, dan menjadi sehat adalah olahraga yang rutin dan teratur tiap saat. Namun, jangan lupa pula untuk tetap memperhatikan pola makanan dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Ini adalah faktor terpenting dalam kesehatan, kebugaran, pembakaran lemak, dan penurunan berat badan.

Saat ini olahraga mulai banyak diminati oleh masyarakat baik anak kecil maupun dewasa. Selain dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, olahraga juga bisa membuat tubuh menjadi fit dan sehat.

Banyak jenis olahraga yang efektif dan mudah dilakukan di rumah yang dapat menurunkan berat badan. Berikut ini beberapa latihan fisik yang ampuh turunkan berat badan yang bisa kamu coba, brilio.net lansir dari beberapa sumber, Selasa (23/7).

1. Kettle bells.

Latihan fisik efektif © 2019 brilio.net

Loading...

foto: pixabay

Kettle bells adalah olahraga angkat beban. Ini adalah latihan fisik yang memiliki 2 manfaat sekaligus. Yaitu menawarkan latihan kardio dan kekuatan tubuh. Kalori yang terbakar adalah kalori aerobik (aktivitas yang dapat dipertahankan untuk waktu yang lama) dan latihan anaerob (aktivitas yang tidak dapat dipertahankan untuk waktu lama). Latihan kardio dapat membangun otot. Agar membuat latihan ini terasa menyenangkan adalah dengan membuat latihan secara kelompok menggunakan pemberat.

2. Lompat tali.

Latihan fisik efektif © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Selain sebagai salah satu peralatan olahraga yang murah, manfaatnya juga luar biasa. Lompat tali membantu memperkuat gerak kaki, membangun dan memperkuat punggung dan bahu bagian atas. Selain itu olahraga ini juga meningkatkan koordinasi, dan memungkinkan seseorang membakar sekitar 500 kalori hanya dalam 30 menit.

Olahraga ini dapat dilakukan di mana saja, termasuk saat kamu berwisata kamu juga bisa membawa tali tersebut agar tetap konsisiten membakar lemak saat bepergian.

3. Walking strairs (tak perlu menggunakan alat).

Latihan fisik efektif © 2019 brilio.net

foto:Instagram/@lucho_foncesa83

Seperti kette bell, walking strairs atau memanjat tangga adalah latihan kardio/aerobik dan anaerobik. Panjat tangga membakar lemak dengan menggunakan otot aktif secara metabolik. Ini bermanfaat mengkondisikan dan memperkuat bagian tubuh.

4. Bersepeda.

Latihan fisik efektif © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Bersepeda dimanapun memiliki manfaat yang besar untuk membakar lemak. Intensitas bersepeda harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan berat badan yang idel sesuai keinginan.

Namun pertimbangan untuk melakukan dengan intensitas sangat tinggi selama beberapa menit, kemudian kamu bisa mengurangi intensitasnya selama beberapa menit, dan seterusnya.

5. Push-up.

Latihan fisik efektif © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Push-up bisa dilakukan di mana saja. Latihan ini memberi manfaat seperti perbaikan postur, pengencangan otot seluruh tubuh, memperkuat vitalitas, dan membantu mencegah cedera bahu dan punggung.

Push-up membentuk otot, dan berkontribusi pada tubuh kamu karena bekerja lebih keras dengan menjaga sistem tetap berjalan, sehingga membakar banyak lemak.

6. Jumping jack.

Latihan fisik efektif © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@dominique-zchristin

Latihan ini memaksa kamu untuk melatih semua otot sekaligus. Ini berarti tubuh kamu bekerja secara ekstra keras, menyebabkan meningkatnya detak jantung kamu dan membakar banyak kalori serta lemak.

Jumping jacks dikenal sebagai salah satu latihan kardio terbaik. Karena penggunaan seluruh tubuh, itu adalah salah satu cara tercepat untuk membakar lemak.

7. Squat jumps.

Latihan fisik efektif © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Squat jumps adalah olahraga lompat jongkok yang memberikan manfaat toning yang luar biasa untuk glutes, betis, paha belakang, dan paha depan. Olahraga ini dianggap sebagai latihan plyometrik - suatu latihan yang membangun kekuatan. Dengan lebih banyak kekuatan, kamu dapat menghasilkan kekuatan lebih cepat. Manfaat ini membantu fungsionalitas seiring bertambahnya usia.

8. Mountain climber

Latihan fisik efektif © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@ontrack.club

Mountain climber atau mendaki gunung sangat bagus untuk lemak dalam perut. Ini adalah latihan penguatan inti, menargetkan kekuatan otot pinggul dan bahu. Semakin banyak intensitas yang digunakan, semakin efektif, yang mengarah pada pembakaran lemak lebih besar.

9. Agility ladder.

Latihan fisik efektif © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@pjduggan

Latihan ini bermanfaat meningkatkan kelincahan yang benar-benar murah namun efektif. Selain itu juga memberikan manfaat latihan kardio dan kekuatan otot. Ada berbagai gerakan yang bisa dilakukan seperti berjalan menyamping/mengocok, berbagai melompat, mundur ke belakang, dll.

10. Yoga

Latihan fisik efektif © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Yoga juga menjadi salah satu olahraga yang bisa menurunkan berat badan dengan baik. Meskipun olahraga ini kelihatan sangat sederhana dan hanya berupa gerakan yang lambat saja, tapi terbukti ampuh membakar kalori dalam jumlah yang banyak.