Brilio.net - Pernahkah kamu melihat kaki seseorang yang bergerak-gerak saat duduk? Biasanya orang secara tak sadar menggerakkan kakinya naik-turun secara berulang-ulang saat dalam posisi duduk. Atau malah jangan-jangan kamu sering mengalaminya sendiri?

Orang dengan kebiasaan seperti ini biasanya diklaim sedang resah ataupun tak sabar menunggu sesuatu. Saat mengantre misalnya, orang yang telah lama duduk menunggu giliran cenderung akan resah dengan banyak bergerak. Termasuk salah satunya menggerakkan kakinya secara naik-turun.

Namun ternyata ada penyebab lain di balik orang yang secara tak sadar menggerakkan kakinya saat duduk ini. Jadi untuk kamu yang sering mengalami dan penasaran, sebenarnya kenapa sih saat duduk kaki seseorang bisa bergerak-gerak sendiri saat duduk? Kini tak perlu penasaran lagi.

Nah, setidaknya ada empat penyebab terkait fenomena ini yang telah brilio.net kumpulkan dari berbagai sumber, Minggu (15/4).

1. Restless leg syndrome.

Loading...

duduk kaki gerak-gerak © berbagai sumber

foto: upi.com

Ada kemungkinan orang tersebut menderita restless leg syndrome atau sindrom kaki gelisah. Namun bedanya, jika penderita sindrom ini orangnya akan sangat sulit menghentikan gerakkan kaki yang secara tak sadar dilakukan. Jika seseorang bisa menghentikan gerakan kaki gelisahnya, berarti ia belum sampai tahap menderita sindrom tersebut.

2. Penggunaan analeptics.

duduk kaki gerak-gerak © berbagai sumber

foto: pixabay.com

Orang yang kerap mengonsumsi analeptics atau stimulan macam nikotin atau kafein. Efek dari stimulan tersebut akan menyebabkan gerakan-gerakan pada kaki secara tak sadar.

3. Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD).

duduk kaki gerak-gerak © berbagai sumber

foto: pixabay.com

Penderita ADHD cenderung tidak tahan untuk berdiam diri. Ia akan selalu melakukan sesuatu saat berdiam diri, termasuk menggerakkan kaki pada saat duduk.

4. Kebelet buang air.

duduk kaki gerak-gerak © berbagai sumber

foto: howcast.com

Nah, kalau ini pasti banyak dan sering mengalami, kan? Ketika ada hasrat ingin buang air kecil maupun besar, pasti seseorang akan merasa gelisah. Salah satu cara menunjukkan kegelisahannya adalah dengan menggerak-gerakkan kakinya saat duduk.