Brilio.net - Untuk meningkatkan popularitas wisata, film menjadi salah satu media terbaik untuk mempromosikannya. Tak dipungkiri dengan cara ini, sejumlah destinasi wisata di Indonesia turut melambung tinggi di beberapa tahun terakhir ini.

Hmm, kira-kira wisata mana saja kah yang muncul dalam film sehingga membuatnya semakin populer ya? Berikut ini brilio.net rangkum tempat wisata yang makin tenar karena film, Jumat (29/1):

1. Pantai Tanjung Tinggi, Belitung - Laskar Pelangi

7 Objek wisata Indonesia yang makin populer berkat filmfoto: indonesia-tourism.com

Film Laskar Pelangi yang disutradarai oleh Riri Riza tersebut sukses mengangkat Pantai Tanjung Tinggi di Belitung sebagai tujuan wisata alam yang masih sangat terjaga. Film yang diangkat dari novel karya Andrea Hirata itu menyuguhkan keunikan pantai dengan ribuan batu-batu granit raksasa yang memesona.

Loading...

2. Ubud dan Uluwatu - Eat, Pray and Love-nya

7 Objek wisata Indonesia yang makin populer berkat filmfoto: travelwy.com

Sejak film yang di bintangi Julia Robert ini rilis, pesona wisata daerah-daerah lain di Bali diekspos dengan begitu menarik. Desa Ubud di Bali menjadi tempat perhentian terakhir Liz (Julia Robert) dalam pencarian 'Eat, Pray, Love-nya'. Keindahan Bali yang begitu tenang benar-benar menjanjikan perjalanan wisata kamu yang akan sangat menginspirasi.

3. Gunung Semeru - 5 cm

7 Objek wisata Indonesia yang makin populer berkat filmfoto: indonesia-tourism.com

Meski sudah sangat akrab dengan para pendaki nusantara, namun Gunung Semeru, gunung tertinggi di pulau Jawa ini benar-benar menjadi sorotan setelah film 5 cm diangkat. Apalagi pesona dari Ranukumbolo benar-benar menggoda para traveler untuk berkunjung ke sana.

4. Wamena dan Danau Habema - Denias

7 Objek wisata Indonesia yang makin populer berkat filmfoto: triptrus.com

Keindahan Danau Habema di lereng Puncak Trikora, Jayawijaya yang muncul di film Denias benar-benar terangkat setelah film yang disutradarai oleh Ari Sihasale tayang.

5. Puncak Penanjakan, Bromo - Pasir Berbisik

7 Objek wisata Indonesia yang makin populer berkat filmfoto: bromotour.co.id

Film Pasir Berbisik yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo dan Christine Hakim dengan mengambil latar yang gersang mirip gurun membawa Gunung Bromo menjadi wisata yang banyak diminati. Pesona alamnya juga sangat beragam, kamu juga akan menemukan sebagian wilayahnya adalah hamparan padang sabana dan menjadi spot terbaik menikmati keindahan matahari terbit atau sunrise di Puncak Penanjakan.

6. Kawah Ijen dan Taman Nasional Baluran - King

7 Objek wisata Indonesia yang makin populer berkat filmfoto: klikhotel.com

Sutradara Ari Sihasale kembali mengangkat film King dengan memilih lokasi syuting di sekitar Taman Nasional Baluran dan Puncak Kawah Gunung Ijen, Jawa Timur. Suasana pedesaan yang sangat asri menjadikan tempat ini sebagai salah satu wisata yang patut dikunjungi. Kamu bisa menjelajah Kawah Gunung Ijen yang penuh kabut belerang atau sekadar menyaksikan penambangan belerang dengan cara tradisional. Salah satu adegan yang menyoroti keindahan sekitar Kawah Ijen dan Taman Nasional Baluran dengan pengambilan gambar lewat helikopter dengan pemandangan indah yang menginspirasi pelancong datang ke sana.

7. Taman Nasional Tanjung Puting - In the Wild: Orangutans with Julia Robert

7 Objek wisata Indonesia yang makin populer berkat filmfoto: acc.co.id

Lagi-lagi Julia Roberts tampil mengusung keindahan salah satu wilayah Nusantara lewat film dokumenter In the Wild: Orangutans with Julia Roberts. Dalam film ini, Julia bersama Profesor Galdikas sukses memperkenalkan wisata menyusuri Sungai Sekonyer dengan perahu klotok menuju pusat perlindungan orang utan liar yang berada di pedalaman Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah. Lewat film ini, minat wisatawan asing semakin meningkat untuk mencoba menyusuri sungai ini.