Brilio.net - Indonesia yang merupakan negara kepulauan terbentang luas dari Sabang sampai Merauke, pastinya memiliki tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi. Termasuk, di wilayah Indonesia bagian timur. Nah kali ini, Rabu (31/8) brilio.net sudah mengumpulkan dari berbagai sumber, ada tujuh alasan yang wajib kamu ketahui, kenapa kamu harus traveling ke Indonesia Timur paling tidak sekali seumur hidupmu.

1. Kepulauan di Indonesia Timur yang indah dan alami, bikin takjub!

tsel_indonesia timur © 2016 brilio.net

Pemandangan dari bukit Wayag, Raja Ampat, seperti gambar di atas, tentu bikin kamu takjub bukan? Selain di Raja Ampat yang sudah terkenal dengan keindahan alamnya, banyak tersebar di kawasan Indonesia Timur lainnya yang nggak kalah indah seperti Pulau Komodo, Pulau Kadidiri, Wakatobi, dan masih banyak lagi.

tsel_indonesia timur © 2016 brilio.net




2. Pantainya pun akan bikin kita takjub.

tsel_indonesia timur © 2016 brilio.net

Kalau bicara tentang keindahan pulau, tentu nggak akan lepas dari keindahan pantainya juga. Kamu bisa mengunjungi indahnya pantai di Pulau Misool di Papua, Banda Neira di Maluku, atau keindahan pantai di Pulau Alor, Nusa Tenggara Timur.

tsel_indonesia timur © 2016 brilio.net




3. Akses komunikasi sudah nggak susah lagi.

tsel_indonesia timur © 2016 brilio.net

Akses bertelekomunikasi yang susah memang kerap jadi alasan kenapa beberapa orang jarang pergi ke Indonesia Timur, padahal permasalahan ini sudah berhasil diatasi kok, bahkan hingga daerah perbatasan sekalipun. Memang, kualitas dan layanan yang baik adalah hal utama sebagai penyedia jaringan selular, jadi bukan hanya sekadar biaya yang murah dalam menggunakan provider tersebut.

Telkomsel pun menunjukkan komitmennya untuk melayani warga Indonesia secara menyeluruh, dari Sabang sampai Merauke dengan adanya penyediaan jaringan telekomunikasi hingga wilayah perbatasan negara untuk melayani seluruh masyarakat Indonesia, tanpa terkecuali.

tsel_indonesia timur © 2016 brilio.net

Dengan adanya 627 base transceiver station (BTS) Telkomsel hadir di wilayah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga seperti  Singapura, Malaysia, Vietnam, Timor Leste, Australia, Filipina, dan Papua Nugini. Dari 627 BTS yang berbatasan langsung dengan delapan negara tetangga tersebut, 148 di antaranya merupakan BTS 3G yang mengakomodasi kebutuhan masyarakat dalam mengakses layanan data. Termasuk di kawasan Indonesia Timur.

Beroperasinya BTS 3G Telkomsel di perbatasan negara mempertegas komitmen Telkomsel dalam menyediakan layanan broadband yang merata, yang membuat masyarakat di wilayah perbatasan dapat menikmati internet dengan kualitas yang setara dengan masyarakat di kota besar sekalipun. Wah tentu jadi makin semangat kan, Sobat Brilio!

tsel_indonesia timur © 2016 brilio.net

Nggak cuman di situ aja, ke depannya, Telkomsel juga berupaya memperluas jangkauan jaringan di wilayah Kepulauan Anambas dan Kepulauan Natuna yang berbatasan langsung dengan Laut China Selatan. Secara nasional Telkomsel telah menggelar lebih dari 118.000 BTS hingga penjuru Tanah Air yang menjangkau hingga 95% wilayah populasi penduduk Indonesia. Salut!

4. Surga keindahan bawah laut.

tsel_indonesia timur © 2016 brilio.net

Selain punya pantai yang indah, Indonesia Timur juga kaya akan keindahan bawah lautnya. Hal ini bahkan sudah diakui oleh dunia lho. Raja Ampat punya 540 spesies terumbu karang, yang artinya adalah 75% dari jumlah spesies koral dunia, ada disana! Selain itu, setidaknya ada 1.700 spesies moluska dan 1.500 spesies ikan mulai dari yang sebesar kuku sampai sebesar bus yang bisa kamu temui di sini.

tsel_indonesia timur © 2016 brilio.net

Nggak cuman di Raja Ampat, kamu juga bisa mengunjungi Taman Nasional Bunaken. Taman Nasional Bunaken berada di Teluk Manado, di utara Pulau Sulawesi. Pokoknya Indonesia Timur itu surga banget deh.

5. Akses transportasi yang kian memadai.

tsel_indonesia timur © 2016 brilio.net

Akses transportasi juga kerap menjadi alasan para traveler mengurungkan niatnya untuk pergi ke Indonesia Timur. Namun pemerintah juga sadar akan hal itu dan berusaha meningkatkan kualitas fasilitas dibidang transportasi sehingga kini juga semakin terlihat perkembangannya. Seperti misalnya penambahan dua apron di bandara internasional Lombok untuk menambah kapasitas, terutama untuk pesawat berbadan lebar (widebody) sekelas Boeing 777 atau Airbus 330. Serta pengembangan Kawasan Mandalika yang bisa menghubungkan pantai-pantai selatan di Lombok.

6. Keragaman budaya.

tsel_indonesia timur © 2016 brilio.net

Festival danau Sentani/foto: antarafoto

Puas dengan kakayaan alamnya yang melimpah, Indonesia Timur juga kaya dengan budaya daerahnya lho. Hal ini ditunjukkan dengan adanya beberapa festival yang tiap tahunnya sering diadakan untuk melestarikan budaya tersebut.

tsel_indonesia timur © 2016 brilio.net

Festival Tana Toraja/foto: ceritatravelku

Kearifan budaya lokal yang ada di Indonesia Timur memang akan sangat sayang jika harus dilewatkan. Festival seperti Festival Danau Sentani di Papua, Festival Teluk Ambon, Festival Teluk Jailolo di Maluku, Festival Bunga Tomohon, Festival Toraja dan masih banyak lagi. Sangat sayang untuk dilewatkan bukan?

7. Kulinernya lengkap, dari yang khas, unik, sampai ekstrem ada semua

tsel_indonesia timur © 2016 brilio.net

Papeda lengkap dengan Ikan Kuah Kuning khas Papua dan Maluku/foto: wikimedia

Kuliner khas Ambon, Ternate, hingga Papua memang tidak ada duanya. Perpaduan aneka bumbu dan rempah-rempahnya siap menggoyang lidah kamu deh. Bahkan, ada juga beberapa bahan pangan yang mungkin bakal bikin kamu penasaran sekaligus ingin mencicipinya.

tsel_indonesia timur © 2016 brilio.net

Gohu Ikan, Sashimi ala Indonesia Timur/foto: rangkumanlengkap.blogspot

Seperti Papeda (pengganti nasi dari sagu) lengkap dengan gurihnya Ikan Kuah Kuning khas Maluku dan Papua, atau mencicipi Ikan Bakar Colo-Colo asli Ambon. Kue Bagea, cookies manis khas orang Ternate yang cocok untuk oleh-oleh. Atau bisa juga mencicipi Halua Kenari, camilan khas Maluku yang legit dan menggugah selera. Tak lupa juga Gohu Ikan, alias sashimi  ala Indonesia Timur. Kalau mau menu yang ekstrem, kamu bisa ke Tomohon, Sulut. Wah udah ngiler aja nih jadi pengen ke Indonesia Timur, iya kan Sobat Brilio?

Tujuh alasan di atas sebenarnya hanya sebagian kecil dari seribu alasan kenapa kamu musti jalan-jalan ke Indonesia Timur, paling nggak sekali seumur hidup kamu!

 

(brl/pep)

(brl/pep)