1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Jalan-Jalan
Andry Trysandy Mahany 30 November 2017 15:57

4 Tempat wisata ini rawan terkena dampak bencana erupsi Gunung Agung

PVMBG pun telah memperluas zona bahaya dari semula radius 6 kilometer, kini menjadi 8 kilometer.

Brilio.net - Sejak Senin (27/11), Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah menaikkan status Gunung Agung menjadi level IV alias awas. PVMBG pun telah memperluas zona bahaya dari semula radius 6 kilometer, kini menjadi 8 kilometer.

Keputusan PVMB ini berdampak terhadap beberapa tempat wisata yang terletak dekat dari puncak Gunung Agung. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut destinasi wisata yang memiliki jarak tak jauh dari Gunung Agung.

1. Pura Besakih

foto: trivaline.com

Selain menjadi tempat ibadah umat Hindu di Bali, Pura Besakih juga kerap menjadi objek wisata yang ramai dikunjungi para turis. Namun sayangnya, pura yang terletak di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali ini ditutup sejak 23 September 2017.

Penutupan ini menyusul instruksi dari Wakil Bupati Karangasem, I Wayan Arta Dipa, yang memerintahkan tidak ada kegiatan apapun di radius 9 kilometer. Pura Besakih sendiri masuk zona merah, letaknya hanya sekitar 7 kilometer dari Gunung Agung.

2. Taman Tirta Gangga

foto: kintamani.id

Taman Tirta Gangga merupakan taman air peninggalan Kerajaan Karangsem, Bali. Lokasinya terletak di Desa Ababi, Kecamatan Abang, Di tempat ini para wisatawan dapat menikmati patung-patung, kebun, dan kolam yang sangat indah.

Sayangnya, destinasi ini juga masuk dalam Kawasan Rawan Bencana (KRB) letusan Gunung Agung. Taman Tirta Gangga kabarnya juga sudah ditutup sementara waktu sampai Gunung Agung kembali normal.

BRILIO VIDEO

3 Pertimbangan Sebelum Putus Dengan Pasangan
Dilema karena pasangan kamu mulai bikin nggak nyaman? Simak selengkapnya di video Brilio.net berikut.

3. Bukit Nampo

foto: bali-travelnews.com

Tempat wisata Bukit Nampo juga dikenal sebagai Bukit Surga. Letaknya berada di Tanahampo, Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem. Di tempat ini para wisatawan dapat menikmati pemandangan alam Karangasem yang sangat indah karena lokasinya berada di ketinggian 795 meter dari permukaan laut.

Namun lokasi ini diimbau agar tidak dikunjungi sementara waktu. Pasalnya Bukit Nampo hanya berjarak sekitar kilometer dari Gunung Agung. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali bahkan telah memasukkan Desa Jungutan ke dalam Kawasan Rawan Bencana (KRB) letusan Gunung Agung.

4. Pantai Tulamben

foto: kesiniaja.com

Pantai Tulamben merupakan salah satu wisata yang cukup terkenal di kalangan para wisatawan. Di kawasan ini, para wisatawan dapat melakukan penyelaman mengunjungi bangkai kapal karam bernama USAT Liberty Ship Wreck, kapal perang Amerika Serikat.

Namun sayangnya, pantai yang terletak di Desa Tulamben, Kecamatan Kubu ini mengalami penurunan yang sangat drastis karena letusan Gunung Agung. BPBD Bali menetapkan Desa Tulamben sebagai Kawasan Rawan Bencana terdampak letusan Gunung Agung. Sebagian warganya pun sudah mulai mengungsi meninggalkan desa.

(brl/ton)

YOU MAY ALSO LIKE

Fb-Menikmati Indahnya Sunrise Dari Puncak Sikunir
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    100%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

4 Tempat wisata ini rawan terkena dampak bencana erupsi Gunung Agung.
PVMBG pun telah memperluas zona bahaya dari semula radius 6 kilometer, kini menjadi 8 kilometer.
https://www.brilio.net/jalan-jalan/4-tempat-wisata-ini-rawan-terkena-dampak-bencana-erupsi-gunung-agung-171130x.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories


AYO MENANGIN TOTAL 10 JUTA RUPIAH
UNTUK 10 CREATOR PALING KREATIF!

Ikutan SEKARANG!
TOP

Would you like to switch to the English Version?