Brilio.net - Otak manusia memiliki volume sekitar 1.350 cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Sel-sel saraf tersebut berfungsi untuk mengatur dan mengkoordinir sebagian besar, gerakan, perilaku, dan fungsi tubuh homeostasis, seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh.

Lebih dari itu, otak juga bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia. Namun demikian, tahukah kamu? Psikobiolog sekaligus pemenang penghargaan nobel, Roger W. Sperry, mengemukakan bahwa otak kanan dan kiri manusia pada dasarnya memiliki fungsi yang berbeda.

Perbedaan fungsi tersebut sedikit banyak lalu memengaruhi cara berpikir setiap manusia. Ada yang cenderung berpikir dengan otak kanan, ada pula yang cenderung berpikir dengan otak kiri.

Nah, kalau kamu sendiri nih, kira-kira lebih cenderung berpikir dengan otak kanan atau kiri? Kalau misalnya masih bingung atau bahkan tidak tahu, yuk cek lewat rangkuman dari brilio.net berikut ini, Rabu (27/11).

1. Kepala harimau.

Loading...

monyet-harimau © 2019 brilio.net

foto: brightside.me

Jika gambar pertama yang kamu lihat adalah kepala harimau, maka otak kirimu lebih aktif daripada otak kanan. Oleh karenanya, kamu cenderung analitis, terorganisir, dan sangat berorientasi pada tujuan. Lalu, saat dihadapkan dengan masalah kamu relatif berpikir logis, kalkulatif, dan objektif.

Untuk lebih detailnya, berikut adalah karakter aslimu:

a. Perencanaan: selalu terorganisir dengan baik.

b. Tujuan: kamu memiliki tujuan yang jelas dan mengerti betul apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

c. Rasionalitas: emosi dan perasaan tidak menghalangimu dalam mencapai tujuan.

d. Logis: kamu berbakat dalam bidang matematikan dan sains.

e. Realistis: setinggi-tingginya tujuan kamu tetapkan, kamu tahu bahwa tujuan tersebut realistis dan dapat dicapai.

2. Monyet yang sedang bergelantungan.

monyet-harimau © 2019 brilio.net

foto: brightside.me

Kalau kamu melihat monyet yang sedang bergelantungan, maka otak kananmu lebih aktif. Dengan begitu, kamu adalah orang yang kreatif, penuh dengan ide-ide inovatif, menghargai proses, dan lebih mengandalkan intuisi daripada pemikiran kritis ketika dihadapkan pada masalah.

Untuk lebih detailnya, berikut adalah karakter aslimu:

a. Impulsif: kamu melakukan sesuatu secara spontan dan out of the boxs.

b. Emosional: kamu sangat peduli tentang banyak hal dan bisa menghabiskan banyak waktu untuk merenungkan dan bertindak berdasarkan perasaan.

c. Kreatif dan artistik: kamu ahli di bidang musik, seni, dan disiplin kreatif lainnya.

d. Intuitif: kamu cenderung memecahkan masalah secara intuitif dan tidak membuat daftar perencanaan.

e. Tujuan: alih-alih berusaha mencapai tujuan hidup, kamu lebih cenderung berusaha meraih impian yang telah kamu idam-idamkan.