Brilio.net - Penyakit coronavirus (Covid-19) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus baru. Disebut baru karena virus ini belum pernah teridentifikasi sebelumnya terjadi pada manusia. Dilansir dari laman resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), virus ini menyebabkan penyakit saluran pernapasan (seperti flu).

Gejala klinisnya juga hampir sama dengan flu pada umumnya. Seperti batuk, demam, bersin, dan pada kasus yang lebih parah, pneumonia. Sampai saat ini belum ada obat khusus untuk penanganan corona. Para peneliti di dunia hingga kini masih mencari obat apa yang tepat untuk penyembuhannya.

Tercatat sejak dilaporkan muncul pertama kali di Wuhan, China pada Desember 2019 lalu, virus ini sudah menyebar hingga lebih ke 100 negara. Update data Kamis (6/4), tercatat 1,27 orang positif corona di seluruh dunia. Adapun di antaranya jumlah kematian mencapai 69.309 dan 259.810 pasien dinyatakan sembuh.

Untuk wilayah Indonesia, hingga Minggu (5/4) ada pertambahan kasus positif sebanyak 181. Dengan begitu total pasien positif ada 2.273 orang. Sedangkan total pasien meninggal akibat corona bertambah tujuh orang, menjadi total 198 orang. Sementara jumlah pasien sembuh pun juga mengalami kenaikan 14 kasus, jadi total ada 164 orang.

Virus ini memang masih menjadi perhatian masyarakat di berbagai belahan negara, karena cepatnya virus ini bisa menular ke orang lain. Meskipun belum ada obat resminya, setidaknya kamu bisa melindungi diri sendiri agar tidak terpapar. Juga, lindungilah orang yang kamu sayang dari ancaman virus ini. Terlebih lagi buat kamu yang baru saja terpaksa bepergian dari suatu wilayah atau luar kota.

Loading...

Nah, berikut beberapa cara mencegah penularan corona ke keluarga setelah kamu bepergian seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Senin (6/4).

1. Lepas alas kaki.

Cara mencegah corona ke keluarga unplash

foto: unsplash.com

Lepas alas kaki yang sempat kamu pakai keluar sebelumnya. Taruh di luar atau jangan bawa masuk alas kaki itu ke dalam rumah. Cara ini harus kamu lakukan pertama kali sebelum menapakkan kaki di dalam rumah. Sebab, alas kaki yang sempat kamu pakai bisa membawa virus dan bakteri dari luar. Bisa juga berasal dari kotoran kaki saat berkeringat.

2. Masuk rumah tanpa alas kaki.

Cara mencegah corona ke keluarga unplash

foto: freepik.com

Setelah meletakkan alas kaki di luar, kamu bisa masuk rumah tanpa alas. Jangan gunakan kaki untuk memegang benda apapun yang ada di dalam rumah, sebelum kamu mencucinya.

3. Hancurkan masker dan buang ke tempat sampah.

Cara mencegah corona ke keluarga unplash

foto: pixabay.com

Hancurkan masker sekali pakai yang kamu gunakan saat bepergian. Jangan letakkan masker habis pakai di sembarang tempat. Buang bekas masker ke tempat sampah. Menghancurkan masker bisa dengan gunting, lalu masukkan ke kantong plastik, terakhir buang ke tempat sampah. Cara ini dilakukan supaya rumah bebas dari kontaminasi virus dan bakteri yang sempat menempel di masker. Tapi jika kamu memakai masker kain, segera lepas lalu langsung cuci dengan sabun.

4. Buang tanda terima pembelian.

Cara mencegah corona ke keluarga pixabay

foto: pixabay.com

Saat kamu melakukan aktivitas belanja di luar rumah, kamu akan mendapatkan struk belanja. Periksa struk tersebut, kemudian jangan bawa pulang ke rumah. Karena virus dapat menempel beberapa jam pada benda mati, termasuk pada lembaran struk. Buang tanda terima belanja itu ke tempat sampah.

5. Langsung cuci tangan.

Cara mencegah corona ke keluarga pixabay

foto: unsplash.com

Setelah kamu masuk rumah, jangan menyentuh benda apapun terlebih dulu. Terlebih lagi jangan menyentuh anggota keluarga, seperti istri, suami, atau anak. Karena tangan bisa jadi tempat bersarangnya kuman, karena itu segeralah cuci tangan terlebih dulu. Gunakan sabun dan air mengalir setidaknya 20 detik lamanya. Cara ini supaya dapat menghilangkan beragam virus, kuman, dan bakteri dari luar.

6. Mandi sebelum melakukan aktivitas lain.

Cara mencegah corona ke keluarga pixabay

foto: unsplash.com

Setelah kamu selesai bepergian, jangan menyentuh apapun sebelum kamu cuci tangan. Kemudian jangan lupa pula bersihkan seluruh badan dengan mandi. Bersihkan anggota tubuh dari ujung kepala hingga kaki dengan sabun dan air mengalir. Mandi merupakan salah satu cara efektif menghilangkan kuman maupun mencegah paparan virus corona.

7. Semprot disinfektan pada benda yang sempat dibawa pergi.

Cara mencegah corona ke keluarga unplash

foto: unsplash.com

Cara mencegah penularan corona ke keluarga setelah bepergian selanjutnya ialah menggunakan disinfektan. Semprotkan pada benda-benda yang kamu bawa pergi ke luar rumah sebelumnya. Bisa pada pakaian, kacamata, kunci motor atau mobil, pegangan motor atau mobil, alas kaki, ponsel, dan lain sebagainya.

Cara ini supaya beragam benda yang kamu bawa terhindar dari kuman, virus, dan bakteri dari luar. Juga untuk mencegah penularan pada keluarga, jika mereka ingin memakai benda tersebut.

8. Cuci pakaian.

Cara mencegah corona ke keluarga unplash

foto: unsplash.com

Setelah kamu menyemprotkan pakaian kotor dan habis pakai, segeralah cuci pakaian tersebut. Jangan menggantung pakaian itu di kamar, jangan kamu gunakan lagi esok hari. Pakaian itu mungkin saja sudah tertempel virus dari luar. Segera masukkan ke mesin cuci, bilas dengan detergen.

9. Ganti baju sebelum rebahan.

Cara mencegah corona ke keluarga unplash

foto: unsplash.com

Kamu harus mampu memastikan tubuhmu bersih dari virus, supaya tidak mengontaminasi lainnya. Setelah kamu mencuci pakaian habis pakai dan mandi, gunakan baju baru untuk kamu kenakan di rumah. Ganti semua pakaian, dalaman, dan celana.

10. Hindari berbagi barang pribadi.

Cara mencegah corona ke keluarga pixabay

foto: unsplash.com

Setelah kamu bepergian, usahakan untuk menjaga jarak atau mengisolasi diri dari keluarga. Jangan biarkan keluarga terpapar virus yang kamu bawa pulang ke rumah. Cara mudahnya, hindari pemakaian barang pribadi bersama keluarga seperti peralatan makan dan handphone. Terlebih lagi benda yang pernah kamu bawa keluar.