Brilio.net - Memasuki usia 20 an, seorang perempuan sering ditanya kapan menikah. Begitu juga para cowok, sering ditanya tentang pernikahan. Nggak heran jika hal itu terjadi juga di usiamu yang sudah kepala dua. Memang, banyak yang menilai bahwa usia 20 an sebagai usia standar seseorang untuk menikah. Padahal, pada dasarnya menikah itu sendiri semua tergantung kesiapan masing-masing individu. Setuju?

Nah, jika kamu belum mau buru-buru menikah ataupun kamu ternyata masih jomblo, nggak usah sedih atau galau dulu deh. Nih, ada 10 alasan yang akan memberimu gambaran, kenapa nggak perlu buru-buru menikah, seperti yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber.

1. Emosi lebih stabil

nikah matang © 2016 brilio.net-Foto: giphy

Dewasa memang nggak hanya dapat diukur dengan usia. Namun, di usia yang sudah matang emosimu akan lebih stabil. Kamu akan semakin sabar dan tidak mudah tersulut emosi ketika menghadapi kehidupan rumah tangga.

Loading...

2. Semakin menghargai komitmen

nikah matang © 2016 brilio.net-Foto: giphy

Di usia yang sudah matang sesorang akan lebih menghargai komitmen. Pengalaman di masa muda membuat mereka akan benar-benar serius dengan komitmennya.

3. Puas bergaul

nikah matang © 2016 brilio.net-Foto: Instagram

Ngapain sih buru-buru? Usia muda bisa kamu jadikan ajang untuk memperbanyak pergaulan dan bebas hidup sendiri. Kamu tak perlu mematuhi peraturan siapapun dan bisa bebas mengeksplore dirimu sendiri.

4. Karir sudah mapan

nikah matang © 2016 brilio.net-Foto: giphy

Tidak menikah di usia muda juga bisa membuatmu memiliki jenjang karir yang tinggi atau usahamu sudah stabil. Jika karirmu sudah mapan, kini saatnya kamu sudah berfokus untuk berkeluarga.

5. Fokus kepada orangtua

nikah matang © 2016 brilio.net-Foto: Instagram

Belum berkeluarga sendiri akan membuatmu fokus dan memiliki waktu lebih dengan orang tua. Nikmati saja masa-masa tersebut untuk membahagiakan orang tua. Sebelum memiliki tanggungan dan tanggung jawab sendiri, kewajibanmu adalah membahagiakan orangtua.

6. Tahu apa yang diinginkan

nikah matang © 2016 brilio.net-Foto: giphy

Di usia "matang" kamu akan semakin tahu apa yang benar-benar kamu inginkan. Orang seperti apa yang ingin kamu ajak untuk menjalani sisa usia bersama. Dan pula keputusan yang akan kamu keluarkan adalah sebuah keputusan yang sudah kamu pikirkan masak-masak.

7. Pengalaman menghadapi dan menyelesaikan masalah lebih teruji

nikah matang © 2016 brilio.net-Foto: giphy

Perjalanan hidupmu juga akan memberikan banyak pengalaman dan menghadapi dan menyelesaikan masalah. Kemampuanmu dalam hal ini tentu sudah teruji dan tidak bisa diremehkan. Siapapun pasti menginginkan sosok yang tegar dan kuat saat menghadapi masalah apapun.

8. Lebih Percaya diri

nikah matang © 2016 brilio.net-Foto: giphy

Mungkin kamu diusia 20an belum memiliki cukup "kemampuan" dan kepercayaan diri untuk memutuskan menikah karena masih banyak hal yang ingin kamu capai. Nah, di usia yang sudah cukup matang kamu pun akan lebih percaya diri dan siap menghadapi kehidupan rumah tangga.

9. Lebih bijak mengatur keuangan

nikah matang © 2016 brilio.net

Uang sering kali menjadi penyebab masalah rumah tangga. Di usia matang, kamu akan semakin bijak dan menghargai uang. kemampuan mengatur keuangan pribadi maupun rumah tangga pun akan semakin kamu kuasai.

10. Benar-benar yakin dengan pasangan

nikah matang © 2016 brilio.net

Memang nggak ada ukuranya bahwa pacaran lama atau sebentar itu akan menjamin pernikahaanmu awet. Namun, penting bagi kamu untuk benar-benar mengenal calon pasanganmu. Jika belum yakin untuk menikah, kamu nggak harus kok hanya ikut-ikutan temanmu yang satu per satu mulai menikah. Tenang !