Brilio.net - Terracotta Army atau tentara terakota adalah kumpulan koleksi dari 8.099 terakota berbentuk tokoh prajurit dan kuda dengan ukuran asli yang terletak di dekat makam dari Kaisar pertama dinasti Qin, Qin Shi Huang. Tokoh prajurit itu ditemukan pada tahun 1974 di Lintong District, Xi'an, Provinsi Shaanxi oleh para petani lokal.

Terakota dibangun tahun 210 SM–209 SM sebagai bentuk seni pemakaman dengan maksud untuk melindungi Kaisar Qin sesudah kematiannya. Pada tahun 1987 bangunan ini diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Keunikan dan misteri tentara terakota menarik banyak wisatawan dari seluruh dunia untuk berkunjung ke sana. Salah satunya Nizam Irpani, pemuda yang tinggal di Surabaya ini akhir tahun 2015 lalu berkesempatan mengunjungi warisan dunia yang satu ini, Terracotta Army di China.

Perjalanan menuju ke tempat tersebut tidak begitu lancar, peta yang dibawa Nizam menginformasikan nomor bus yang salah. Nizam harus tanya ke sana ke sini meski banyak warga setempat yang tak bisa Bahasa Inggris.

"Akhirnya, waktu mau naik ojek, pak ojeknya tunjukin nomor bus yang benar. Alhamdulillah dan saat naik ada penumpang yang bisa berbahasa Inggris sangat lancar. Pria bernama Jhonny ini rupanya mantan pemandu wisata di Terracotta. Akhirnya kami mengikuti dan antre bersama untuk naik bus no 36 menuju Terracotta," kata Nizam ketika bercerita kepada brilio.net, Sabtu (16/1).

Kejadian unik lainnya, saat antrean bus mengular kurang lebih sampe 40 menit, tiba-tiba ada dua remaja menyerobot antrean kami. Jhonny terlihat merah mukanya dan meminta maaf atas kelakuan dua remaja tersebut, dan meminta kami memaklumi karena dari logatnya remaja tersebut bukan dari Xian. Beberapa waktu kemudian dua ibu-ibu hendak menyerobot antrean juga, kali ini Jhonny sebagai warga lokal marah besar dan menegur ibu tersebut yang langsung pergi kabur.

"Jadi warga Xian juga peduli kepada orang asing, itu dengar-dengar dari guide di sebelah yang bawa rombongan bule. Pasukan terakota atau tentara terakota adalah kumpulan koleksi lebih dari 6.000 terakota berbentuk tokoh prajurit dan kuda dengan ukuran asli yang terletak di dekat makam dari kaisar pertama Dinasti Qin," tambah Nizam.

Piknik ke situs Terracotta Army, Pasukan Penjaga Makam Kaisar China

Nizam 'menggaransi' kamu semua, jika bisa sampai di Terracotta Army, pasti semua orang bakal dibuat takjub dengan kemegahannya. Peninggalan yang sangat luar biasa pada masa Dinasti Qin, tak ayal bangunan di sini menjadi warisan UNESCO. "Setiap prajurit terakota memiliki fitur wajah yang berbeda, dan ditempatkan dalam formasi militer di dekat makam Kaisar Qin," imbuh Nizam.