1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Jalan-Jalan
23 Februari 2017 09:07

Nekat traveling tahun ini? Kamu bisa terapin 5 tips berikut

Biar traveling-mu nanti matang dan berkesan.
Ilustrasi traveler/foto: pataconversations.com

Brilio.net - Siapa yang nggak suka melakukan perjalanan ke tempat-tempat baru yang memang sudah kamu impikan? Kamu tentunya punya kan, tempat atau negara impian yang pengen sekali kamu kunjungi, terlebih dalam tahun 2017 ini?

Maka dari itu, kamu perlu segera ngecek nih, tanggal-tanggal merah selama 2017 ini yang bisa kamu manfaatkan untuk bisa liburan ke tempat yang kamu impikan tersebut. Sembari nge-list tanggal libur, kamu juga perlu mempersiapkan hal lain biar traveling-mu nanti matang dan berkesan.

Memangnya apa aja yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan traveling dalam waktu dekat? Nih, udah dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (23/2), lima tips persiapan traveling yang kudu kamu coba.

1. Kunjungi travel fair.

foto: tourismvaganza.com

Biar perjalananmu makin asik dan tanpa hambatan, ada baiknya kamu mengunjungi dulu travel fair. Travel Fair biasanya menyediakan informasi mengenai promo tiket pesawat, hotel dan paket wisata. Kamu bisa datangi Travel Fair ini, dengan begitu kamu bisa mendapatkan harga tiket pesawat dan hotel yang miring. Dan kamu bisa mengalokasikan budget untuk tiket pesawat dan hotel yang seharusnya untuk kepentingan lainnya.


2. Ketahui musim di negara tujuan.

foto: pixabay.com

Bagi kamu yang akan melakukan perjalanan menuju negara yang memiliki perbedaan musim, ada baiknya kamu mencari tahu dahulu musim apa yang sedang berlangsung di negara yang akan dikunjungi. Misalnya kamu akan mengunjungi Fukuoka, Jepang, kamu harus cari tahu dulu waktu keberangkatanmu dengan musim yang sedang berlangsung. Jadi kamu bisa menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan saat melakukan perjalanan.

Misalnya nih kamu akan ke Fukuoka, Jepang dari Jakarta. Kamu memilih menggunakan pesawat Singapore Airlines, otomatis kamu akan ke Singapura dulu untuk transit. Nah, di Singapura dan Jakarta memiliki musim yang sama, kamu pasti memilih pakaian yang casual dan santai sesuai dengan musim yang berlangsung. Dan ternyata waktu keberangkatanmu menuju Fukuoka, Jepang sedang berlangsung musim dingin, kamu harus menyiapkan pakaian hangat yang tebal.

Untuk itu, sebelum berangkat ada baiknya mencari tahu dahulu musim di negara tujuan. Biar bisa mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan saat mengunjungi negara tujuan ya, guys.


3. Cari info promo twinning destination.

foto: singaporeair.com

Twinning destination artinya kamu ingin mengunjungi suatu negara, tapi terlebih dahulu menyempatkan diri untuk singgah setidaknya satu malam di negara lain. Hal ini ternyata juga sudah menjadi tren di Eropa.

Dengan twinning destination, keuntungan yang kamu dapatkan adalah bisa mengunjungi lebih banyak tempat wisata dalam satu kali perjalanan. Hal ini bikin liburanmu makin seru.

Misalnya nih kamu ingin traveling ke Hanoi, Vietnam, maka kamu nggak perlu langsung ke Hanoi. Kamu bisa cari promo tiket ke satu negara lainnya terlebih dahulu. Contohnya saja kamu memilih maskapai Singapore Airlines, ada promo dari Jakarta-Singapura-Hanoi. Kamu bisa memilih penerbangan ini untuk bisa menikmati traveling ke dua negara sekaligus secara hemat waktu.

Selama di Singapura, kamu bisa mengunjungi berbagai tempat wisata menarik yang ada di sana. Bahkan ketika kamu masih di lingkungan Bandara Changi pun, kamu sudah mulai bisa berwisata karena Changi memiliki banyak fasilitas menarik, seperti Sunflower Garden, maupun pusat entertainment. Kamu juga bisa mendapatkan hotel di Changi, sehingga bisa lebih menghemat waktu kamu untuk melanjutkan perjalanan ke Hanoi.

Pokoknya, kamu bisa memaksimalkan waktu di Bandara Changi dengan rekomendasi tempat wisata, fasilitas, tempat belanja, dan tempat makan yang bisa kamu kunjungi sesuai waktu yang kamu miliki. Dapatkan pengalaman berkesan selama kamu menunggu pesawat di Bandara Changi. Cek lebih lanjut di sini.

4. Bikin itinerary yang lengkap dan detail di masing-masing kota tujuan.

foto: pixabay.com

Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya kamu membuat itinerary yang lengkap dan detail ya, guys. Mulai dari jadwal keberangkatan, daftar tempat-tempat wisata yang ingin dikunjungi hingga jadwal kepulangan. Nggak mau kan sudah jauh-jauh cuma mengunjungi beberapa lokasi, perjalanan jadi kacau karena nggak memperhitungkan waktu dan sebagainya?

Itinerary biasanya dibuat untuk memudahkan kamu dalam mengatur jadwal yang harus dijalani ketika melakukan perjalanan. Sebenarnya nggak ada patokan khusus kok dalam membuat itinerary ini, tergantung dari mana kamu mulai.

Kalau ingin menyusun itinerary, kamu bisa mulai dari menentukan tujuan, apa yang mau kamu eksplor, waktu dan budget yang dibutuhkan, perhatikan cuaca, buat prioritas perjalanan dan tambahkan data penting untuk berjaga-jaga ya, guys.


5. Pahami budaya lokal masing-masing kota tujuan.

foto: pixabay.com

Nah, yang paling penting juga ketika melakukan perjalanan adalah mencari tahu budaya lokal di negara atau kota tujuan. Kamu nggak mau kan melanggar hal-hal yang bertentangan dengan budaya negara tujuanmu? Bukannya menikmati liburan malah apes karena kesalahan yang nggak kamu sadari sebelumnya.

Seperti yang kamu tahu, tiap negara beda pula budayanya. Cara menghormati orang di Indonesia dan di negara lain mungkin berbeda. Mungkin saja di negara kita tersenyum dengan orang asing dianggap ramah, namun di negara lain malah dianggap negatif. Nah, kamu bisa browsing dulu dong budaya lokal di negara tujuanmu biar nantinya perjalanan makin menyenangkan tanpa hambatan.

 

(brl/pep)

Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

Nekat traveling tahun ini? Kamu bisa terapin 5 tips berikut.
Biar traveling-mu nanti matang dan berkesan.
https://www.brilio.net/jalan-jalan/nekat-traveling-tahun-ini-kamu-bisa-terapin-5-tips-berikut-170222i.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories


Jangan cuma disimpen sendiri,
Posting karyamu dan menangin uang tunai
di platform baru, Brilio Creator!

Ikutan Di Sini
TOP

Would you like to switch to the English Version?