Brilio.net - Bicara wisata pantai, yang terbesit di kepala banyak orang pasti pantai-pantai di Bali. Padahal, Indonesia ini surganya pecinta wisata pantai. Di Jawa Timur saja, kamu bisa mendapatkan panorama pantai yang aduhai.

Brilio.net akan menunjukkan padamu pantai-pantai indah di wilayah Jawa Timur ini sangat menakjubkan. Nyesel dah kalau kamu belum main ke sana. Berikut pantai-pantai tersebut, Rabu (20/4).

BACA JUGA: Lahir tanpa hidung & mata, gadis ini tetap mampu berprestasi

1. Pantai Balekambang Malang.

pantai pantura  © 2016 brilio.net

Loading...

foto: nginepmana.com

Pantai ini berada di sisi selatan provinsi Jawa Timur. Keberadaan pura yang di atas sebuah pulau karang menjadi khas dari pantai ini. Lokasi pantai yang dikenal mempunyai ombak yang besar dan arus yang kuat ini sekitar 45 km di selatan kota Malang. Pantai Balekambang akan mengingatkanmu pada Tanah Lot di Bali karena suasananya yang mirip.

2. Pantai Banyu Tibo Pacitan.

pantai pantura  © 2016 brilio.net

foto: info-pacitan.blogspot.com

Salah satu pantai di Pacitan ini memiliki air terjun yang berada di salah satu sisinya. Airnya yang turun langsung terjun ke pantai selatan. Keberadaan air terjun ini merupakan muasal dari pemberian nama pantai ini.

3. Pantai Buyutan Pacitan.

pantai pantura  © 2016 brilio.net

foto: wisatapriangan.co.id

Dari kota, jaraknya sekitar 44 km dan hanya bisa diakses dengan kendaraan pribadi sebab tidak ada angkutan umum yang beroperasi di sekitar pantai ini. Pasir pantainya seputih susu dan airnya sangat jernih.

4. Pantai Pulau Merah Banyuwangi.

pantai pantura  © 2016 brilio.net

foto: www.flickr.com

Tepian bebatuan yang berwarna merah menyebabkan nama Pantai Ringin Pitu berubah nama menjadi Pantai Pulau Merah. Di pantai yang berombak cukup besar ini juga terdapat sebuah pulau yang tanahnya berwarna merah.

5. Pantai Plengkung Banyuwangi.

pantai pantura  © 2016 brilio.net

foto: wikiwisata.com

Pantai ini diyakini mendapat pengaruh dari arus Antartika yang terbawa oleh Samudera Hindia sehingga punya ombak ynag tingginya bisa mencapai 4-8 meter dengan panjang mencapai 2 km. Pantai ini disebut-sebut sebagai spot terbaik untuk berselancar di Asia Tenggara.  

6. Pantai Wedi Ireng Banyuwangi.

pantai pantura  © 2016 brilio.net

foto: tekooo.com

Pantai ini berarak sekitar 65 km dari Kota Banyuwangi. Putih pasir pantainya jika dilihat lebih seksama bercampur dengan warna hitam sehoingga pantai ini dinamai Wedi Ireng. Birunya air pantai ini menjadi pemandangan indah yang ditawarkan.

7. Teluk Hijau Banyuwangi.

pantai pantura  © 2016 brilio.net

foto: www.flickr.com

Terletak 90 km di selatan kota Banyuwangi. Pantai ini menawarkan pesona hijaunya air laut dan keberadaan air terjun setinggi 8 meter. Pantai ini masuk wilayah Taman Nasional Meru Betiri.