Brilio.net - Tanpa kamu sadari, terkadang cara kamu bersikap bisa mendorong orang lain justru menjauh. Mungkin beberapa sifat kamu yang tidak suka dan ingin diubah. Sifat itu mungkin sesuatu yang dianggap positif. Tapi hal ini kadang bisa menjadi alasan mengapa hal itu membuat orang-orang tertentu tidak senang dengan kita.

Menjaga hubungan pertemanan agar bertahan lama bukan hanya seberapa sering kamu membantu teman. Pada kenyataannya menjaga sikap supaya tidak menyinggung perasaan mereka juga salah satu upaya untuk mempertahankan suatu hubungan.

Nah, kamu mungkin nggak menyadari kalau sifat baik bisa mengintimidasi orang lain. Brilio.net telah merangkum dari Brightside, Senin (20/1), 7 sifat baik yang kadang justru bikin orang terintimidasi.

 

1. Terlalu jujur

Nggak disadari, 7 sifat baik ini justru bikin orang lain terintimidasi © 2020 pixabay.com

foto: pixabay.com

Kejujuran adalah salah satu ciri khas kepribadian. Jika kita suka jujur dengan orang lain, itu adalah hal yang baik. Meskipun demikian, itu terkadang berarti mengatakan kebenaran yang sebenarnya atau menyakiti seseorang.

Tentu saja hal tersebut amat berpengaruh terhadap hubungan pertemanan. Alangkah baiknya Anda melihat kondisi sebelum mengatakan hal yang jujur.

 

2. Tidak suka basa-basi

Kita tidak suka membuang-buang waktu mengobrol dengan orang-orang tentang cuaca, bagaimana akhir pekan mereka, atau topik apa pun yang biasanya didiskusikan orang hanya untuk bersikap ramah dan sopan. Obrolan ringan sepertinya tidak ada artinya bagi kita, dan lebih memilih langsung ke pokok permasalahan dan mendiskusikan hal-hal yang benar-benar penting atau melakukan percakapan yang bermakna.

Akibatnya, hanya melewatkan basa-basi atau tidak berbicara sama sekali dengan orang-orang yang kita tahu tidak akan melakukan percakapan yang menarik. Dan itulah mengapa kita mungkin terlihat kasar, ceplas-ceplos atau dingin.

 

3. Tidak menoleransi ketidaktahuan orang lain

Meskipun kita memilih untuk tetap berpikiran terbuka dan suka mempelajari hal-hal baru, orang lain tidak selalu ingin melakukan hal yang sama. Jadi, ketika seseorang menghakimi, terutama tentang hal-hal yang tidak mereka ketahui, itu bisa membuat kita gelisah. Karena itu, kita berusaha menghindari orang-orang itu. Atau, skenario terburuk, mungkin kehilangan kesabaran dengan mereka dan menjadi emosional.

 

4. Tidak tahan dengan orang yang suka mengeluh

Kita sering bersikap tidak menyukai alasan saat mengerjakan sesuatu dan mengharapkan orang lain melakukan hal yang sama. Karena itu, orang mungkin melihat kita tidak berperasaan dan tidak punya tempat tinggal, seolah-olah Anda adalah robot yang hanya peduli untuk mendapatkan hasil dan acuh tak acuh terhadap perjuangan yang mereka lalui.

 

5. Berpikiran terbuka

Tidak semua orang suka mencoba dan mempelajari hal-hal baru. Hal-hal baru dan aneh biasanya membuat orang keluar dari zona nyaman mereka. Jadi, ketika kita menantang cara berpikir mereka, mereka mungkin merasa terancam.

 

6. Berkemauan keras dan punya pendapat

Nggak disadari, 7 sifat baik ini justru bikin orang lain terintimidasi © 2020 pixabay.com

foto: pixabay.com

Jika bertekad untuk melakukan sesuatu, kita akan melakukannya apa pun, bahkan jika itu berarti tidak sesuai dengan apa yang orang lain harapkan dari sendiri. Kita tidak takut melawan arus dan berdiri sendiri jika cara berpikir atau melakukan sesuatu tidak sesuai dengan norma. Jika kita tidak dapat mencapai hasil yang diinginkan dengan segera, kita memiliki keyakinan dan keyakinan untuk terus berusaha, tidak peduli betapa tidak berartinya dan anehnya hal itu bagi orang lain.

7. Berpegang teguh pada kata-kata

Dengan kejujuran, muncul kemampuan untuk menepati janji . Saat membuat janji, kita menepatinya. Namun, tidak semua orang bisa melakukan itu. Jadi ketika semua orang melihat bahwa kata-kata kita adalah ikatan untuk diri sendri, membandingkan, dan melihat kontrasnya, mereka mungkin merasa terhina dan tidak berdaya.