×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Hari jelajah pesona Melbourne saat musim dingin, saljunya asyik

View Image

0

BRILIO » Jalan-Jalan

5 Hari jelajah pesona Melbourne saat musim dingin, saljunya asyik

foto: thenightmarket.com.au; Instagram/@mt_buller

Bisa main salju sepuasnya dan menikmati cokelat dalam festival hot chocolate pertama di Australia.

(brl/tin)

29 / 03 / 2019 11:25

Brilio.net - Melbourne, Australia menjadi kota yang menarik minat banyak orang dari berbagai penjuru dunia. Ibukota Negara Bagian Victoria ini disebut sebagai pusatnya seni, hiburan, fashion, event atau festival, olahraga, hingga pariwisata di Australia.

Berbagai perhelatan akbar diselenggarakan di kota terpadat kedua di Australia ini. Festival-festival bertaraf internasional seperti Festival Seni Internasional dan Melbourne Food and Wine Festival hingga ajang balap mobil paling bergengsi di dunia Formula One (F1) Grand Prix Australia, diselenggarakan di Melbourne.

Kentalnya nuansa 'Eropa' yang terlihat dari arsitektur kota Melbourne serta keanekaragaman etnik dan budaya, menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong.

Meski dikenal sebagai kota yang sibuk dan pusat perekonomian Australia, ternyata Melbourne menawarkan alam memukau. Lebih-lebih saat musim dingin, Melbourne menawarkan beragam pilihan kegiatan liburan yang sayang dilewatkan. Bahkan Melbourne dan Victoria merupakan salah satu tempat terbaik menikmati musim dingin di Australia.

Sayangnya kamu tidak akan mudah menemukan salju di pusat kota Melbourne. Eits tapi tenang saja, kamu tetap bisa bermain salju di Mt Buller yang berjarak tiga jam perjalanan mobil dari pusat kota Melbourne.

Nah, kali ini Brilio.net punya tips menjelajahi Melbourne saat musim dingin dalam waktu lima hari. Kamu bisa menyusuri kota, bermain salju, hingga belanja barang branded dengan harga terjangkau. Penasaran? Dihimpun Brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (29/3), berikut ulasannya.

Seharian menyusuri kota Melbourne pada hari pertama.

wisata Melbourne musim dingin berbagai sumber

foto: visitmelbourne.com

Jalan-jalan di Melbourne saat musim dingin bisa kamu mulai dengan menyusuri gang-gang kecil yang banyak dihiasi lukisan mural. Di spot Instagramable ini kamu bisa menemukan lukisan mural penuh warna hasil karya para street art terbaik di dunia.

Dimulai dari Hosier Lane, ikuti terus jalan yang ada menuju ke arah utara untuk menikmati spot Instagramable gratis ini. Lokasi hits lainnya yang bisa kamu coba adalah Duckboard Place, ACDC Lane, Union Lane, dan masih banyak lagi. Jangan takut tersesat, kamu bisa melihat peta tur pada salah satu lukisan mural.

wisata Melbourne musim dingin berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Jika kamu enggan menikmati Melbourne dengan jalan kaki, coba berkeliling kota naik trem tua. Kamu akan dibawa berkeliling di sekitar kota hingga ke daerah pelabuhan Docklands. Menggunakan trem dengan model orisinal dari tahun 1923, tentu akan memberi pengalaman nggak terlupakan.

wisata Melbourne musim dingin berbagai sumber

foto: thenightmarket.com.au

Setelah seharian berkeliling kota Melbourne, manjakan perut dan lidahmu dengan berburu kuliner di pasar malam Queen Victoria. Sebanyak 60 kios siap menghidangkan beragam jenis makanan menggugah selera.

Pasar malam ini juga bisa kamu nikmati saat musim dingin tiba lewat Winter Night Market. Buka pukul 6-10 malam waktu setempat, pasar malam Queen Victoria surga bagi para pencinta kuliner.


Larut dalam festival cokelat hingga festival penuh cahaya pada hari kedua.

wisata Melbourne musim dingin berbagai sumber

foto: Instagram/@yarravalleychocolaterie

Suhu di Melbourne saat musim dingin tiba bisa bervariasi, mulai dari 0 hingga 10 derajat Celcius. Secangkir cokelat panas bisa jadi andalanmu menghangatkan diri. Nah, kamu bisa menikmati varian cokelat di festival Yarra Valley Chocolaterie & Ice Creamery selama hari kedua di Melbourne.

Ya, selama musim dingin atau sekitar bulan Agustus, kamu bisa mengikuti festival hot chocolate pertama di Australia ini. Nikmati 31 rasa baru dan eksotis cokelat selama satu bulan penuh. Setiap harinya akan dikeluarkan delapan rasa baru dengan tambahan satu shot hot couverture chocolate dan marshmallow berukuran besar.

Selain itu, kamu juga dapat mengikuti sesi mencicipi cokelat panas dan memilih lebih dari 50 bahan untuk menciptakan cokelat panas sesuai kepribadianmu. Booking tiketnya hanya dengan AUD 20 atau sekitar Rp 200 ribuan saja. Kamu pun bisa berkeliling di area festival sepuasnya.

Bukan hanya festival cokelat panas, kamu wajib menikmati festival kesenian Winter Festival 2019. Acara tahunan ini memiliki beragam hiburan, mulai dari pertunjukan musik, karya seni, hingga video mapping raksasa. Festival penuh cahaya ini akan kembali diadakan pada pertengahan Agustus 2019 mendatang, lho.


Memacu adrenalin dengan bermain salju di Mt Buller pada hari ketiga.

wisata Melbourne musim dingin berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Habiskan hari ketigamu dengan bermain salju di Mt Buller. Daerah pegunungan bersalju paling mudah diakses di Australia ini jaraknya sekitar 3 jam kendaraan mobil dari Melbourne.

Spot wisata salju terkenal ini menyediakan pilihan kegiatan yang bisa dilakukan bareng keluarga dan teman. Seperti bermain ski dan bermain snow boarding dengan fasilitas andalan Mt Buller, T-Bar yang jadi favorit pengunjung sejak tahun 1972.

Selain itu, uji adrenalinmu dengan berseluncur di salju sambil duduk di atas papan atau yang disebut snow tobogganing. Selanjutnya siapkan diri mencoba kursi gantung (chairlift) yang memungkinkan kamu menikmati pemandangan hamparan salju Mt Buller.

wisata Melbourne musim dingin berbagai sumber

Tobogganing/foto: mtbuller.com.au

Jangan lupa mengabadikan setiap momen bareng keluarga menggunakan jasa Haroo's photo shop and gallery (meliputi foto aksi saat ski, foto keluarga, maupun saat bermain dengan salju).

wisata Melbourne musim dingin berbagai sumber

Kursi gantung/ foto: Instagram/@mt_buller

Oh ya, Mt Buller juga menawarkan akomodasi bermain ski. Jadi, kamu nggak perlu repot-repot cari tempat rental atau membeli peralatan sendiri. Kamu bisa mencoba aktivitas menarik lainnya seperti snoeshoeing dan dog sled tours. Ada juga ski weekend senja di bulan Juli dan Agustus. Semuanya ada, kamu bisa menikmatinya walaupun matahari sudah terbenam.

Menariknya lagi, Mt Buller bukan hanya spot wisata yang tepat bermain salju saja. Mt Buller juga menawarkan tempat menginap menyenangkan dengan nuansa magical selama liburan musim salju.

Menikmati keindahan alam asri Melbourne pada hari keempat.

wisata Melbourne musim dingin berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Nah, pada hari keempat, giliran kamu menyusuri indahnya alam Melbourne dengan berkunjung ke Royal Botanic Gardens. Taman yang berada di jantung kota Melbourne ini merupakan tempat berinteraksi dengan kehidupan lokal.

Dibangun sejak 1857, taman seluas 38 hektare ini terbagi ke dalam beberapa tema dengan sebuah danau di bagian tengahnya. Nikmati keasrian Royal Botanic Gardens sambil piknik dengan keluarga.

wisata Melbourne musim dingin berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Dari taman hijau di tengah kota, kamu bisa meneruskan perjalanan ke tepi pantai St Kilda. Di salah satu ikon kota Melbourne ini kamu bisa makan fish and chips di pantai atau sekadar berjalan santai menikmati embusan angin pantai saat matahari terbenam.

Adanya jalur sepeda dan pejalan kaki di pantai St Kilda akan membuatmu nyaman dan aman saat jalan-jalan di sini.

Di pantai termasyhur di Negara Bagian Victoria ini kamu juga bisa mencoba berbagai macam olahraga air seperti selancar angin, selancar layang, voli pantai, jetski, dan ski air.

Berbelanja dan berburu seafood segar pada hari kelima.

wisata Melbourne musim dingin berbagai sumber

foto: Facebook/ DFO South Wharf

Tutup perjalananmu di Melbourne dengan berbelanja di Direct Factory Outlets (DFO) South Wharf. Pusat perbelanjaan di wilayah CBD Melbourne ini mempunyai lebih dari 180 toko yang menjual berbagai barang brand ternama.

Serunya, di sini kamu bisa tawar-menawar untuk beberapa barang branded off season. Biasanya, membeli barang branded saat off season atau tidak saat musimnya berlangsung, akan lebih terjangkau. Trik ini juga kerap dilakukan beberapa orang untuk memiliki barang branded dengan harga miring.

Setelah puas berbelanja, isi kembali tenagamu dengan mencicipi hidangan laut segar di South Melbourne Market. Pasar tertua di Melbourne ini terkenal dengan aneka seafood segar. Salah satunya adalah tiram.

wisata Melbourne musim dingin berbagai sumber

foto: southmelbournemarket.com.au

Ya, tempat ini merupakan salah satu surga mendapatkan tiram segar berharga murah. Selain memiliki banyak jenis tiram, di sini juga diperbolehkan beli tiram secara satuan, lho.

Selanjutnya, kamu bisa berburu barang handmade untuk oleh-oleh keluarga atau koleksi pribadi di rumah. Nah, kamu bisa ke The Rose Street Market yang buka setiap Sabtu. Pasar yang berada di jantung kota Fitzroy, Melbourne ini menawarkan jejeran outlet unik milik desainernya langsung.

wisata Melbourne musim dingin berbagai sumber

foto: Instagram/@therosestmarket

Di tempat ini kamu bakal menemukan pakaian, perhiasan, bahkan lukisan. Pasar tradisional yang buka setiap pekan ini memberi kesempatan wisatawan berdiskusi langsung urusan fashion dengan ahlinya. Wah, surga bagi pencinta fashion, nih!

Gimana nih, Sobat Brilio? Jadi semakin nggak sabar segera menjelajahi Melbourne saat musim dingin, kan? Perjalanan selama lima hari bakal terasa singkat saat menikmati indahnya kota Melbourne.

Nah, untuk menuju Melbourne sangat mudah dengan adanya 4 kali penerbangan Singapura-Melbourne setiap hari. Rute ini menggunakan pesawat B773ER Singapore Airlines yang dilengkapi produk kabin generasi baru di semua kabin dan sistem in flight entertainment canggih dalam penerbangan.

wisata Melbourne musim dingin berbagai sumber

foto: Singapore Airlines

Kabin First class yang baru disebut sebagai salah satu produk yang paling luas yang memiliki penambahan panjang tempat tidur sebanyak 82 inci serta lebar kursi sebanyak 35 inci. Kabin suites juga di lengkapi sandaran kepala yang dapat disesuaikan dan kursi yang rancang secara ergonomis dengan tampilan design melengkung untuk menjamin privasi tambahan bagi penumpangnya.

Kursi Business class yang baru menawarkan sandaran lebih besar hingga 132 derajat, dengan bantalan kursi ergonomis yang ditingkatkan. Dua posisi tempat duduk baru telah diperkenalkan - 'Lazy Z' dan 'Sundeck' - memberikan fleksibilitas yang lebih besar bagi pelanggan untuk memilih cara yang mereka sukai untuk bekerja atau bersantai. Saat dikonversi, tempat tidur ini menjadi tempat tidur datar penuh terluas di industri, dengan panjang 78 inci, dengan bantal kepala ranjang empuk untuk meningkatkan kenyamanan. Ruang penyimpanan lebih banyak juga telah ditambahkan, dengan area penyimpanan fasilitas di konsol samping dan area penyimpanan laptop.

wisata Melbourne musim dingin berbagai sumber

foto: Singapore Airlines

Sedangkan Economy class yang baru juga memberikan kenyamanan tambahan, dengan peningkatan ruang pribadi dan ruang kaki. Kursi dilengkapi bantal sandaran baru dengan bantalan samping untuk dukungan yang lebih baik. Bantal sandaran kepala yang di rancang secara ergonomis memberikan peningkatan penyesuaian ketinggian dan penyangga leher yang lebih baik.

Selama penerbangan dengan Singapore Airlines, kamu bisa menikmati inflight meal yang disesuaikan dengan tekanan kabin sehingga rasanya tetap nikmat disajikan dalam tekanan 30.000 kaki di atas udara. Tak hanya makanan yang sudah disesuaikan, kamu juga bisa memesan makanan sesuai kebutuhan selama penerbangan dengan Singapore Airlines. Kamu yang punya pantangan makan tertentu bisa memesan makanan secara khusus dari daftar pilihan ini. Singapore Airlines menyajikan makanan khusus bayi dan anak-anak dari usia kurang satu tahun hingga 7 tahun. Mulai dari Baby Meal, Post-Weaning Meal, Child Meal for Infant, dan Child Meal.

Tunggu apa lagi, Sobat Brilio? Cek promonya di sini dan siapkan waktu cuti dan budgetmu biar bisa bermain salju sampai menikmati hangatnya secangkir cokelat panas di Melbourne.

 

Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

MORE
Wave more