Brilio.net - Bagi kamu yang sering ke Kota Malang, pasti ingin kembali ke sana kan? Ya, Malang memang ngangenin. Ada banyak julukan bagi Kota Malang yang membuat identitas kota dingin ini makin dikenal dunia.

Akhir abad ke-18, Kota Malang dipilih meneer en mevrouw alias tuan dan nyonya Belanda menjadi tempat peristirahatan. Kota ini kemudian terus berkembang dan menjadi kota besar di Jawa Timur.

Beberapa julukan untuk kota ini berasal dari keragaman yang ada. Berikut adalah 7 julukan bagi kota Malang yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber:

1. Paris of East Java

malang © 2016 brilio.net-foto: harisdesign.com

Loading...

Julukan ini dulunya berasal dari kompeni-kompeni Belanda yang sering menyebut kota Malang sebagai “Paris” nya Jawa Timur, hawa sejuk dan keindahan alamnya memikat banyak wisatawan baik asing maupun lokal untuk berkunjung ke Malang.

2. Ngalam Kipa

malang © 2016 brilio.net

foto: malangisme.blogspot.co.id

Ngalam Kipa atau yang berarti Malang Apik berasal dari bahasa “walikan” yang memang menjadi ciri khas yang dimiliki kota Malang. Sebutan ini bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat luas bahwa Malang memang apik atau bagus di segala bidang.

3. Malang Kota Dingin

malang © 2016 brilio.net-foto: asambackpaker.wordpress.com

Meski saat ini kota Malang gak dingin-dingin banget tapi cukuplah ya bikin orang luar kota Malang buat pakai jaket tiap malem. Lucunya kota Malang berubah menjadi sangat dingin saat musim mahasiswa baru yakni bulan Agustus-September. Dinginnya Malang dikarenakan kondisi wilayah kota Malang yang termasuk dataran tinggi dan dikelilingi beberapa gunung seperti gunung Arjuno, Semeru, Kawi dan Kelud.

4. Malang Kota Pendidikan

malang © 2016 brilio.net-farinadyaim.student.umm.ac.id

Kurang lebih ada sekitar 36 universitas baik swasta maupun negeri yang ada di Kota Malang, jumlah yang lumayan banyak untuk menarik minat para pendatang yang berasal dari kota lain untuk melanjutkan pendidikannya di kota Malang. Jumlah universitasnya aja segitu belum jumlah sd,smp dan sma. Pantes aja dapat julukan kota Pendidikan.

5. Malang Kota Bunga

malang © 2016 brilio.net-foto: kebunpedia.com

Konon ceritanya julukan ini erasal dari cita-cita warga Malang yang ingin disetiap sudut kotanya dihiasi dengan bunga-bunga, maka dari itu munculah julukan Malang kota Bunga.

6. Bumi Arema

malang © 2016 brilio.net-foto: wearearemania.net

Udah jelas lah pasti Bumi Arema, karena dari kota inilah muncul klub bola Arema yang terkenal dengan prestasi dan fans-fans fanatiknya. Selain itu atribut lambang singanya menjadi sangat ikonik dan seakan menjadi kesatuan dengan kota Malang. Tak ada Malang tanpa Ongis Nade.

7. Kota Wisata

malang © 2016 brilio.net-foto: smarttransmalang.com

Ada wisata alam mulai dari kebun teh, gunung, dan pantai, ada wisata buatan taman bermain sampai taman bunga ada wisata kuliner dari harga kaki lima sampai bintang lima, ada wisata sejarah mulai dari museum tentang militer sampai museum tentang transportasi. Jadi masih nanya alasan Malang dijuluki sebagai kota wisata?