Brilio.net - Indonesia adalah negara tropis yang memiliki banyak kekayaan alam, destinasi wisata alam luar biasa, hingga kulturnya yang sangat beragam. Tak heran jika sampai kini Indonesia menjadi incaran untuk para traveler dari seluruh penjuru dunia.

Kita juga patut berbangga, tahun ini Indonesia ditetapkan sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia. Dalam siaran pers Kementerian Pariwisata, Indonesia berhasil mengungguli 130 destinasi dari seluruh negeri, mengacu standard Global Muslim Travel Index (GMTI) 2019.
 
Wisata berkonsep syariah ini mengacu pada beberapa kriteria seperti akses, pelayanan, komunikasi dan lingkungan. Kriteria tersebut mencakup pelayanan makanan dan minuman halal, penyediaan tempat wisata yang berkualitas, hingga bebas dari wisata non halal.

Saat ini pun pemerintah sedang gencar meningkatkan dan mengembangkan wisata berkonsep syariah, demi mendorong minat wisatawan dunia berkunjung ke Indonesia. Salah satunya Lombok yang kini terpilih sebagai destinasi wisata halal Indonesia.

Nah, selain Lombok, ternyata masih ada beberapa destinasi wisata berkonsep syariah lainnya. Apa saja? Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (8/7), berikut beberapa tempat wisata berkonsep syariah di Indonesia.

 
1. Lombok.

7 Tempat wisata berkonsep syariah di Indonesia © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@khuwarizmy


 Kota yang dikenal dengan julukan Kota Seribu Masjid ini memang memanjakan para traveler menghabiskan waktu liburan di sana. Wisata Lombok Gili Trawangan misalnya. Tempat ini sudah menjadi primadona Indonesia. Tak heran setiap tahunnya mengalami kenaikan pengunjung.

Lautnya yang masih biru dan alami akan membuat liburan kamu terasa semakin berkesan. Bagi pecinta wisata gunung, Lombok juga memiliki wisata favorit seperti Gunung Rinjani dan Tambora.


2. Makassar.

7 Tempat wisata berkonsep syariah di Indonesia © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@nunufatwa10


Makassar menyajikan Pantai Losari yang sangat eksotis. Pantai yang sangat terkenal di Indonesia ini terdapat masjid yang berdiri di atas pantai. Sehingga spot ini sangat sering dikunjungi bahkan untuk sekadar berfoto.

Di sekitaran pantai kamu bisa mencoba berbagai kuliner khas Makassar yang bisa dinikmati sembari menunggu sunset di sore hari. Tak hanya itu kamu juga bisa mengunjungi beberapa pulau yang menyimpan pesona pemandangan bawah laut, seperti Pulau Samalona, kodingareng Keke, hingga Lae Lae.
 
 
3. Malang.

7 Tempat wisata berkonsep syariah di Indonesia © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@rerefirmansyah


 Siapa yang tak kenal Kota Malang? Kota yang menyajikan berbagai wahana wisata alam maupun rekreasi ini memang menarik untuk dikunjungi. Seperti Gunung Semeru contohnya. Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini menjadi daya tarik tersendiri untuk para pendaki.

Namun bagi kamu yang ingin berlibur bersama keluarga dan anak-anak, wisata Jatim Park I dan Jatim Park 2 sangat ramah anak. Kamu juga bisa berlibur sembari memberikan edukasi pada anak-anak.

Malang juga menyediakan wisata malam seperti Batu Night Spectacular yang bisa dikunjungi saat malam hari. Tak salah jika berlibur di kota ini kamu dapat menggunakan waktu dari pagi hingga malam demi mengunjungi wisata yang ada.

 
4. Banyuwangi.

7 Tempat wisata berkonsep syariah di Indonesia, ayo piknik ke sini © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@banyuwangi_tourism

Wisata di Banyuwangi sedang naik daun belakang ini. Salah satu wisata syariah di Banyuwangi yaitu Pantai Pulau Santen. Pantai ini menjadi salah satu primadona destinasi wisata di Jawa Timur.

Pada umumnya pantai dikunjungi oleh pria dan wanita yang membaur di satu lokasi. Namun, uniknya lokasi kunjungan wisatawan untuk laki-laki dan perempuan di Pantai Santen dipisahkan. Sehingga nilai-nilai syariah tetap terjaga. Sehingga para  pengunjung pun bisa santai menikmati liburan tanpa terganggu dengan aktivitas orang yang bukan muhrim.

5. Jakarta.

7 Tempat wisata berkonsep syariah di Indonesia © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@pemkabseribu


 Hiruk pikuk Jakarta yang selalu padat sebagai ibu kota juga tak mengurangi daya tarik wisatawan untuk berkunjung di kota ini. Ikon-ikon wisata seperti Monumen Nasional (Monas), Kota Tua, Taman Mini Indonesia Indah, selalu ramai di hari biasa maupun memasuki pekan liburan.

Namun bagi kamu yang kurang menyukai keramaian atau ingin tempat yang lebih santai, kamu dapat langsung mengunjungi bagian utara Jakarta menyeberang ke Pulau Seribu. Di sana kamu akan menikmati suasana yang jauh berbeda dengan suasana ibu kota.
 
 
6. Aceh.

7 Tempat wisata berkonsep syariah di Indonesia © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@ishak_mutiara


 Berbagai kekayaan alam terhampar luas di pantai yang berada di provinsi paling ujung Indonesia ini. Wisata budaya seperti Masjid Baiturrahman, Museum Tsunami, Pantai Lampuuk adalah beberapa destinasi yang dapat kamu kunjungi. Jika kamu menyukai wisata bawah laut, snorkeling Pantai Iboih, Pulau Panjang, dan Dermaga Singkil tentu juga tak boleh kamu lewatkan.
 
 
7. Sumatera Barat.

7 Tempat wisata berkonsep syariah di Indonesia © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@ms.petualang


Saat mendengar kata Sumatera Barat, pasti kamu akan berpikir tentang kulinernya. Ya kan? Selain kulinernya yang terkenal dan menyebar di seluruh negeri, Padang juga menawarkan banyak potensi wisata, seperti Jam Gadang Bukittinggi dan Kelok 9 di Payuhkumbu. Jalan yang terbentang sekitar 300 meter ini merupakan jalan raya ekstrem yang ada di Indonesia.