Brilio.net - Pribadi yang sabar tentu diidamkan oleh banyak orang. Tidak mudah meledak-ledak dan cenderung berusaha mencari jalan untuk menyelesaikan masalah. Terlebih dalam dunia kerja, amarah tentu tidak akan membuat sebuah masalah berlalu begitu saja.

Kegemaran atau hobi bisa jadi jalan untuk melatih dan membentuk pribadimu menjadi orang yang sabar. Memancing adalah salah satu hobi yang dapat melatih kesabaran. Tapi nggak mau kan buang waktu untuk menunggu ikan terpancing?

Kalau bosan dengan anjuran memancing, mungkin beberapa hobi ini bisa menjadi rekomendasi yang cocok sesuai keinginanmu agar bisa sabar.



1. Fotografi pesawat.

hobi © 2017 brilio.net
foto: Instagram/@rayyanars


Spotter, sebutan untuk pemburu foto pesawat, harus ekstra sabar untuk menangkap momen yang pas. Sudut pengambilan gambar juga perlu diperhatikan untuk mendapatkan foto yang antimainstream. Kalau nggak dapet momennya, tunggu pesawat yang lain.

 

2. Membuat Video.

hobi © 2017 brilio.net
foto: Instagram/@ihsanisasha


Videografi membutuhkan keterampilan dalam pengambilan gambar dan pengemasan. Nggak harus film, membuat vlog di event tertentu bisa jadi langkah awal belajar membuat video. Memiliki stok gambar yang banyak adalah kewajiban. Apalagi jika melewatkan sebuah momentum, kita perlu mencari gambar pengganti yang tidak jauh dari tema video.

 

3. Memasak.

hobi © 2017 brilio.net
foto: Instagram/@luli_gia


Bagi kamu yang suka bereksperimen dengan makanan, hobi ini bisa menjadi salah satu pilihan. Memperhitungkan takaran bahan dan teknik memasak bukanlah hal mudah. Terkadang kamu harus mencoba beberapa kali untuk mendapatkan rasa yang pas.

 

4. Koleksi Mainan.

hobi © 2017 brilio.net
foto: Instagram/@plastic.soldiers


Investasi nggak melulu soal rumah atau perusahaan. Koleksi mainan juga bisa menjadi sebuah investasi. Terlebih ketika mainan tertentu tidak lagi diproduksi pabrik, kolektor harus berkelana mencari pemilik mainan tersebut. Tak jarang kolektor harus merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan mainan langka yang diinginkan. Di situasi inilah kesabaran dalam mengelola uang kolektor diuji. Alangkah lebih baik mencari penjual lain untuk mendapatkan barang yang murah.

 

5. Travelling.

hobi © 2017 brilio.net
foto: Instagram/@minimal.like


Membebaskan diri dari rutinitas kuliah atau pekerjaan adalah perlu. Apalagi dengan bepergian tanpa paket wisata, kamu bisa bebas ke manapun. Kesabaranmu diuji ketika halangan-halangan saat travelling muncul. Seperti tersesat atau tidak terbiasa dengan budaya masyarakat setempat. Hal ini tentu akan melatih diri untuk tahan terhadap godaan dan lebih menghargai orang lain. (mgg/dimas satria putra)