Brilio.net - Sudah bukan rahasia lagi jika Jepang saat ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Asia. Tak heran jika para traveler, khususnya anak-anak muda kerap berupaya untuk mendatangi Negeri Matahari Terbit ini. Di samping menawarkan berbagai destinasi wisata, Jepang juga dikenal sebagai negara yang ramah wisatawan.

Selain itu tingkat kedisiplinan warga negaranya, khususnya dalam menjaga kebersihan juga menjadi daya tarik tersendiri. Bukan cuma itu, Jepang juga dikenal sebagai negara yang cukup aman karena tingkat kriminalitas di negara ini sangat kecil. Faktor inilah yang membuat Jepang kerap dijadikan destinasi wisata favorit.

Smartfren Jepang © 2019 brilio.net

Saat plesiran ke Jepang belum lengkap rasanya jika tidak mempersiapkan kuota internet. Maklum selain urusan transportasi dan akomodasi, di era serba digital seperti sekarang rasanya kurang klop tanpa memikirkan masalah ketersediaan jaringan internet. Apalagi bagi anak muda, traveling adalah saat yang tepat untuk mengunggah berbagai cerita saat traveling melalui format audio visual.

Ya, mengunggah kisah perjalanan merupakan kebanggaan tersendiri. Apalagi bagi milenial. Istilahnya nggak eksis nggak seru. Karena itu jangan heran deh jika banyak dari mereka yang secara khusus menyediakan kuota internet agar bisa nyaman dan lancar internetan di luar negeri.

Loading...

Tapi tentu saja biar kamu tak keluar biaya lebih, nggak ada salahnya memikirkan konektivitas hemat selama traveling di luar negeri. Nah, berikut enam cara liburan di Jepang dengan konektivitas hemat tanpa kehilangan momen untuk dibagikan di media sosial.

1. Berburu wifi gratis

Smartfren Jepang © 2019 brilio.net

Cara yang paling jamak dilakukan traveler untuk mendapatkan jaringan internet adalah dengan mencari wifi gratis. Di beberapa area publik di Jepang memang disediakan fasilitas wifi gratis. Nggak ada salahnya mencoba cara ini apalagi buat Sobat Brilio yang hanya traveling beberapa hari saja. Cara ini cukup efektif lho untuk menghemat data seluler kamu saat sedang berada di Jepang. Tapi tentu saja dubutuhkan upaya ekstra untuk mencari area publik yang memberikan fasilitas wifi gratis. Sebab, tidak semua tempat publik di Jepang menyediakan fasilitas tersebut.

2. Membeli sim card di negara tujuan

Smartfren Jepang © 2019 brilio.net

Kamu juga bisa membeli SIM Card di negara tujuan. Memang sih koneksi internet hanya bisa digunakan di negara tersebut. Nah untuk kamu yang mau tinggal agak lama di negara tersebut mungkin cara ini bisa dipilih. Jadi pastikan dulu berapa lama kamu akan tinggal di negara tersebut sehingga bisa menghitung untuk membeli kuota internet sesuai dengan kebutuhan saja.

3. Membeli paket data khusus roaming

Smartfren Jepang © 2019 brilio.net

Cara yang satu ini juga bisa dilakukan. Membeli paket data khusus roaming saat kamu masih di Indonesia. Apalagi ada beberapa provider yang menawarkan paket seperti ini sehingga kamu bisa membelinya dengan nyaman yang pastinya sesuai dengan keinginan serta kebutuhan.

Nah baru-baru ini Brilio.net berkesempatan mengikuti kegiatan Smartfren International Roaming Japan Experience selama lima hari mengunjungi sejumlah destinasi wisata di Negeri Samurai itu. Dalam kegiatan ini para peserta mencoba kemampuan paket internasional roaming Smartfren yang berlaku di 15 negara kawasan Asia Pasifik yakni Singapura, Malaysia, Hongkong, Macau, Korea Selatan, Jepang, Thailand, Australia, Selandia Baru, Taiwan, Brunei Darussalam, India, Filipina, China, dan Bangladesh.Rencananya tahun depan Smartfren akan memperluas layanan internasional roaming di 38 negara Eropa dan 30 negara Amerika.

Smartfren Jepang © 2019 brilio.netChief Brand Officer Smartfren Roberto Saputra

"Paket internasional roaming kami hadirkan agar para pelanggan kami tetap terkoneksi dan dapat berkomunikasi selama berada di luar negeri. Setelah pada tahun lalu kami hadir di Singapura dan Malaysia. Kali ini kami hadir di lebih banyak yaitu di 15 negara yang berada di kawasan Asia Pasifik, termasuk Jepang” ujar Chief Brand Officer Smartfren Roberto Saputra kepada awak media disela-sela acara ini.

Paket ini memberikan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan untuk selalu terkoneksi dan berkomunikasi saat berada di luar negeri. Wartawan Brilio.net pun menjajal video call dengan keluarga di Indonesia selama kurang lebih 30 menit menggunakan aplikasi Whatsapp saat naik Lake Ashi Cruise di Hakone Sekisho Ato. Hasilnya lancar jaya baik audio maupun video. Untuk audio tidak mengalami delay. Begitu juga dengan tampilan video yang cukup jernih.

4. Cari harga paket yang terjangkau

Smartfren Jepang © 2019 brilio.net

Menariknya lagi, paket internasional roaming yang ditawarkan Smartfren cukup terjangkau. Smartfren menyediakan layanan internasional roaming dengan harga Rp150 ribu dengan benefit kuota internet sebesar 2GB berlaku selama 7 hari di 15 negara Asia Pasifik. Khusus di Jepang, Smartfren bekerja sama dengan salah satu operator yaitu NTT Docomo.

5. Beli paket yang gampang

Smartfren Jepang © 2019 brilio.net

Paket internasional roaming ini dapat diperoleh pelanggan, baik ketika masih berada di Indonesia ataupun setelah berada di luar negeri. Caranya juga nggak ribet kok. Saat masih di Indonesia, pembelian bisa dilakukan melalui Galeri Smartfren. Bisa juga melalui aplikasi MySmartfren, website resmi my.smartfren.com, atau melalui panggilan *123#. Hal yang sama juga bisa dilakukan saat berada di luar negeri, kecuali melalui Galeri Smartfren yang hanya bisa dilakukan di dalam negeri. Nah untuk menghindari terkena tarif harian (Paket Internet Smart Day Pass) sebesar Rp 70 ribu, pastikan pembelian paket dilakukan dengan menggunakan koneksi Free WiFi di negara setempat atau pembelian paket melalui panggilan *123#.

6. Nih yang harus diperhatikan

Smartfren Jepang © 2019 brilio.net

Saat ingin menggunakan layanan internasional roaming Smartfren, ada beberapa yang harus diperhatikan. Pastikan SIM Card yang digunakan sudah mendukung untuk pengaktifan internasional roaming. Selain itu, perangkat kamu bisa digunakan di luar negeri. Status internasional roaming sudah aktif. Pastikan pengaturan perangkat kamu sudah benar. Kalau masih bingung bisa lihat laman ini.

7. Gunakan kuota internet dengan cerdas

Smartfren Jepang © 2019 brilio.net

Tentu saja saat menggunakan kuota internet nggak boleh boros. Karena itu jika kamu ingin berhemat, usahakan menggunakan kuota internet selama di luar negeri secara cerdas. Tujuannya supaya kamu nggak keluar biaya lebih untuk membeli paket internet yang baru. Jika kamu telah membeli data khusus untuk roaming maka gunakan sebaik mungkin. Jika berada di sebuah tempat yang menyediakan koneksi internet seperti wifi, sebaiknya matikan saja koneksi internet kamu untuk sementara sehingga penggunaan data tidak boros.

Jadi buat kamu yang ingin traveling ke Jepang, sekarang nggak usah pusing dan bingung lagi memilih jaringan internetan dengan nyaman. Pastikan kamu memilih operator yang menawarkan fasilitas layanan internasional roaming dengan harga terjangkau biar kantong nggak jebol.