Brilio.net - Liburan merupakan hal yang sangat menyenangkan. Apalagi bagi kita yang tinggal di kota besar dengan segala kesibukan dan polusi udara yang bikin pusing, pasti kita membutuhkan suasana baru menikmati keindahan alam dengan udara yang sejuk.

Tak heran bila saat ini liburan sudah seperti tren tersendiri bagi sebagian orang. Bahkan mereka rela menabung jauh-jauh hari untuk bisa menikmati liburan ketempat impian mereka.

Namun biasanya, untuk bisa menikmati liburan seru tentu harus mengeluarkan biaya yang sangat besar. Jangan salah, menikmati liburan seru juga bisa dinikmati dengan budget minim loh.

Dilansir brilio.net dari CheapAir.com, Jumat (13/4) berikut cara menikmati liburan seru dengan biaya minim.

1. Pilih penginapan di pusat kota.
Seorang ahli perjalanan yakni Anthony Bourdain mengatakan bahwa banyak wisatawan yang dirugikan karena membayar makanan yang cukup mahal ketika bepergian. Bourdain menyarankan bahwa pilihlah penginapan yang berada di pusat kota sehingga dapat menjelajahi sekelilingnya.

Untuk menambah kesan tak biasa, kamu bisa memilih hotel yang unik dan berkarakter. Seperti hotel berdesain kuno yang menjadi favorit Bourdain setiap dia berwisata. "Saya ingin mencari hotel di lingkungan yang memiliki pesona dan karakter, semacam tempat di mana saya bisa berjalan ke kafe, duduk dan merasakan tempat itu. Saya juga memilih satu dengan tampilan yang unik seperti hotel kolonial tua yang menjadi favorit," ucap Anthony Bourdain.

2. Tidak perlu membuat planning destinasi wisata yang dikunjungi.
Kalau biasanya kita liburan harus membuat list tempat kita yang kunjungi, menurut Anthony tak perlu karena hal itu hanya mempersulit sehingga kamu tidak menikmati liburan dengan baik.

3. Cari tiket jauh-jauh hari.
Carilah tiket pesawat domestik 70 hari sebelum keberangkatan. Study Airfare 2018 menemukan bahwa untuk mendapatkan penerbangan termurah adalah 21 hingga 121 hari sebelum perjalanan. Kendati harga tiket penerbangan bervariasi berdasarkan musim, namun ini sangat efektif menekan biaya.

4. Booking penginapan secara online.
Cari penginapan dengan penawaran harga yang terjangkau. Bisa melalui situs Airbnb atau VRBO, tetapi ada baiknya memilih penginapan di pusat kota. Bersikaplah fleksibel dengan rencana yang telah dipersiapkan.

5. Usahakan bepergian di luar musim liburan.
Melakukan perjalanan di luar musim liburan kamu akan mendapatkan biaya yang lebih murah. Dan tentu saja tujuan wisata tidak akan ramai.

Kamu juga bisa merencanakan berwisata di tempat yang jarang disambangi wisatawan. Biasanya ini jauh lebih murah dan juga bisa jauh mengeksplorasi lebih nyaman. "Ada tempat di seluruh dunia yang masih relatif kurang dikunjungi, di mana kamu dapat memiliki pengalaman yang luar biasa dengan uang yang relatif sedikit," pungkasnya.